Peran pemuda dalam pencegahan korupsi - Analisa - www.indonesiana.id
x

Siti Aminah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Peran pemuda dalam pencegahan korupsi

    Dibaca : 672 kali

       Korupsi merupakan salah satu masalah yang besar yang terjadi sejak pertama kali manusia mengenal tata kelila administrasi. Padahal korupsi merupakan kegiatan yang keji yang busuk, jahat dan merusak. Berdasarkan kenyataan tersebut perbuatan korupsi menyangkut jabatan atau aparatur pemerintah, perbuatan ini dilakukan untuk kepentingan pribadi. Namun perbuatan korupsi di Negarakitamerupakan perbuatan yang sudah biasa sehingga tidak heran bila orang-orang besar melakukan korupsi, bahkan korupsi dianggap sebagai hal kebiasaan yang dilakukan secra turun-temurun. Bahkan korupsi ini tidak hanya dilakukan oleh pejabat-pejabat besar saja, namun korupsi juga merasuki seluruh lapisan struktur pemerintah dari pejabat rendah, ssperti pegawai kelurahan. Kondisi ini menyebabkan dunia kepemerintahan negara ini semakin amburadul, semakin berantakan akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggug jawabdan tidak berprofesional dala menduduki jabatannya.

        Korupsi tidak hanya berdampak pada eksistensi sebuah negara saja, namun perbuatan korupsi juga berdampak pada rakyat kecil, rakyat kecil merasa dirugikan oleh negara karena perbuatan busuk yang dilakukan oleh orang-orang pejabat pemerintah. Padahal orang-orang tersebut melakukan korupsi menggunakan uang rakyat, namun hal itu tidak menjadi alasan bagi mereka untuk melakukan korupsi.

        Sehingga dengan perbuatan korupsi yang terus terjadi di Negara ini kita perlu adanya upaya untuk mengatasi hal tersebut. Upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara memberikan pendidikan anti korupsi kepada seseorang anak mulai dari dini dan kalangan generasi muda saat ini. Karena generasi muda merupakan aset bangsa yang harus di didik secara baik tentang haramnya melakukan korupsi. Apalagi kita sebagai mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang akan menggantikan para pejabat terdahulu.

         

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.