x

Iklan

Nanda Safira Krisdian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pelecehan Seksual Di Angkutan Umum, Resahkan Kaum Wanita !

pelecehan seksual terhadap wanita kerap kali terjadi di angkutan umum, perangi atau tak peduli ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semakin berkembangnya jaman semakin berkembang pula segala aspek kehidupan manusia. Saat ini juga manusia dimudahkan dengan berbagai teknologi yang diciptakan. Mulai dari hal yang terkecil sampai masalah terbesarpun sudah bisa diselesaikan dengan berbagai cara. Misalnya saja, dahulu jika seseorang ingin berpergian dari satu kota ke kota lain harus pergi ke terminal, stasiun, atau bandara hanya untuk membeli tiket tetapi pada saat ini jika tidak mau pergi ke tempat angkutan umum dan tempat yang dituju dekat bisa saja naik travel atau semacamnya kalaupun ingin naik bis, kereta api atau pesawat kita dengan mudah mendapatkan tiket perjalanan dengan hanya mengakses internet lalu memesan tiket dan selesai tiket dengan mudah didapatkan. Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh jaman kini ia juga membawa petaka dibelakangnya menyelinap masuk tanpa disadari oleh beberapa orang.

Tak asing lagi kita mendengar mengenai pelecehan seksual di angkutan umum. Dari angkot, bis hingga di kereta hal itu tak asing lagi terdengar. Kebanyakkan orang peduli akan kekerasan rumah tangga yang terjadi disekitarnya namun kurang peka dalam hal pelecehan yang terjadi di angkutan umum yang korbannya kebanyakkan dari kaum wanita bahkan lebih parahnya saat terjadinya pelecehan itu orang disekitar yang menyaksikkannya enggan peduli bahwa telah terjadi kejahatan.

Modus-modus yang digunakan pun beragam. Pertama, pelaku biasanya memanfaatkan waktu yang ada, bisa waktu berangkat kerja atau pulang kerja karena pada saat itu angkutan umum sangat padat. Mereka menggunakan waktu tersebut karena dirasa sang korban tidak akan terasa saat dilecehkan mengingat penumpang yang saling berdesakkan. Kedua, pelaku pura-pura tidur bersandar dibahu korban dan secara perlahan kepalanya akan terus menggantung dan dengan sengaja akan mengenai PD korban. Ketiga, pelaku benar-benar memanfaatkan momen dan waktu yang tepat yaitu pada saat pengereman mendadak dengan sengaja pelaku akan menyentuh tubuh korban tanpa disadari sang korban. Banyak sekali modus-modus yang digunakan dari yang tak kentara sampai yang kentara sekalipun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebenarnya orang-orang disekitar korbanpun ada beberapa yang ingin menolong dan memberitahukan perbuatan tersebut kepada korban namun sering kali penolong tersebut diancam karena keberadaannya dianggap menganggu aktivitas tersebut. Bukan tidak peduli, tapi biasanya mereka melakukan hal tersebut untuk melindungi diri dari ancaman pelaku.

Sebaiknya saat seorang wanita saat berpergian menggunakan angkutan umum berbarengan dengan teman yang benar-benar dipercaya dan memiliki perlindungan diri sehingga sigap dalam membantu nanti. Misal tidak ada teman, usahakan mencari angkutan umum yang penumpangnya banyak perempuannya dan anda duduk dengan sesame wanita. Hindari penggunaan angkutan umum pada saat malam hari. apabila terjadi gerak-gerik yang mencurigakan segera hubungi kerabat terdekat untuk membantu.

Ikuti tulisan menarik Nanda Safira Krisdian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler