Tingkatkan Pendidikan di Madrasah - Analisa - www.indonesiana.id
x

Ahmad Syaiful Bahri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Tingkatkan Pendidikan di Madrasah

    Dibaca : 486 kali

    Jambi – Salah satu komitmen program PINTAR Tanoto Foundation dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah melibatkan guru-guru madrasah di daerah mitra. Salah satu daerah mitra tersebut adalah Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), guru-guru di wilayah tersebut mengikuti kegiatan pelatihan praktik baik pembelajaran di SD dan MI, kegiatan tersebut hasil kerja sama Tanoto Foundation dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dilaksanakan di aula sekretariat PKK Tanjabtim tersebut digelar selama tiga hari, senin-rabu (12-14/11/2018).

    Kegiatan yang dibuka oleh sekretaris Dinas Pendidikan Tanjabtim, Mamiati, mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, menurutnya, pembelajaran aktif dan kooperatif sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Dikatakannya, praktik belajar siswa melalui mengamati, interaksi, komunikasi dan refleksi merupakan salah satu pembelajaran yang ideal ”Guru dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya, agar mutu pembelajaran semakin meningkat,” ujarnya, di sela sambutan pembukaan pelatihan praktik baik pembelajaran di SD dan MI, Senin, (12/11).

    Beberapa guru madrasah ketika ditemui di sela-sela pelatihan mengaku senang akan pelatihan tersebut, ”terus terang, ini pengalaman yang berharga, kami guru-guru MI dilibatkan dalam pelatihan yang pesertanya juga guru SD, kami belajar banyak dari pelatihan dan guru-guru lainnya,” jelas Puji Astuti, guru MI Islamiyah, penuh bangga.

    Senada dengan Puji, Khoirunnisa, guru MIN 2 Tanjabtim mengatakan kegiatan ini sangat memotivasi dirinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sekembalinya dari tempat pelatihan.

    ”Pelatihan ini mendukung saya sebagai guru, apalagi jika dikaitkan dengan pembelajaran aktif, cara pelatihan ini membuat saya ingin segera menerapkannya di madrasah,” katanya.

    Training Specialist untuk Sekolah Dasar Tanoto Foundation Jambi, Fitria Hima Mahligai, menyebut setelah pelatihan selesai, peserta juga akan didampingi di madrasahnya. Selain pelatihan juga ada pendampingan untuk memastikan keterlaksanaan materi pelatihan. "Dukungan fasda dibutuhkan setelah pelatihan, sehingga peserta menjadi percaya diri," pungkas Fitri, panggilan akrabnya, Senin (12/11).


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.