x

Iklan

Syarif Yunus

Pemerhati pendidikan dan pekerja sosial yang apa adanya
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sehat Jiwa Sehat Kantong

Zaman now, banyak orang sehat jiwa dan raga. Tapi sayang bellum tentu sehat kantong. Gimana caranya bisa sehat jiwa sehat kantong ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa definisi sehat menurut Anda?

Di era milenial sekarang, sehat tidak cukup hanya “sehat raga sehat jiwa”. Karena menurut WHO, sehat adalah suatu kondisi sejahtera secara jasmani, rohani, dan sosial ekonomi. Itu berarti, sehat tidak cukup hanya sehat secara raga dan jiwa. Seseorang dapat dikatakan “belum sehat’ bila kondisi sosial dan ekonomi  masih bermasalah. Maka, secara sosial dan ekonomi pun harus sehat. Itulah sehat yang paripurna.

 

Kondisi sehat itu penting. Bahkan harus dinomorsatukan. Kenapa? Karena zaman now, banyak hal yang bisa membuat kita “tidak sehat”. Urusan politik, urusan gaya hidup, urusan media sosial, bahkan urusan pekerjaan kadang bisa bikin tidak sehat.  Wajar, bila banyak orang yang badannya sehat tapi jiwanya sakit. Ada juga orang yang jiwanya sehat tapi badannya sakit. Ada pula orang yang badannya sehat jiwanya sehat tapi kantongnya sakit alias kosong. Bahkan bisa jadi, ada orang yang badan sehat, jiwa sehat, kantong sehat tapi tapi tidak punya waktu untuk keluarga, untuk urusan sosial. Jika itu terjadi, berarti kita belum sehat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Maka penting, zaman now mewujudkan “sehat jiwa sehat kantong”.

Sehat yang tidak hanya dilihat dari segi kejiwaan. Tapi juga sehat secara finansial, secara keuangan. Patut diingat, seseorang tidak bisa dibilang sehat seratus persen bila mengalami masalah dalam keuangan. Rumah punya, kendaraan ada, tapi uang yang dimiliki hanya untuk hari ini, mengapa bisa? Apalagi yang terlibat hutang, bisa jadi “lebih besar pasak daripada tiang”. Karena pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Kondisi yang tidak sehat.

 

Inilah saatnya, kita mewujudkan “sehat jiwa sehat kantong”.

Keadaan jiwa yang nyaman dan tenang. Karena badan terjaga kesehatannya. Namun, kondisi “kantong” pun terjamin di masa depan. Sehat jiwa sehat kantong, untuk dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya dengan mengubah gaya hidup, dari yang konsumeris menjadi lebih hemat. Bahkan lebih hebat lagi, bila mampu dan mulai berani memilih alternative investasi yang menguntungkan. Investasi yang “menjanjikan” kenyamanan finansial di masa depan. Sehat jiwa sehat kantong yang paripurna.

 

Gimana caranya agar sehat jiwa sehat kantong?

Tentu, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan menunda menunda sedikit kenikmatan hari ini untuk kenyamanan di masa depan. Misalnya dengan mulai menyetor uang secara rutin untuk dibelikan saham, obligasi, atau lainnya yang dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Jika demikian, maka alternative investasi yang paling pas adalah reksadana. Sehat jiwa sehat kantong bisa dimulai dengan investasi di reksadana.

Sehat jiwa sehat kantong, reksadana pilihannya. Kalo bisa sekarang, kenapa harus nanti? Saat berani membuat keputusan investasi yang tepat, CAM selalu siap mendampingi Anda. #CIPTAinvestasi #ReksadanaCAM

Ikuti tulisan menarik Syarif Yunus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler