Hilangkan Kejenuhan di Kantor dengan 5 Cara Mirsya Budiarsi - Analisa - www.indonesiana.id
x

Khwarizmi Febri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Hilangkan Kejenuhan di Kantor dengan 5 Cara Mirsya Budiarsi

    Aktivitas di kantor kadang membuat pikiran menjadi penat, untuk itulah kamu perlu menghilangkan kejenuhan tersebut lewat cara berikut.

    Dibaca : 459 kali

    Photo Credit: Pexels

     

    Sebagai pekerja kantoran, Mirsya Budiarsi juga pernah merasakan kejenuhan. Kejenuhan di kantor pun merupakan hal yang wajar. Apalagi bila kamu melakukan pekerjaan yang monoton seharian. Berbagai faktor juga bisa menyebabkan kejenuhan di kantor, mulai dari alokasi waktu yang salah, tanggung jawab dan tugas yang tak berubah, hingga beban pekerjaan yang terlalu banyak sehingga membuatmu sulit untuk fokus.

     

    Jika terus dibiarkan, kejenuhan nantinya akan menganggu produktivitas dan efektivitas waktu kerjamu, lho. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menghilangkan kejenuhan di kantor agar tak menganggu kelangsungan karirmu. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

     

    Ketahui penyebab kejenuhan

    Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan kejenuhan di kantor adalah mengetahui penyebab kejenuhan yang kamu alami. Identifikasilah penyebab kejenuhan dan carilah solusinya. Apabila kamu jenuh karena pekerjaan yang monoton, kamu bisa mengikuti jejak Mirsya Budiarsi yang kini memiliki bisnisnya sendiri, Mamaberry Chips Gourmet.

    Bila membuka bisnis masih terasa memberatkan, kamu bisa berkonsultasi dengan atasan untuk diberi tugas lain atau bertukar tanggung jawab dengan kolega. Kamu juga bisa berkonsultasi kepada manajer untuk menemukan solusi atas kondisimu yang jenuh karena menanggung tanggung jawab yang terlalu banyak.

    Perbanyak pikiran positif

    Sering kali, kejenuhan dipicu oleh pikiran-pikiran negatif dan rasa kurang bersyukur yang sedang menyerang. Usahakanlah untuk tidak menganggap kejenuhan sebagai masalah, namun sebagai kondisi yang wajar dialami setiap orang. Kamu harus tetap berpikiran positif dan mengubah kejenuhan menjadi sesuatu yang lebih bermakna. Contohnya dengan menjadikan kejenuhan sebagai momentum bagimu untuk melakukan hal-hal baru.

    Cobalah untuk perbanyak bersyukur dengan mengingat bahwa banyak orang di luar sana yang ingin berada di posisimu sekarang. Memiliki pekerjaan yang layak dan penghasilan memuaskan memang menjadi idaman hampir setiap orang. Bila kamu sudah mendapatkannya, tentu kamu harus lebih bersyukur dan menjaganya. Apabila kamu bersyukur, kamu akan lebih mampu menghargai waktu kerja dan kembali menemukan semangat yang sempat hilang.

    Luangkan waktu untuk relaksasi

    Tidak bisa dipungkiri bahwa duduk di meja kantor selama berjam-jam seharian akan membuatmu bosan. Badanmu juga akan menjadi pegal karenanya. Nah, daripada kamu hanya duduk diam atau melamun selama merasa jenuh di kantor, lebih baik kamu menggunakan waktu luang yang tersedia untuk melakukan relaksasi tubuh.

    Kamu bisa melakukan relaksasi dengan melemaskan otot-otot tubuh. Mulailah dengan cara meregangkan tangan, kaki, kepala, leher, atau berlari kecil. Metode relaksasi ringan ini dapat membantumu meredakan kejenuhan yang sedang menghantui. Jika tubuhmu rileks, kejenuhan yang kamu rasakan setidaknya akan berkurang.

    Curhat

    Terkadang yang kamu butuhkan untuk meredakan kejenuhan adalah semangat dari orang-orang terdekat. Bila itu yang kamu butuhkan, carilah teman curhat yang bisa menampung keluh-kesahmu. Kamu bisa mengobrol sebentar dengan teman agar pikiranmu menjadi lebih tenang. Namun, usahakan untuk tidak membicarakan teman kantor dengan teman kantor lainnya karena dapat menyebabkan perselisihan.

    Curhatlah dengan teman yang kamu percayai dan dapat memberimu motivasi. Kamu juga harus ingat bahwa mengeluh terus-menerus tidak akan membantumu menghilangkan kejenuhan. Oleh karena itu, berusalah untuk kembali mendapatkan semangat dalam pekerja dengan menerima masukan positif dari teman atau orang-orang terdekat.

    Cari pekerjaan baru

    Kejenuhan memang sebaiknya tak menjadi alasan bagimu untuk mencari pekerjaan baru. Apalagi jika kejenuhan yang kamu rasakan sifatnya semu. Akan tetapi, bila kamu telah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan kejenuhan namun tetap tak menemukan semangat dan kebahagian selama bekerja, mungkin sudah saatnya bagimu untuk mencari pekerjaan baru.

    Memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan yang sudah tidak kamu sukai hanya akan membuatmu semakin tertekan. Menjalani pekerjaan yang memberikanmu penghasilan besar memang menyenangkan, namun jika harus sampai memaksakan diri hingga jenuh berkepanjangan pun tidak baik. Kejenuhan juga dapat menurunkan produktivitas kerja dan membuat karirmu tak menanjak.

     

    Beberapa cara menghilangkan kejenuhan di kantor di atas bisa kamu coba. Bila masih bisa dipertahankan, usahakanlah untuk mencari semangat baru di pekerjaan lamanu. Sebagai inspirasi, kamu juga bisa mengintip aktivitas pekerjaan Mirsya Budiarsi melalui akun Instagramnya di @mamaberry. Semoga bermanfaat!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.