5 Hobi Berpotensi Menghasilkan Uang yang Bisa Kamu Coba - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Khwarizmi Febri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 5 Hobi Berpotensi Menghasilkan Uang yang Bisa Kamu Coba

    Ingin Penghasilan Tambahan ala Mirsya Budiarsi? 5 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang Ini Bisa Kamu Coba.

    Dibaca : 484 kali

    Photo Credit: Pexels

     

    Pekerjaan yang dilakukan berdasarkan kesenangan pasti akan terasa lebih menyenangkan. Kamu pun juga pasti akan merasa lebih bersemangat dalam menjalankannya. Tidak perlu terlalu banyak pertimbangan, kamu bisa langsung memulainya dari hobi. Ternyata ada cukup banyak, lho, hobi yang jika dilakukan dengan tekun bisa membantumu menghasilkan uang. Apa saja, ya?

     

    Fotografi

    Hobi satu ini mungkin memang membutuhkan modal tidak sedikit mengingat harga kamera dan lensa yang relatif mahal. Namun, sebagai langkah awal, sebaiknya fokuslah saja mengasah kemampuan dan pengetahuanmu di bidang fotografi. Sering-seringlah berlatih mengambil foto jenis apa pun, mulai dari pemandangan, model, atau mungkin produk. Dari sana, lambat laun kamu pasti akan menemukan jenis fotografi yang paling kamu sukai.

    Semakin sering kamu berlatih, semakin tinggi pula jam terbangmu sehingga kesempatan untuk mendapatkan klien juga semakin besar. Asyiknya lagi, kamu juga bisa menjual hasil jepretan kamu ke situs-situs photo stock di internet. Misalnya seperti Shutterstock atau 123rf. Jadi, setiap kali ada orang yang mengunduh fotomu dari situs-situs tersebut, kamu akan mendapatkan komisi.

     

    Menulis

    Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari hobi menulis. Salah satunya adalah dengan menjadi freelancer untuk penulisan artikel di internet. Saat ini, ada banyak brand yang membutuhkan jasa content writing, di sinilah kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka. Terlebih, sekarang juga sudah ada beberapa situs yang mempertemukan freelancer dengan pihak yang membutuhkan jasa freelance. Kamu pun bisa bergabung di situs ini.

     

    Makeup

    Bagi yang hobi makeup, makeup artist (MUA) bukan satu-satunya profesi yang bisa kamu jalani untuk menghasilkan uang. Kamu juga bisa menjadi beauty vlogger yang saat ini memang sedang cukup populer. Umumnya, beauty vlogger dikenal sebagai sosok yang memiliki keahlian dan passion di dunia makeup serta kecantikan. Jadi, kalau kamu hobi makeup dan merasa punya skill yang oke, tidak ada salahnya membuat video tutorial makeup di YouTube.

    Namun, kamu harus konsisten membuat video agar jumlah views dan subscribers terus bertambah. Dengan begitu, lambat laun kamu bisa memasang iklan di video-videomu sehingga mendapatkan uang. Selain itu, biasanya jika followers-mu sudah banyak, brand akan mengajakmu bekerja sama untuk melakukan berbagai campaign.

     

    Menggambar

    Berbekal hobi menggambar, kamu bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa ilustrasi atau desain sesuai dengan ciri khas kamu sendiri. Cobalah mempromosikan jasa menggambarmu melalui Instagram. Buatlah sebuah akun untuk memamerkan hasil gambar yang sudah pernah kamu buat. Manfaatkan Instagram sebagai porto folio online kamu. Pada setiap postingan, cantumkan beberapa hashtag yang relevan seperti #jasailustrasi atau #jasadesain agar akunmu bisa lebih mudah ditemukan.

     

    Kuliner

    Hobi kuliner juga bisa menghasilkan pemasukan jika kamu benar-benar tekun menjalaninya. Peluang bisnisnya sangat banyak, mulai dari membuka katering, membuat blog kuliner, atau berjualan makanan ringan seperti yang dilakukan oleh Mirsya Budiarsi, seorang business woman yang saat ini menjabat sebagai salah satu Senior Brand Manager di perusahaan multinasional Unilever.

    Di samping itu, Mirsya juga cukup aktif mengelola bisnis kulinernya melalui brand Mamaberry Chips Gourmet, keripik kentang yang dijual dalam berbagai rasa. Kamu bisa lihat produk-produknya di mamaberrysgourmet.comatau akun Instagram @mamaberrysgourmet.

     

    Apa pun hobi kamu, selama kamu memiliki niat yang sungguh-sungguh dan ketekunan yang tinggi, kamu bisa kok mengubah hobi tersebut sebagai sumber penghasilan. Tentunya dibutuhkan waktu untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan, jadi kamu juga harus bersabar. Good luck!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.