x

Iklan

Thania Amanda -

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ibu Kece untuk Generasi Millennial

Peran ibu untuk meningkatkan minat baca sejak usia dini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Your children will become who you are, so be who you want them to be.” Kutipan dari David Bly inilah yang harus dipahami oleh orang tua zaman now. Menjadi orang tua yang baik dan dekat dengan anak tanpa adanya communication gap diantara keluarga adalah idaman setiap rumah tangga. Menjalin komunikasi  dan menjadi partner diskusi adalah kemampuan yang harus dimiliki orang tua, terutama ibu. Ibu adalah orang terdekat pertama yang dapat menjadi role model bagi anaknya, akan mendampingi dan berinteraksi dalam perkembangan buah hati. Sadar akan perbedaan generasi membuat orang tua terutama ibu harus peka terhadap literasi dan teknologi yang berkembang saat ini.

Seorang ibu wajib menyadari pentingnya literasi yang baik akan memberikan dampak yang baik pula untuk buah hati. Seperti pengakuan dari Dr. Vivid F. Anggarini, “Orang tua harus memberikan contoh bagi anak-anaknya untuk gemar membaca. Ciptakan suasana perpustakaan di rumah agar anak nyaman membaca, selain itu biarkan mereka untuk menyadari manfaat dari kesenangannya membaca buku.” Dari bukulah sumber segala pembicaraan keluarga dimulai. Pengakuan Alma Dhiafira, Duta Literasi Rotary Indonesia yang kerap disapa Dhea ini mengaku “Ibu yang kece itu bisa mengajak berimajinasi dengan literasi yang baik seperti mamiku.” Enny Ambarsari, orang tua Dhea mengaku sebagai orang tua tidak hanya membelikan buku lalu melepasnya begitu saja, harus ada interaktif dalam buku tersebut. Menjadikan buku bukan hanya sekedar benda mati, tetapi benda hidup merupakan saran dari Maman Suherman, pegiat literasi Indonesia ini menyarankan dengan cara mendongeng dan musikalisasi dapat membuat anak-anak tertarik untuk membaca.

Pengakuan lain datang dari Retno Hening, ibu dari Kirana ini mengaku sudah mengenalkan buku sejak usia Kirana 6 bulan. Ia membelikan buku kain dan membacakannya, lalu mengajaknya Kirana bercerita tentang isi buku tersebut. Perlakuan seperti inilah yang dapat djadikan contoh ibu-ibu dan orang tua kekinian dalam menyikapi minimnya minat baca di Indonesia. Berdasarkan data hanya terdapat satu orang diantara seribu orang di Indonesia yang suka membaca. Padahal menurut Anies Baswedan saat ini Indonesia sudah memiliki perpustakaan yang cukup baik diantara negara-negara lain seperti Australia, Selandia Baru, Portugis dan Jerman. Maka dari itu pentingnya revitalisasi fungsi orang tua terutama ibu untuk dapat membiasakan diri rajin membaca agar dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya dalam kegiatan literasi. Menyadari bahwa “Reading is Fun” untuk diri sendiri dan anak-anak jaman sekarang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan di sekolah maupun di masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Reading makes a mother smart. A smart mother creates smart children. Smart children makes a great future leader.

Ikuti tulisan menarik Thania Amanda - lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB