x

Iklan

kodim 0716 Demak

PUBLIKASI
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Gerakan Menanam 5000 Pohon

Kodim 0716 Demak beserta jajarannya turut berpartisipasi melakukan penanaman 5000 pohon

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Demak - Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0716 Demak beserta jajarannya turut berpartisipasi melakukan penanaman 5000 pohon dan Pelestarian Biota,program penghijauan dan pelepasan ribuan ikan di wilayah Dukuh Kedung Dolog,Desa Banyumeneng,Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.Minggu (25/02/18) yang di selenggarakan oleh Relawan Penanggulangan bencana ( PB ) Angling kusumo dan BPBD Kabapaten Demak dan segenap komponen masyarakat dengan tema " Sayangi bumi bersihkan sampah " yang bertujuan untuk menanggulangi bencana alam.yang di hadiri tidak kurang dari1000 orang.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh Dandim 0716 Demak dalam hal ini di wakili oleh Pasi Intel Dim Kapten Inf Rahmad Sugiarto tersebut melibatkan ribuan orang diantaranya  Bupati Demak HM. Natsir S.Pd. MM,Wakil Bupati Drs. Joko Susanto,Kapolres Demak yang di wakili oleh Akp Budi Harsono,Anggota DPRD dari Partai PKB komisi C bp. Ulin Nuha S.Pdi,Muspika kec. Mranggen,Kades. Banyumeneng bp. Muntoha,Dinas LH,Dinas Perikanan dan Kelautan kab. Demak,Dinas Pertanian demak,Dinas Sosial demak,PDAM,BPBD Demak,Relawan,BKK Demak,BPR Restu Mranggen,PT.Djarum,Perhutani,PT. Rimbawana Agung Karangawen,FK. Prestalindo,Pegadaian Kanwil XI,Dewan adat Giri kusumo Ky. Musni,KKN UIN Walisongo Semarang,PKK desa. Banyumeneng,Toga,Tomas dan segenap warga desa. Banyumeneng.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dalam sambutanya Bupati Demak menyampaikan bahwa pelestarian alam dengan menanam pohon merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata,Saat menanam pohon kita sedang menanam doa dan harapan, untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. Ini semua sudah dapat kita rasakan akibatnya bila alam rusak. Pohon ditebang dengan sembarangan, yang akhirnya bencana seperti banjir dan tanah longsor akan terjadi sewaktu-waktu.

 

Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga agar lingkungan tetap asri, dengan banyak menanam pohon maka oksigen dan air tanah di Kabupaten Demak akan lebih terjaga.

 

Dalam sambutanya Bupati juga menghimbau supaya masyarakat dapat turut berperan aktif memanfaatkan lahan dan halaman rumah dengan penghijauan,tanaman produktif, serta tanaman obat keluarga.Untuk itu saya sangat apresiatif dengan kegiatan yang dilakukan para relawan  yaitu penanaman pohon di aren hutan barang dan penebaran benih ikan di hulu sungai Dolok. “Jenis pohon yang ditanam terdiri dari pohon Kosambi, pohon mahoni, Mangga dan Jambu masing-masing dengan jumlah 5000 pohon serta menabur 1300 ekor benih ikan Lele dan Nila,” demikian diungkapkan oleh Pasi Intel Kodim 0716/Demak,

 

Dijelaskan oleh Kapten Inf Rahmad Sugiarto, bahwa penghijauan tersebut sebagai momentum gerakan Indonesia menanam 5000 pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.“Untuk menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi menambah oksigen. Sehingga, akan mewujudkan lingkungan yang sehat. Diharapkan, untuk menjaga keberlangsungan tanaman ini agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat diperlukan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat fisik tanaman tersebut, agar tanaman tersebut bisa tumbuh kembang dengan baik, dan tidak ada yang merusak pohon yang sudah ditanam ini,” tandasnya.

 

Dari kegiatan tersebut banyak manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan menanam lima ribu pohon antara lain lingkungan menjadi bersih serta dapat terhindar dari bahaya tanah longsor udara menjadi segar dapat menghasilkan oksigen yang lebih bersih, paru-paru menjadi sehat karena selalu menghirup udara yang bersih dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.(Pendim 0716/Demak)

Ikuti tulisan menarik kodim 0716 Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler