x

Iklan

Tiur Melanda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Hal Perlu Kamu Siapkan Sebelum Masuk Kuliah

Apa saja sih yang perlu kamu siapkan sebelum memasuki masa kuliah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hari pertama memasuki dunia kampus tentu menjadi sesuatu yang seru dan ditunggu-tunggu. Mental sudah siap dengan sesuatu yang sering dibayangkan sejak masih sekolah. Seperti apa ya kehidupan kampusku nantinya? Ada kalanya para calon pejuang tidak tahu hal-hal simple apa yang harus dipersiapkan, dan tidak jarang rasa ter-intimidasi dan tekanan datang menghampiri. Tidak perlu khawatir, yuk baca beberapa tips persiapan sebelum memasuki dunia kuliah: 

Lakukan Riset Kecil-kecilan

Para calon mahasiswa dapat melakukan riset dan pengamatan melalui info-info penting seputar kampus dan daerah di sekitarnya baik melalui internet atau langsung bertanya di pusat kemahasiswaan. Contohnya yakni Universitas Pelita Harapan; merupakan salah satu kampus yang sangat peduli dengan kehidupan mahasiswanya baik di dalam maupun di luar kampus. Di universitas ini disediakan Student Life yakni sebuah wadah yang memiliki departemen Student Services dan Student Stewardship. Disini para calon mahasiswa dan orangtua dapat bertanya info apa saja berkaitan dengan kampus dan perkuliahan, baik itu informasi tempat tinggal, aktivitas dan organisasi kemahasiswaan sampai konsultasi mengenai perkuliahan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Stay organized

Persiapkan segala sesuatu dengan matang untuk hari pertama di kampus. Baik itu seragam wajib, student ID, dompet untuk membeli keperluan mendadak, sampai buku notes dimana semua to-do lists dan catatan-catatan penting yang perlu untuk diingat. Tentunya tidak mau kan, hari pertama berjalan berantakan cuma gara-gara hal sepele yang bisa dipersiapkan sehari atau malam sebelumnya. Untuk buku notes bisa membuat sendiri lo, dari link ini https://www.youtube.com/watch?v=NgVj6hOLOZ8

Ingat Selalu Goal dan Komitmen

Tentukan dan keep in mind dari awal kuliah sampai selesai tujuan yang perlu dicapai. Para orangtua tentu tidak membayar uang kuliah untuk sesuatu hal yang sia-sia. Selain itu jika tidak memiliki komitmen dan goal yang positif, kuliah selama bertahun-tahun akan membuang waktu secara percuma. Pasti tidak mau kan kalau setiap mau berangkat kuliah tidak termotivasi dan tidak ada tujuan pasti yang ingin dicapai. Perasaan akan berbeda jika memiliki sebuah tantangan yang akan ditaklukkan setiap hari. Jika perlu, tulis besar-besar di papan board samping tempat tidur, sehingga setiap bangun akan selalu ter-remind.

Ramah dan Stay Positive

Tidak ada salahnya bersikap ramah dan mempunyai semangat dan sikap yang positif. Namun untuk berteman, harus memilih secara hati-hati. Pertemanan juga akan sangat menentukan gaya kehidupan kita di kampus. Bijak dalam berteman sangat disarankan, karena kehidupan perkuliahan merupakan fase dimana seseorang dituntut untuk lebih bertanggungjawab. Kegagalan maupun keberhasilan merupakan tanggung jawab seorang mahasiswa itu sendiri. It’s your own life!

Bergabung dengan Kegiatan di Luar Perkuliahan

Kegiatan di luar perkuliahan baik itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi sangat bermanfaat untuk para mahasiswa. Disini para mahasiswa akan dapat dilatih untuk mengatur waktu, bertemu, menghadapi, bahkan me-manage orang lain dalam wadah organisasi. Selain itu, melalui organisasi kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di luar jurusan semakin terekspos. Pastinya dari sini, jaringan pertemanan dan koneksi semakin meluas loh. UPH sangat mendukung untuk kegiatan-kegiatan ini, contohnya saja disini, terdapat UKM sebanyak 31 cabang yang bisa mahasiswa eksplorasi sesuai dengan minat bakat. Beberapa di antaranya yakni; Lighthouse Singers, UPH Choir, Mandarin Study, Movie Production Club, Spirit Dance Company, Pelita Harapan English Debater sampai berbagai macam klub olahraga, di antaranya Aikido, Flag Football sampai dengan Boardgames.

 

Selamat menikmati kehidupan kampus ya!

Ikuti tulisan menarik Tiur Melanda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu