x

Iklan

Imam Pamuji

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Aplikasi Transfer Uang Beda Bank yang Terbaik

Dalam catat penulis ada 5 aplikasi yang menawarkan layanan transfer uang gratis yaitu Payfazz, ShivApp, Bebasbayar, Flip dan IPOTPAY.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di Indonesia kini muncul bermacam-macam aplikasi yang memudahkan masyarakat melakukan transfer uang gratis ke semua bank. Dalam catatan penulis ada 5 aplikasi yang menawarkan layanan transfer uang gratis yaitu Payfazz, ShivApp, Bebasbayar, Flip dan IPOTPAY.

Aplikasi-aplikasi ini memang menarik karena hingga kini transfer uang antar bank baik itu Bank Persero (BUMN) atau Bank Swasta masih berbayar. Besaran biaya transfer antar bank bervariasi mulai dari Rp 6.500 per transaksi. Bisa dikalkulasi sendiri, berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila kita dalam sehari atau seminggu melakukan banyak transaksi transfer.

Pernahkah Anda menghitung jumlah biaya transfer yang selama ini Anda tanggung untuk semua transaksi dalam sebulan? Dalam sebulan banyak sekali transaksi transfer yang kita lakukan mulai belanja online yang tak terhitung jumlahnya, transfer biaya pendidikan ke anak, transfer iuran kompleks, transfer uang arisan dan lain sebagainya. Minimal Rp. 6.500 per transaksi dikalikan banyaknya transaksi bulanan, tentu itu bukan jumlah yang kecil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kehadiran aplikasi modern seperti Payfazz, ShivApp, Bebasbayar, Flip dan IPOTPAY menjadi alternatif.  Namun, dari 5 aplikasi ini, layanan IPOTPAY lebih dari yang lainnya. Kita mulai dari Payfazz. Meski gratis transfer ke semua bank, ternyata fasilitas transfernya memiliki limit Rp 10.000-Rp 1.000.000 per transfer. Dengan kata lain, transaksi transfer uang dengan aplikasi ini sangat-sangat terbatas.

ShivApp sendiri limitnya lebih besar dari Payfazz, namun masih sangat terbatas, dimana limit transfer per harinya dibatasi sebesar Rp 2 juta. Sayangnya lagi, aplikasi ini sedang dalam proses maintenance entah untuk berapa lama.

Selanjutnya, aplikasi Bebasbayar. Fasilitas transfer uang ini mirip dengan yang ditawarkan Tokopedia. Bebasbayar memiliki banyak akun bank yang salah satunya sama dengan milik kita. Setelah mendeposit uang di akun Bebasbayar, uang itu bisa ditarik dengan memasukkan terlebih dahulu nomor tujuan transfer beda bank yang diinginkan. Sayangnya, transfer uang di aplikasi ini juga terbatas.

Aplikasi berikutnya yaitu Flip. Aplikasi ini sempat fenomenal di awal kehadirannya. Mengklaim diri gratis, ternyata transfer uang antar bank reguler yang tanpa biaya itu memiliki limit 5 juta per hari.  Lebih dari itu  dengan failitas FLIP+ dengan limit 20 juta per transaksi, ternyata dikenai biaya Rp2.500/transaksi. Dengan kata lain, ada biaya. Selain itu, proses transfer dengan Flip tidak real time. Waktu yang diperlukan untuk memproses transaksi saja 20 menit dan pada keadaan tertentu proses bisa menjadi lebih lama.

Berikutnya yaitu Aplikasi IPOTPAY yang memang memiliki fitur transfer. Dibanding dengan keempat aplikasi lainnya, penulis menemukan IPOTPAY memiliki sejumlah kelebihan yaitu bebas biaya transfer, tanpa limit transfet, transfer real time dan bisa transfer kapan saja melalui smartphonemu. Berapa pun uang yang akan ditransfer dan berapa kali pun kamu melakukan transfer gratis. Transfer uang pun real time di rekening penerima sehingga bisa langsung diambil.

Sudah gratis, real time dan tanpa limit, ternyata uang yang masih ada di IPOTPAY dan belum sempat ditransfer mendapatkan imbal hasil (return) yang tinggi di atas bunga tabungan dan deposito. Imbal hasil yang diterima sebesar 7-10% per tahun.

Ikuti tulisan menarik Imam Pamuji lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB