x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Babinsa Dlanggu Lakukan Pengamatan Hama Tanaman Jagung

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto melalui Koramil jajarannya terus melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di wilayah. Kali ini Babinsa Koramil 0815/14

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto  melalui Koramil jajarannya terus melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di wilayah.  Kali ini Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu, Kopda I Kadek Warnata bersama petani melakukan kegiatan pengamatan hama tanaman jagung milik Saiful, Poktan Tani Jaya 2, Dusun Kasiyan Desa Pohkecik Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (08/10/2018).

Kegiatan pengamatan hama ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hama atau penyakit tanaman yang menyerang.  Bila sejak awal sudah diketahui jenis hama atau penyakit yang menyerang maupun luas kerusakan yang diakibatkan, maka dengan segera ditangani.

Menurut Kopda 1 Kadek Warnata, hama yang menyerang tanaman jagung biasanya ulat grayak, belalang, kumbang bubuk, lalat bibit, penggerek tongkol, penggerek batang dan kutu daun yang berakibat menurunnya hasil panen.  

“Selain hama tersebut, biasanya tanaman jagung diserang penyakit bulai yang disebabkan jamur. Bila tanaman jagung diserang bulai ditandai dengan adanya daun yang berwarna kuning keputih-putihan.  Tanaman jagung yang terkena penyakit bulai akan mengalami gangguan pertumbuhan, tanaman akan kerdil dan tidak akan berbuah,” terangnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masih lanjutnya, hama atau penyakit tersebut dapat berpotensi menurunkan hasil panen bahkan bila dalam skala luas dan tidak tertangani bisa menggagalkan panen. “Untuk mengurangi resiko tersebut maka kami (Babinsa,-red) terjun langsung ke lapangan bersama petani melakukan pengamatan hama secara berkala.  Selain itu para petani atau Poktan harus sering konsultasi dengan PPL agar diperoleh informasi cara budidaya jagung dan pengendalian hama yang tepat sehingga produksi jagung meningkat,”tandasnya.

“Sesuai hasil pengamatan kali ini di lahan seluas 0,5 hektar milik Saiful yang ditanami jenis jagung Hibrida ADV 777, tidak terdapat adanya hama atau penyakit tanaman jagung yang menyerang, mudah mudahan kondisi ini bisa bertahan hingga masa panen tiba,” pungkas Babinsa.

Masih di wilayah binaan Koramil 0815/14 Dlanggu, kegiatan pendampingan juga dilakukan Babinsa Jrambe Kopka Robert Ndao berupa pengairan lahan dan perawatan tanaman jagung di lahan seluas 0,5 hektar yang ditanami jagung Hibrida ADV 777 milik Ngadiman, Poktan Tani Maju Makmur, Dusun Jrambe Desa Jrambe.

 

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB