6 Tips Berhemat ala Anak Kos di Bulan Ramadan - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 6 Tips Berhemat ala Anak Kos di Bulan Ramadan

    Dibaca : 818 kali

    Anak kos saat ini tentu tak semiris anak-anak kos di masa lalu seperti tergambarkan dalam lagu "Nasib Anak Kos" yang dipopulerkan Padhyangan Project pada 1993 silam. Kendati tak semiris dengan model anak kos di masa lalu, toh kerap ditemui anak-anak kos hidup dana pas-pasan. Nah, di bulan puasa saat ini, seharusnya ini bisa menjadi momen untuk berhemat dengan ketiadaan budget untuk makan siang. Kalau masih bingung mau hemat yang seperti apa, mengingat harga-harga menu makanan yang naik, tak ada salahnya melakukan tips berikut ini:

     

    1. Makan malam (buka puasa) dengan menu biasa

    Setelah kurang lebih 14 jam perut dan kerongkongan kosong tanpa makanan, memang wajar kalau kita ingin melegakannya. Akan tetapi, makan malam seperti biasanya dan tak berlebihan adalah kunci penghematan itu. Pilih lah menu makanan dengan rentang harga yang tidak terlalu berbeda dengan jatah makan malam di hari biasa.

     

    2. Masak bareng sesama anak kos

    Memasak sendiri bisa menghemat pengeluaran hingga tiga kali lipat dibanding harus beli di warung. Sebagai sesama anak kos, mengajak sesama anak kos untuk masak bersama memang tidak ada salahnya, asalkan benar-benar kenal baik.

     

    3. Giat mencari takjil gratis

    Sambil menunggu saat berbuka, manfaatkanlah waktu luang untuk keliling mencari takjil gratis. Di pertigaan lampu merah hingga lorong-lorong kampus biasanya banyak dermawan yang membagi-bagikan takjil gratis.

     

    4. Manfaatkan ngabeburit gratis

    Bulan Ramadan adalah bulan untuk berbagi, tak jarang mereka yang punya duit lebih dan para pejabat menjadikan momen Ramadan untuk berbagi dengan mengadakan ngabeburit gratis tanpa undangan dan terbuka untuk umum. Memanfaatkan momen ini memang tidak ada salahnya. Apalagi, uang lagi mepet.

     

    5. Rajin ke masjid

    Sambil menunggu saat berbuka puasa, tak ada salahnya beritikaf atau membantu takmir masjid membersihkan karpet salat. Selain mengantongi pundi-pundi pahala, toh tidak sedikit dermawan yang mencari keberkahan dengan berbagi makanan dan takjil untuk para muadzin, takmir, termasuk para jemaah.

     

    6. Kembangbiakaan uang dari penghematan

    Dari banyak penghematan selama Ramadan di atas, tentu sebagai anak kos ada uang yang tersisa. Nah, biar uang yang tersisa itu bermanfaat dan tidak hilang begitu saja untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, ada baiknya mengembangkannya dengan keuntungan yang lebih dari sekedar bunga tabungan dan deposito yaitu melalui aplikasi IPOTPAY. Aplikasi ini memberikan imbal hasil hingga 10% per tahun. Tak hanya imbal hasil tinggi, aplikasi keuangan ini juga fleksibel untuk pembayaran, pembelian, top-up e-wallet, gratis transfer ke semua bank dan penarikan uang tunai via ATM.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.