x

Iklan

Redaksi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Peduli Indonesia, Festival Relawan 2018 Ajak Anak Muda Aktif

Festival Relawan kembali hadir di tahun 2018 dengan tema Ambil Peran Jadi Relawan guna mengembalikan semangat gotong royong masyarakat Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pancasila sebagai dasar negara menggambarkan harapan pendiri bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kental dengan budaya gotong royong. Untuk mendukung harapan tersebut, Festival Relawan kembali hadir di tahun 2018 dengan tema Ambil Peran Jadi Relawan guna mengembalikan semangat gotong royong masyarakat Indonesia, terutama anak muda, sekaligus memberikan apresiasi kepada relawan dan komunitas yang terlibat untuk membuat Indonesia lebih baik.
 
“Tahun 2018 bisa dibilang tahunnya relawan, karena begitu banyak anak muda terlibat jadi relawan. Ini memberi contoh kalau anak muda tidak enggan lagi jadi relawan. Festival Relawan hadir, agar inisiatif ini mendapat apresiasi dan terus dijaga semangat,” tambah Maritta C. Rastuti, Koordinator Tim Aksi Baik. Nyatanya, aktivitas relawan sendiri sebenarnya berperan penting pada banyak bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Misalnya, dari sekadar kebiasaan kerja bakti membersihkan jalanan dari sampah, atau mengajar anak-anak marjinal di rumah belajar, sampai mengirim bala bantuan ke tempat-tempat yang terkena bencana, seperti yang terjadi di Lombok, Palu, Donggala, dan Sigi beberapa saat lalu.
 
Peran relawan juga tampak jelas pada penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu. “Buat saya, it (menjadi relawan) was an eye-opening experience, also mind-changing to say the least. Semangat dan interaksi langsung adalah kemewahan, tidak hanya bagi mereka tapi bagi kita yang menjalaninya. Karena bagi saya, aksi sosial tidak hanya soal materi saja, tapi juga dukungan secara moral,” tutur Morgan Oey, aktor dan Ambassador Indorelawan.
 
Penyelenggaraan Festival Relawan di bulan Desember juga bertepatan dengan Hari Relawan Internasional (5 Desember) dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (26 Desember). Setelah sukses diselenggarakan pada 2016 dan 2017, Festival Relawan 2018 akan hadir dengan rangkaian kegiatan yang lebih kompleks, seperti roadshow ke sejumlah kampus, kelas membuat poster, Pawai Aksi Baik, live talkshow, konferensi pers, kegiatan puncak Festival Relawan, serta sejumlah
kegiatan komunitas pada Bulan Relawan Nasional. Rangkaian kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak Oktober 2018, dan akan terus berlangsung hingga Desember 2018.
 
Kegiatan puncak Festival Relawan yang akan diselenggarakan di Gandaria City tanggal 1 Desember mendatang juga akan diisi dengan tujuh panel diskusi yang terdiri dari beberapa topik utama, seperti pendidikan, toleransi, politik, kesehatan, anak muda, influencer, dan inovasi untuk kebaikan. Panel-panel ini juga akan dihadiri oleh beberapa pembicara ternama, seperti Morgan Oey, Najeela Shihab, Pangeran Siahaan, Faisal Basri, Cameo Project, Trivet Sembel, dan lainnya. Tidak ketinggalan juga, acara puncak ini akan dilengkapi dengan sejumlah aktivitas hiburan seperti penampilan musik dan stand-up comedy.
 
Selain diinisiasi oleh Indorelawan, Campaign, dan Indonesian Future Leaders (IFL), kegiatan Festival Relawan juga didukung oleh sejumlah pihak lain, seperti perusahaan. Tahun ini, PT. Paragon Technology and Innovation (Wardah Cosmetics) menjadi salah satu perusahaan yang mendukung keberlangsungan Festival Relawan sebagai sponsor. “Kami senang dan bangga bisa mendukung event ini, sebuah event yang dapat menyebarkan semangat untuk melakukan aksi baik, terutama untuk generasi muda. Kali ini Wardah juga turut berpartipasi dalam panel yang mengangkat topik "Kebaikan Hati Untuk Negeri", sebuah tagline dari program kampanye #WardahInspiringMovement dimana kami ingin mengajak partisipasi dan kolaborasi seluasnya untuk bersama-sama memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa kita," ujar Nelsa Dwi Wahyuni, Public Relations Officer PT. Paragon Technology and Innovation (Wardah Cosmetics).
 
Ada pula sejumlah komunitas dan organisasi lain yang turut mendukung Festival Relawan, seperti keterlibatan Indika Foundation dalam Festival Relawan 2018. Keterlibatan sejumlah pihak ini menjadi bentuk nyata bahwa masih ada banyak yang peduli terhadap Indonesia. "Kerelawanan sudah ada sejak dulu. Para pejuang dengan sukarela ikut membela negara dan para pemuda dengan sukarela ikut mendorong kemerdekaan. Hingga kini, kita bergerak bukan karena terpaksa, tapi karena kita ingin ikut melakukan sesuatu untuk Indonesia. Kerelawanan adalah wujud nyata gotong royong. Karena gotong royong adalah salah satu nilai Indika Foundation, maka kami mendukung penuh Festival Relawan sebagai bentuk nyata kontribusi untuk Indonesia,” tutur Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi.
 
Keberlangsungan Festival Relawan sendiri diharapkan mampu meningkatkan kesadaran anak muda untuk mulai aktif dalam dunia kerelawanan dari sekarang, dan terus menginspirasi orang lain juga untuk aktif melakukannya. Cerita inspiratif lewat pengalaman menjadi relawan sendiri juga bisa diunggah ke media sosial dengan menggunakan tagar #JadiRelawan. “Karena Festival Relawan adalah bentuk apresiasi sekaligus puncak perayaan kepada relawan, komunitas dan organisasi yang sudah berkontribusi untuk membuat Indonesia lebih baik. Jadi mari kita ramaikan!” ajak Morgan.
 

Tentang Indorelawan

Indorelawan adalah sebuah wadah online yang menghubungkan organisasi / komunitas dengan relawan yang memiliki talenta dan potensi. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Indorelawan telah menghubungkan lebih dari 80.000 relawan dengan lebih dari 1.600 organisasi sosial di Indonesia. Indorelawan percaya bahwa kerja sama antara dua sisi akan menguatkan jaringan sosial komunitas dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik di Indonesia.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tentang Campaign

 

Campaign dibangun di Indonesia secara khusus untuk membantu para pembuat perubahan di seluruh dunia, memberdayakan mereka untuk mampu mengorganisir kampanye secara lebih baik. Campaign menjadi salah satu start-up karya anak bangsa dengan misi sosial yang mendalam. Hingga saat ini, Campaign telah mendukung lebih dari 1000 komunitas dan lebih dari 120.000 changemakers untuk membangun lebih dari 700 kampanye sosial.

Tentang Indonesian Future Leaders

Indonesian Future Leaders (IFL) merupakan organisasi pemuda non-profit yang memfokuskan kegiatannya pada pemberdayaan pemuda dan kerelawanan sosial. IFL percaya bahwa perubahan terjadi ketika para pemuda memikirkan lingkungan di sekitarnya. Karena itu, kegiatan IFL didedikasikan untuk mengembangkan kualitas dan kapabilitas para pemuda dalam menciptakan perubahan sosial untuk Indonesia yang lebih baik. IFL bercita-cita membuat pemuda Indonesia kompeten dan menginspirasi untuk menjadi pemimpin masa depan.

Tentang Festival Relawan

Festival Relawan merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada Bulan Desember setiap tahunnya guna mengembalikan semangat gotong royong masyarakat Indonesia, sekaligus memberikan apresiasi kepada relawan dan komunitas yang terlibat untuk membuat Indonesia lebih baik. Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk memperingati Hari Relawan Internasional (5 Desember) dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (26 Desember). Pada gelaran tahun 2018 ini, Festival Relawan mengambil tema Ambil Peran Jadi Relawan. Acara puncak dari rangkaian kegiatan ini pun dinamakan sama, yaitu Festival Relawan, akan diselenggarakan pada 1 Desember 2018 di Area Piazza, Gandaria City, Jakarta Selatan.

 

Indonesiana adalah media partner Festival Relawan 2018

Ikuti tulisan menarik Redaksi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB