x

Iklan

Sapto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kampus ITERA Saksi SBY Peduli Pendidikan

Meski tergolong baru, kampus yang terletak di Jalan Terusan Ryacudu, Bandar Negara, Lampung Selatan ini telah memiliki berbagai tenaga peneliti, dan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masyarakat Lampung khususnya Lampung Selatan tentu masih ingat dengan sejarah dibangunnya salah satu perguruan tinggi negeri Institut Teknologi Sumatera (Itera) di era Presiden Repubik Indonesia ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013 lalu.

Pembangunan institute di lahan 40 hektare tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai infrastuktur yang telah memadai. Sehingga kehadiran kampus yang dipimpin Prof. Ofyar Z Tamin tersebut bisa bermanfaat untuk semua provinsi di Pulau Sumatera.

Meski tergolong baru, kampus yang terletak di Jalan Terusan Ryacudu, Bandar Negara, Lampung Selatan ini telah memiliki berbagai tenaga peneliti, lembaga penelitian, serta penunjang lain guna meningkatkan lulusan sains dan teknik dalam persaingan dunia kerja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi orang yang bukan berasal dari Sumatera, nama kampus Itera mungkin tidak begitu familiar. Hanya saja, kampus yang dapat menampung sekitar 40 ribu hingga 50 ribu mahasiswa ini sangat membantu perekonomian warga sekitar khususnya Sumatera.

Seperti kita ketahui, pertumbuhan ekonomi di Sumatera sangat lambat jika dibandingkan dengan pulau Jawa. Oleh sebab itu, pemerintah yang saat itu dipimpin SBY begitu peduli terhadap kemajuan dari masyarakat sekitaran Sumatera untuk menjaga laju ekonomi antar pulau bisa merata dari ujung Sumatera hingga ujung Papua. Salah satunya melalui kampus Itera.

Jadi tidak heran jika Itera sebagai perguruan tinggi bidang teknologi, dapat mengembangkan sintesis zeolit sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan bagi pembangunan Sumatera.

Dilansir dari beberapa sumber menyebutkan, dalam tiga tahun belakangan pertumbuhan ekonomi Lampung mengalami kenaikan mencapai 5,35% dari rata-rata nasional.

Dengan begitu, Lampung kini menempati posisi tiga besar di Sumatera. Hal ini ditunjang dari beberapa sektoral seperti pertanian 30,4%, Industri pengolahan 18,91%, serta perdagangan dan reparasi kendaraan 11,42%.

Kini, imbas dari sudah meratanya perekonomian di Sumatera, Lampung menjadi salah satu kota yang terletak di ujung Sumatera sudah menggeliat dengan adanya pembangunan jalan tol sebagai penghubung antarprovinsi di Sumatera.

Selain itu, Pemerintah era SBY juga memiliki Institut Tekonologi Kalimantan yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kedua daerah itu terpilih setelah kementerian melakukan survei di sejumlah tempat. Jadi, peranan SBY dalam mengelola negara tidak lah main-main. Masih banyak program-program jitu yang tidak lanjutkan rezim Jokowi-JK untuk pembangunan bangsa dan menaikan harkat martabat NKRI di mata masyarakat dunia.

Ikuti tulisan menarik Sapto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

6 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB