x

Iklan

Morgoth

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Legenda 10 Pemuda yang Mengguncang Dunia

lalu siapakah 10 orang pemuda yang dimaksudkan oleh Soekarno ? mungkin saja kita adalah salah satu dari kesepuluh orang pemuda yang Soekarno maksud.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemuda apabila diartikan mereka adalah orang-orang yang berada pada rentan usia produktif yaitu antara 15-64 tahun, mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh besar terhadap lingkungannya skala kecilnya terjadi di lingkungan RT dan skala besarnya adalah suatu bangsa. Oleh karena itu majunya suatu bangsa ditentukan oleh para pemudanya.

Berbicara tentang pemuda mengingatkan kita pada kata mutiara dari salah satu pahlawan nasional sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno yaitu "Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh orang pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". tentunya mayoritas dari pembaca sudah pernah mendengar kata-kata tersebut. namun pada faktanya apakah dunia berguncang pada saat itu ? apakah terjadi perubahan yang besar terhadap dunia oleh pemuda Indonesia pada saat itu ? ya memang banyak perubahan yang terjadi dikarenakan pemuda saat itu namun, untuk skala mengguncangkan dunia sepertinya belum. lalu siapakah 10 orang pemuda yang dimaksudkan oleh Soekarno ?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 - 2030 Indonesia akan mengalami sebuah masa yang dinamaka bonus demografi. Bonus demografi merupakan suatu fenomena dimana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dari penduduk usia tua. oleh karena itu bonus demografi merupakan peluang bagi Indonesia untuk menjadi negara maju dengan syarat pemuda atau penduduk usia produktifnya harus benar-benar berkualitas, karena apabila tidak bonus demografi akan menjadi boomerang bagi bangsanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fenomena tersebut menyadarkan saya bahwa mungkin saja alasan kenapa dunia tidak berguncang saat pemerintahan Soekarno adalah karena sepuluh pemuda yang ia maksud tidak lahir pada zamannya, namun mereka lahir pada zaman ini, disaat Indonesia mengalami tahun bonus demografi, mungkin saja kesepuluh pemuda tersebut nantinya akan membantu, mengajak, dan mendorong para pemuda lainnya untuk membangun bangsa ini, dan mungkin saja kita adalah salah satu dari kesepuluh orang pemuda yang Soekarno maksud. 

Hal yang perlu diketahui adalah bonus demografi hanya terjadi satu kali terhadap suatu bangsa, maju tidaknya bangsa ini bergantung pada para pemudanya, maka jadilah sepuluh pemuda yang Soekarno maksud, berlombalah untuk menjadi salah satu dari kesepuluh pemuda tersebut. Jadilah pemuda yang dapat membuat perubahan positif yang dapat membawa bangsa ini kearah yang positif, dan yang terakhir jadilah pemuda yang dapat mengguncangkan dunia dengan segala bentuk prestasi. SEMANGAT PEMUDA INDONESIA, KITA BISA!

Ikuti tulisan menarik Morgoth lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

6 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB