x

Iklan

sardjito

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Lansia Indonesia dan Kepikunan

Alzheimer sendiri merupakan kondisi kelainan yang salah satunya ditandai dengan penurunan daya ingat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

YOGYAKARTA-Dalam rangka memperingati  Hari Alzheimer sedunia RSUP Dr. Sardjito mengadakan Workshop Tenaga Kesehatan Skrining Demensia di Ruang Utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito , Sabtu 15 September 2018. Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito dr. Rukmono Siswishanto M.Kes., Sp. OG (K) dalam sambutannya menyampaikan RSUP Dr. Sardjito mendukung agar masyarakat peduli  Alzheimer salah satunya dengan adanya website mengenai Alzheimer yang dapat diakses secara mudah sesuai dengan perkembangan teknologi.

Bekerjasama dengan KSM  Saraf dan Alzheimer Indonesia (ALZI) Korwil Yogyakarta, workshop diikuti 120 peserta dari berbagai tenaga  kesehatan. Diantaranya 25 perwakilan puskesmas wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, 50 dokter swasta BPJS Sleman, 25 programmer lansia serta 20 perwakilan dari RSUP Dr.Sardjito. Turut hadir pula Wakil  Bupati Sleman Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan workshop.

Acara dimulai dengan senam otak dan diakhiri dengan simulasi pengisian instrumen deteksi demensia. “Jangan Maklum Dengan Pikun” diharapkan menjadi jargon pengingat bahwa pikun merupakan masalah kesehatan yang harus diperhatikan dan tidak diabaikan begitu saja . Alzheimer sendiri merupakan kondisi kelainan yang salah satunya  ditandai dengan penurunan daya ingat. Indonesia dengan usia harapan hidup yang meningkat setiap tahunnya  diproyeksikan akan meningkatkan  presentase penduduk lansia dan memungkinkan terjadinya penambahan penderita Alzheimer.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih waspada dan tergerak untuk memelihara dan menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit Alzheimer.

Ikuti tulisan menarik sardjito lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu