Kiat Membuat Brand-mu Agar Semakin Dikenal Banyak Orang - Analisa - www.indonesiana.id
x

Khwarizmi Febri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Kiat Membuat Brand-mu Agar Semakin Dikenal Banyak Orang

    Membangun sebuah brand memang tak mudah, namun kamu bisa pelajari kiatnya berikut.

    Dibaca : 516 kali

    Photo Credit: Pexels

     

    Dalam dunia marketing, ada sebuah konsep klasik yang menjelaskan urutan bagaimana orang akan membeli suatu produk atau jasa. Urutan tersebut mencakup awareness, interest, desire, dan action yang disingkat menjadi AIDA.

    Pada perjalanan membuat brand-mu semakin dikenal banyak orang, kamu akan berfokus pada tahap (brand) awareness dan interest, baru kemudian beranjak ke desire dan action—tahap di mana orang-orang sudah timbul keinginan untuk membeli dan akhirnya melakukan pembelian produk atau jasa tadi. Saat menjalani tahap brand awareness dan interest, kamu butuh kiat untuk membuat brand-mu semakin dikenal banyak orang. Simak pembahasannya berikut ini.

     

    Tagline provokatif, berbobot, dan bernilai human interest

     

    Tahap awal yakni brand awareness bertujuan agar semakin banyak orang yang mengenal brand yang kamu jajakan. Salah satu cara yang paling umum adalah promosi, tapi agar orang-orang lebih mudah tahu dan kenal brand-mu, buatlah tagline yang provokatif, berbobot, sekaligus bernilai human interest.

    Beberapa contoh tagline yang merefleksikan kriteria tersebut yakni platform jual-beli barang bekas yang bernama OLX dengan slogan “bekas jadi berkah”. Tagline OLX ini sangat mudah didengar dan diingat orang, sekaligus berbobot human interest yang cukup provokatif.

    Bayangkan begini, kamu sedang membutuhkan barang namun tidak mementingkan status barang tersebut (entah barang baru atau bekas). Kemudian kamu memilih untuk membeli barang bekas karena mudah didapat lewat platform OLX dan pasti sudah beranggapan bahwa kualitas barang bekas sudah tidak semulus barang baru. Tapi ternyata, barang bekas tersebut maslih memiliki kualitas yang apik, dan akhirnya awet saat kamu gunakan. Seakan seperti berkah, bukan?

     

    Fokus pada jaminan kualitas produk atau service

    Setelah paham promosi seperti apa yang perlu dilakukan pada brand, fokuskan diri untuk menjamin kualitas produk atau layanan dari brand-mu itu. Ketahui seluk beluk produk brand-mu agar kamu yakin dan tidak asal memberikan promosi atau fake promotion. Calon pelanggan juga akan senang ketika semua keingintahuan mereka tentang produk brand-mu terpenuhi oleh pelayanan promosimu.

    Selalu kuatkan karakteristik brand-mu

    Brand-mu pasti sudah punya karakteristiknya sendiri. Ketika promosi dan melakukan penawaran, pastikan untuk selalu menampilkan karakteristik brand-mu.

    Contohnya jika brand-mu adalah produsen alat olahraga dan slogannya mengajak orang untuk berolahraga juga, sudah seharusnya kamu berpenampilan seperti orang yang hobi berolahraga ketika mempromosikan dan penawaran produk tersebut. Dengan begitu, orang akan yakin bahwa baik kamu maupun bran-dmu memang all-in soal olahraga.

     

    Inovatif dalam penawaran

    Jika masih memungkinkan untuk melakukan inovasi produk atau setidaknya cara promosinya, maka lakukanlah inovasi. Dengan berinvoasi produk, semisal kamu seorang pebisnis kuliner, kamu bisa menawarkan makanan atau camilan setiap tiga minggu atau sebulan sekali sehingga pelanggan setiamu tidak akan boaen dengan menu yang itu-itu saja dan terus menarik pelanggan baru.

    Sedangkan untuk inovasi penawaran brand produk, kamu bisa mempromosikan potongan harga atau bundle hemat yang sulit ditolak oleh calon pelanggan.

     

    Aktif berinteraksi dengan pelanggan

    Kiat ini sebenarnya sudah memasuki tahapan desire dan action, karena tidak jarang calon pelanggan yang tidak jadi membeli produkmu sebelumnya atau pelanggan yang sudah pernah membeli produk brand-mu,akan membutuhkan produk iut di masa yang akan datang.

    Jadi, disarankan untuk terus menjalin interaksi dengan mereka melalui berbagai informasi penawaran dan promosi. Pelanggan yang sudah ada akan semakin setia dan semakin banyak pelanggan baru yang tergaet.

     

    Kalau kamu membutuhkan seorang figur yang sukses mem-branding produk sebagai contoh yang tepat, coba lihat seorang womanpreneur bernama Mirsya Budiarsi. Di tahun 2005-2009, ia berpengalaman sebagai Brand Manager for AQUA dan pada 2017 hingga kini sebagai Senior Brand Manager for Sunlight. Selain untuk branding produk perushaan besar, Mirsya juga aktif melakukan personal branding dari produknya, yakni kudapan sehat Mamabery Chips Gourmet



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.