x

Iklan

perry como

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kedamaian di Gaza Tergantung Hamas dan Otoritas Palestina

Kedamaian di Gaza secara berkelanjutan sangat bergantung bagaimana kesepakatan dan rekonsiliasi antara Hamas dengan Otoritas Palestina

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selama beberapa bulan terakhir telah terjadi aksi saling serang antara Israel dengan Hamas. Dalam 1 bulan terakhir saja lebih dari 500 roket dan mortir telah ditembakan oleh Hamas ke dalam wilayah Israel dan beberapa kali pengeboman dilakukan oleh Israel terhadap sekitar 160 target yang dicugai sebagai basis-basis/ aset strategis Hamas di Wilayah Gaza. Aksi saling serang ini telah memakan korban dari ke dua belah pihak, sekitar 8 orang Palestina meregang jiwa (termasuk salah satu komandan Hamas) dan 1 orang diduga Komandan Pasukan Khusus Israel.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Situasi buruk di Gaza ini diperparah oleh keadaan perekonomian yang sedang mengalami krisis di Gaza dimana salah satu penyebabnya adalah karena adanya sanksi yang dikenakan oleh otoritas Palestina dalam bentuk pemotongan anggaran  untuk gaji pegawai Otoritas Palestina dan putusnya bantuan pasokan solar/diesel.  Sementara itu pihak Hamas sangat menentang sanksi tersebut dan meminta Otoritas Palestina dicabut serta memberikan akses tidak terbatas melalui laut.

 

Hal ini menjadi salah satu alasan Israel menyetujui adanya gencatan senjata dengan Hamas agar pengiriman bantuan keuangan dari Qatar untuk membayar gaji dan bantuan minyak solar/diesel untuk pasokan listrik dapat dilakuan. Dengan demikian akan cepat memulihkan situasi kemanusiaan di sana. Namun dilain pihak, walaupun sudah terjadi gencatan senjata, Hamas tetap mendukung aksi-aksi demonstrasi dengan kekerasan dan penggunaan balon pembakar disepanjang perbatasan.

 

Jalan menuju penyelesaian permusuhan antara Palestina dan Israel di Gaza, nampaknya masih membutuhkan proses yang rumit.  Di satu sisi, pihak Israel nampaknya bersedia mengakhiri kekerasan dengan Palestina, namun disisi lain ternyata di internal Palestina sendiri (Otoritas Palestina dan Hamas) belum terjadi kesepakatan dan tercapai rekonsiliasi diantara kedua kelompok berpengaruh tersebut.  

 

Nampaknya, situasi kondusif dan damai di Gaza secara berkelanjutan sangat bergantung bagaimana kesepakatan dan rekonsiliasi antara Hamas dengan Otoritas Palestina di Gaza yang mempunyai kepentingan berbeda dalam hal bagaimana mengontrol dan mengelola Gaza. Selain itu, Pembiaran dan dukungan Hamas terhadap kekerasan disepanjang perbatasan dan sanksi oleh Otoritas Palestina akan memperburuk situasi ekonomi dan merusak upaya untuk penyelesaian permusuhan secara berkelanjutan.

Ikuti tulisan menarik perry como lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler