x

Iklan

sarpin apin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Vitamin

Jadi apa saja yang sebenarnya perlu diketahi masyarakat mengenai vitamin?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengikuti semua berita terbaru tentang vitamin bisa jadi akan menyita waktu. Sebenarnya, apa yang orang awam seperti saya perlu tahu tentang vitamin sangatlah sederhana.

Penelitian baru dan klaim tentang vitamin diterbitkan setiap harinya dan banyak (yang tampaknya) saling bertentangan.

Jadi apa yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat untuk mengetahui segala sesuatu tentang vitamin?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Jawaban yang cukup sederhana adalah: tidak banyak," kata Paul Thomas, EdD, RD, konsultan ilmiah National Institutes of Health Office of Dietary Supplements.

Hampir semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari mengkonsumsi suplemen dengan kalsium, karena kebanyakan orang tidak mendapatkan sebanyak yang mereka butuhkan melalui makanan mereka. (1.000 mg sehari untuk orang dewasa, lalu meningkat menjadi 1.200 mg setelah usia 50 tahun.)

Thomas mencatat bahwa beberapa vitamin menjadi sangat penting pada saat-saat tertentu dalam kehidupan seseorang. Wanita hamil atau yang merencanakan kehamilan harus dipastikan mendapatkan folat yang cukup atau asam folat, vitamin B kompleks 600 perhari, bukan 400.

Thomas menyarankan, seiring bertambahnya usia, kamu harus mengkonsumsi suplemen harian untuk mendapatkan tambahan B12.

"Kamu tidak perlu menjadi ahli atau mempelajari semua seluk-beluk vitamin, karena itu tidak mungkin," tambah Dr. Thomas. Ada terlalu banyak informasi yang perlu diingat tentang vitamin.

Yang perlu kamu lakukan adalah makan makanan yang sehat, memilih makanan yang direkomendasikan berdasarkan pedoman kesehatan.

Seperti inspirasi kebahagiaan dalam kehidupan yang harus dibangun dengan tulus dan penuh kebaikan, demikian juga dengan kesehatan perlu konsumsi vitamin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Karena hanya sebagian dari kita secara konsisten mengkonsumsi makanan yang seimbang, Thomas mengatakan bahwa mengkonsumsi multivitamin merek toko juga ide bagus.

"Ini seperti polis asuransi yang mencakup semua bagian dalam tubuhmu," ia menjelaskan.

Tidak semudah A, B, C dan D

Makanan Sehat dan Bergizi yang Ada di Sekitar Kita - sumber gambar cantikbijak.com

Mempertahankan keseimbangan vitamin yang kita butuhkan adalah hal yang penting namun rumit.

Saya tulis rumit karena mengkonsumsi vitamin yang seimbang tidak semudah menulis status bikin baper saat lagi galau, dundah, dan merana.

Sementara kita tahu vitamin bekerja sama dalam tubuh untuk memastikan kesehatan kita, cara yang paling mudah adalah konsumsi vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Namun, interaksi antara suplemen vitamin dan obat yang diresepkan dapat menyebabkan masalah kesehatan juga.

Misalnya, kalsium dapat berinteraksi dengan beberapa obat-obatan, membatasi kemampuan tubuh untuk menyerap obat yang diresepkan.

Jadi, setiap kali dokter memberi resep atau perubahan baru, penting untuk mendiskusikan semua suplemen vitamin dan mineral yang kamu konsumsi untuk menghindari masalah yang akan terjadi.

Makanan Sehat Bergizi Sehari Hari - sumber gambar cantikbijak.com

Apakah mengkonsumsi vitamin semakin banyak semakin baik?

”Bagi orang yang memiliki pola makan sehat, mengonsumsi multivitamin sesuai petunjuk tidak akan memicu overdosis vitamin.” Tapi Thomas memperingatkan, "Kamu akan mengalami masalah jika mengonsumsi vitamin dan suplemen dengan dosis yang sangat besar."

Beberapa orang mengkonsumsi suplemen dalam jumlah besar, ratusan atau ribuan kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan untuk mengobati atau mencegah penyakit, yang pada dasarnya memperlakukan suplemen vitamin seperti obat-obatan. "Itu berbeda dengan mengkonsumsi semua vitamin untuk mendapatkan jumlah yang disarankan," Thomas memperingatkan.

Mengkonsumsi suplemen sebagai terapi harus dilakukan hanya dengan panduan dokter, karena efek samping dan komplikasi dapat terjadi. Sebagai contoh, Thomas menunjuk niasin atau B3, yang dalam dosis sangat tinggi dapat membahayakan organ hati. Namun, dalam banyak kasus niacin adalah obat yang baik untuk mengurangi kadar statin, tambahnya.

Bahkan beberapa saran umum yang belum terbukti sebagai teori medis, Thomas mencatat: "Bila kamu tahu penggunaan vitamin C dosis besar (untuk melawan flu), sampai saat ini pun belum ada bukti yang jelas kaitan antara vitamin C dan flu."

Untuk mengevaluasi suplemen apa pun sebagai perawatan medis, pertimbangkan bukti yang mendukung klaim kesehatan dan carilah informasi dari apoteker, ahli diet atau dokter keluarga. "Orang-orang yang menjual suplemen mungkin bukan sumber informasi terbaik," kata Thomas.

Ikuti tulisan menarik sarpin apin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB