Langkah Membangun Kerjasama yang Kuat Bersama dalam Tim - Analisa - www.indonesiana.id
x

Khwarizmi Febri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Langkah Membangun Kerjasama yang Kuat Bersama dalam Tim

    Membangun kerjasama dalam tim memang menjadi sebuah tantangan, berikut langkah yang bisa dicoba

    Dibaca : 5.528 kali

    Photo Credit: Pexels

     

    Meski penuh persaingan, dunia kerja tetap membutuhkan keharmonisan dalam bentuk kerja sama. Unit terkecil dalam dunia usaha bisa jadi sebuah divisi yang terdiri dari sedikit orang, project team yang beranggotakan beberapa orang, atau malah satu perusahaan yang terdiri dari banyak orang. Semua unit tersebut membutuhkan kerja sama tim agar tujuan bersama bisa tercapai.

    Kamu baru saja memegang posisi sebagai project team leader atau malah pimpinan direksi? Kamu tentu perlu membangun kerja sama tim yang solid. Berikut ini beberapa langkah membangun kerja sama tim yang kuat bersama dalam sebuah tim.

     

    Tanamkan visi dan misi bersama

    Layaknya sebuah penerbangan pesawat komersial, semua penumpangnya pasti memiliki tujuan persinggahan atau mendarat yang sama agar pesawat itu jelas arah penerbangannya. Begitu pula dengan kerja sama tim, kamu harus menanamkan dahulu visi dan misi bersama yang ingin dicapai oleh tim. Visi-misi bersama yang tertanamkan dengan baik dalam diri tiap anggota tim akan menghasilkan kinerja tim yang penuh tanggung jawab dan antusiasme.

     

    Hargai perbedaan pendapat dan kepercayaan

    Manusia terlahir berbeda merupakan sebuah kewajaran, yang sama hanya spesiesnya karena kita semua sama-sama manusia. Pendapat orang yang berbeda juga merupakan hal yang pasti terjadi. Dan tugasmu untuk membuat tim memiliki kerja sama yang kuat adalah dengan memastikan tiap anggota tim saling menghargai pendapat masing-masing.

    Tidak jarang rasa kecewa timbul pada anggota tim yang pendapatnya tidak bisa diwujudkan. Namun, dengan saling menghargai dan percaya bahwa goal bersama bisa digapai, akan membuat anggota itu lebih semangat untuk terus bekerja sama.

     

    Komunikasi intensif dan saling menghargai kinerja

    Terapkan komunikasi yang intensif dan juga efektif dalam tim. Komunikasi bukanlah hal yang sepele dalam kerja sama tim karena kerja sama tim tetap membutuhkan informasi yang saling melengkapi dan saling mengoreksi.

    Lakukan pertemuan singkat dengan semua anggota tim untuk membahas informasi dan kabar perkembangan terbaru agar kamu dan anggota lainnya tidak canggung dalam berkomunikasi dan menyelesaikan suatu tugas atau problem di kemudian hari.  Komunikasi dalam tim juga dapat memudahkan sesama anggota untuk membantu satu sama lain.

    Komunikasi tim yang intesif dan efektif juga merupakan media untuk menghargai anggota tim yang telah berkinerja apik. Selain itu, bisa memicu anggota lain untuk berkinerja lebih baik dari sebelumnya.

     

    Jadwalkan kegiatan bersama

    Jangan lupa untuk menjadwalkan kegiatan bersama dalam tim, kegiatan yang santai di mana semua orang dapat merasakan hangatnya kebersamaan, seperti makan malam atau makan siang bersama, travelling bareng, atau malah mengikuti kompetisi permainan berkelompok. Kegiatan bersama samacam itu akan menguatkan kekompakan anggota tim, menyatukan ikatan emosial mereka, dan menguatkan kemampuan mereka untuk berkompetisi.

    Membangun kerja sama yang kuat bersama tim memang terkadang tidak mudah dan butuh bukti nyata sebuah keberhasilan tim, serta figur yang berhasil membuat tim itu bekerja sama dengan baik tentunya. Kamu bisa belajar dari Mirsya Budiarsi, yang berhasil membangun kerja sama tim yang baik dalam perusahaan sebesar Unilever dan mendapat penghargaan pertama “Win with People” dalam Unilever Food Solutions Indonesia Compass Award di tahun 2013. Selain itu Mirsya juga mampu mengembangkan jaringan bisnis baru sebagai pelopor kudapan sehat di Indonesia.

     

    Akhir kata, kamu dan anggota timmu harus mengingat bahwa “team work, makes the dream works!”



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.