Menyiapkan Libur Tahunan dengan Investasi Reksadana - Travel - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • Menyiapkan Libur Tahunan dengan Investasi Reksadana

    Dibaca : 837 kali

    Banyak dari kita butuh liburan untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dari rutinitas. Liburan diperlukan untuk mendatangkan pikiran yang lebih fresh sehingga otak akan lebih jernih ketika masuk kerja lagi. Liburan juga dapat mengembalikan gairah dan mood menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Usai liburan, kita dapat kembali bekerja dengan semangat yang baru.

    Dan secara khusus, liburan ternyata bisa mengurangi risiko beberapa penyakit. Liburan baik untuk kesehatan jantung karena dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh stres.

    Frammingham Heart Study menemukan seseorang yang rutin berlibur memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami penyakit jantung koroner dan mengalami kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan kondisi kardiovaskuler.

    Semua dari kita butuh liburan, minimal memiliki agenda libur tahunan. Jadi, kesimpulan awalnya, liburan itu sangat penting dan tidak salah. Menjadi salah kalau kita tidak menyiapkan dana liburan tahunan sejak dini. Menjadi salah kalau dana liburan itu didapat dengan cara utang atau mengorbankan uang yang sebenarnya dialokasi untuk keperluan lainnya. Kalau begitu adakah solusi yang bijak?

    Benar. Mempersiapkan dana liburan itu sangat penting. Langkal awal yang perlu kita lakukan yaitu menentukan tujuan liburan dan mendapatkan rincian biaya yang kira-kira dikeluarkan untuk liburan tahunan bersama keluarga tersebut. Untuk langkah awal ini, tak boleh dilupakan biaya transportasi, konsumsi, akomodasi, tiket atraksi hingga oleh-oleh. Detail informasi ini bisa kita dapatkan melalui website atau telepon travel agen.

    Setelah kita mendapatkan informasi dana yang diperlukan, langkah selanjutnya menemukan cara menyiapkan dana liburan yang paling menguntungkan supaya tidak menganggu cashflow sehari-hari.

    Menyiapkan dana untuk liburan tahunan idealnya memang dengan investasi reksadana pasar uang. Reksadana ini cocok bagi investor yang mempunyai jangka waktu investasi yang pendek yaitu kurang dari 1 tahun.

    Reksadana pasar uang ini juga cocok bagi siapa saja yang membutuhkan instrumen investasi pengganti tabungan dan deposito. Seperti kita tahu, bunga tabungan dan deposito itu sangat kecil, sementara return reksadana pasar uang saat ini 7-10% per tahun.

    Belum lagi, simpanan deposito itu memerlukan jangka waktu tertentu. Jadi, bila kita menyimpannya mulai Januari, dana yang sudah tersimpan tidak bisa ditambah atau ditarik sampai jatuh temponya. Kenyataan ini tentu berbeda dengan reksadana yang bisa ditambah (top up) atau dicairkan (redeem) kapan saja.

    Selain return yang lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito, reksadana memilki keunggulan dari sisi pajak. Reksadana pasar uang tidak dikenakan pajak sebesar 20 persen seperti bunga deposito sehingga hasil keuntungan bersifat neto (bersih). Selain itu, secara tahunan reksadana pasar uang berpotensi menghasilkan keuntungan lebih besar daripada tolak ukur suku bunga acuan dan deposito.

    Nah, untuk memulai investasi reksadana pasar uang ini untuk liburan tahunan kita, kita bisa memulainya melalui supermarket reksadana terlengkap di Indonesia bernama IPOTFUND dari IndoPremier yang memberikan banyak keuntungan.

    Berapa pun transaksi pembelian atau penjualan reksadana, IPOTFUND tak membebani investor dengan biaya transaksi. Transaksi pembelian atau penjulan reksadana di IPOTFUND benar-benar gratis. IPOTFUND juga menawarkan dashboard online yang memberikan investor akses total dalam memantau perkembangan investasi reksadana.

    Platform ini juga dilengkapi dengan banyak fitur yang akan memanjakan investor mulai dari multiguna chart, IPOTFUND evaluator, market analysis, investasi berkala hingga order matrix.

    Dibandingkan dengan deposito, likuiditas yang dipegang teguh oleh IndoPremier di produk IPOTFUNDnya tak serumit di deposito. IndoPremier memberikan kemudahan dalam proses pencairan dana pada para investornya. So, Anda belum bisa nikmati libur tahunan bersama keluarga di 2017 ini? Tak ada salahnya memulai investasi reksadana dari sekarang untuk agenda libur tahunan 2018!


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.