x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Danramil Kutorejo Ajak Masyarakat Uri Uri Budaya Leluhur

MOJOKERTO,- Tradisi Ruwah Dusun yang merupakan warisan leluhur hingga kini masih dipertahankan sebagian masyarakat Mojokerto khususnya di pedesaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

MOJOKERTO,-  Tradisi Ruwah Dusun yang merupakan warisan leluhur hingga kini masih dipertahankan sebagian masyarakat Mojokerto khususnya di pedesaan. Seperti Masyarakat Dusun Kepuh Pandak, Desa Kepuh Pandak Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto,  Jawa Timur.  

Acara ruwah dusun yang dikemas dalam tasyakuran dan pagelaran seni wayang kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Purnomo dari Pekuwon Bangsal, berlangsung di Balai Dusun Kepuh Pandak Desa Kepuh Pandak, Kamis (03/05/2018) malam, yang dihadiri Danramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Desto Jumeno.

Tampak pula Kapolsek Kutorejo AKP Putu Sadia, Babinsa Kepuh Pandak Sertu Abdul Kholik, Danton Linmas Desa Kepuh Pandak, Alkodim, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Kepuh Pandak yang secara keseluruhan berjumlah 500 orang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pengantarnya, Kades Kepuh Pandak Ana Yuliana, SE, mengatakan tradisi ruwah dusun yang merupakan peninggalan nenek moyang merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua nikmat dan anugrah yang diterima sekaligus memohon keselamatan dan kemakmuran warga masyarakat.  “Semoga ke depan warga Kepuh Pandak, semakin makmur, sukses dan sejahtera”, harapnya.  

Sementara Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno yang berada di lokasi mengatakan, kegiatan ruwah dusun ini patut dilestarikan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa dan perjuangan para leluhur. “Menjaga, memelihara dan melestarikan tradisi warisan leluhur yang sifatnya positif merupakan wujud dari Cinta Tanah Air”, ungkapnya.  

Kepada seluruh warga masyarakat Kepuh Pandak, untuk selalu kompak, mempererat persaudaraan dan memperkokoh semangat persatuan demi mewujudkan situasi yang aman dan kondusif menjelang Pemilukada Jatim, pinta Danramil.

 

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

2 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB