Fungsi Nyata Website Dalam Bisnis Online Maupun Offline - Gaya Hidup - www.indonesiana.id

Danur Osda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 8 Februari 2018 11:51 WIB

Fungsi Nyata Website Dalam Bisnis Online Maupun Offline

Dibaca : 2.646 kali

Kehadiran internet mengubah pola aktivitas bisnis di era modern. Saat ini, hampir segala jenis bisnis, baik besar ataupun kecil, memiliki website. Terlepas, apakah mereka menjalankan aktivitas bisnisnya secara offline, online, ataupun keduanya. Hal ini karena kehadiran website berdampak positif pada bisnis yang mereka jalankan.

Terdapat 4 fungsi utama yang secara nyata dirasakan oleh para pebisnis ketika sudah memiliki website. Empat fungsi nyata tersebut adalah:

web untuk branding

1.      Pemasaran online

Fungsi yang pertama adalah sebagai sarana pemasaran online. Fungsi ini dimanfaatkan oleh pebisnis yang memang ingin menjual produknya lewat internet. Website seperti ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan konsumen melakukan transaksi secara langsung.

Hanya saja, ada hal yang harus diperhatikan ketika memfungsikan website sebagai ecommerce. Konsumen bisa melihat secara langsung harga yang dijual di website. Tak jarang, mereka pun membandingkan harganya dengan banderol di situs lain. Namun, hal ini bisa diatasi dengan pemberian pelayanan yang bagus serta desain web yang mendukung.

 

2.      Katalog produk

Fungsi kedua adalah sebagai katalog. Berbeda dengan fungsi sebagai pemasaran online, website seperti ini tidak dilengkapi dengan tombol untuk melakukan transaksi. Perusahaan pemilik website hanya menjadikannya sebagai tempat untuk memajang berbagai produk yang mereka tawarkan. Salah satu bisnis yang kerap menggunakan website dengan cara ini adalah produsen mobil atau sepeda motor.

Lewat website-nya, mereka memberikan informasi yang lengkap kepada konsumen terkait produk yang ditawarkan. Keberadaannya pun memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Tidak hanya meningkatkan brand awareness, tapi juga menjadi pusat informasi bagi konsumen tanpa harus terganggu dengan keberadaan seorang tenaga sales.

 

3.      Jembatan penghubung dengan calon konsumen

Fungsi ketiga adalah sebagai jembatan antara pebisnis dengan konsumen. Mereka menggunakan website untuk menampilkan produk, hampir mirip dengan katalog online. Hanya saja, jumlah produk yang mereka perlihatkan biasanya tidak terlalu banyak. Sebagai tambahan, terdapat detail kontak yang bisa dipergunakan untuk memperoleh informasi lengkap tentang produk yang mereka tawarkan.

Fungsi website seperti ini biasanya digunakan oleh seorang pebisnis lokal atau regional yang ingin menjangkau para konsumennya. Harapannya, keberadaan website tersebut mendorong para konsumen untuk menghubungi nomor telepon atau kontak lain yang telah mereka sediakan.

 

4.      Membangun brand

Fungsi nyata yang terakhir adalah sebagai kesempatan pemilik usaha untuk membangun brand. Fungsi utama website untuk meningkatkan brand biasanya digunakan oleh perusahaan yang menawarkan produk berupa jasa.

Lewat website tersebut, mereka menyediakan informasi produk jasa secara mendetail. Tidak lupa, mereka juga menambahkan testimonium para pelanggannya. Hal itu mereka lakukan untuk menampilkan kesan tepercaya di mata para calon pelanggan.

Dari 4 fungsi nyata tersebut, mana yang sesuai dengan bisnis yang tengah Anda jalankan saat ini? Apakah Anda memilih menggunakan website sebagai tempat untuk berjualan secara online? Apakah Anda cenderung memakai website sebagai sarana mendekatkan diri kepada pelanggan?

Semua fungsi tersebut harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan desain website agar fungsi yang diinginkan bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, jangan mudah terkesima oleh tampilan website yang cantik. Bisa jadi, karena tampilannya yang terlalu kompleks, membuat situs itu malah berjalan tidak sesuai fungsi.

So, bagi pemilik usaha, baik offline ataupun online, yang berencana membuat website, pastikan terlebih dulu fungsinya. Baru setelah itu mempertimbangkan tampilan serta konten yang ingin dipaparkan. Dengan begitu, keberadaan website bakal berdampak sangat nyata pada bisnis yang dijalankan. Selamat mencoba, ya.

 

Sumber: Indonesia Go Digital

  • website
  • digitalisasi
  • Indonesia

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.