x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Babinsa Koramil 0815/04 Puri Dampingi Petani Di Tujuh Lokasi

Mojokerto, - Dalam rangka mengoptimalkan percepatan tanam di wilayah binaan, Koramil 0815/04 Puri mengerahkan para Babinsa melakukan pendampingan terhadap

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Dalam rangka mengoptimalkan percepatan tanam di wilayah binaan, Koramil 0815/04 Puri mengerahkan para Babinsa melakukan pendampingan terhadap petani dalam pengolahan lahan di tujuh lokasi berbeda di wilayah Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kali ini, Jum’at (28/12/2018) Serda Akhmad Subandi membantu petani memindahkan bibit padi di lahan milik Imron, Poktan Tani Rahayu -1 Dusun Karangmojo Desa Kenanten.  Di lokasi ini, bibit padi varietas Ciherang berumur 20 hari yang sudah dicabut (Ndaut) dan dalam bentuk ikatan dipindahkan ke lokasi yang dipersiapkan untuk tanam seluas satu hektar.  

Berikutnya di lokasi kedua, Kopda Rahadi Santoso melakukan pendampingan pengolahan lahan milik H. Suyoto, Poktan Sumber Rejeki-IV Dusun Sumput Desa Medali. Di lahan seluas 0,5 hektar ini, pengolahan lahan dilakukan dengan menggunakan satu unit hand tracktor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan serupa ini, juga berlangsung di lahan seluas satu hektar milik Kayat, Poktan Marsudi Tani-1 Dusun Tegalsari Desa Puri dengan dibantu Babinsa setempat, Peltu Tri Pemilu.  Di area persawahan ini, kegiatan pengolahan lahan untuk persemaian dilakukan secara manual.

Untuk diketahui, selain di tiga lokasi di atas, kegiatan pendampingan juga berlangsung di empat lokasi lainnya, yakni di Dusun Sumbertugu Desa Tangunan, Dusun Mlaten Desa Mlaten, Dusun Kemas Desa Ketemasdungus dan Dusun Karangwungu Desa Kenanten dengan didampingi Babinsa setempat.    

Terpisah Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini bertujuan untuk memotivasi dan membantu kelancaran petani dalam proses produksi demi ketersediaan pangan di wilayah.

“Melalui pendampingan ini, diharapkan para Babinsa, PPL, kelompok tani dan petani, secara bersama-sama mampu meningkatkan produksi pertanian guna terwujudnya swasembada pangan yang akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani,” tandas Danramil.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler