x

Iklan

yoyo tuna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tahun Baru dan Pemimpin Baru

Kini Indonesia menyongsong tahun baru yakni 2019. Apakah pemerintahan Jokowi bisa membawa perubahan yang lebih baik ke depan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun 2018 baru saja berlalu. Kini Indonesia menyongsong tahun baru yakni 2019. Apakah pemerintahan Jokowi bisa membawa perubahan yang lebih baik ke depan?

Pertanyaan diatas setidaknya mewakili suara masyarakat tanah air. Dengan harapan, di tahun 2019 Indonesia akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Jikapun tidak ada, rakyat sendiri yang akan menentukan pilihan nasib bangsa melalui pesta demokrasi pada 17 April mendatang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suka tidak suka, jabatan Presiden harus dilepas Jokowi di bulan Oktober tahun ini.

Melalui pemilihan Presiden, calon rival dari Jokowi yakni, Prabowo –Sandi berpeluang menang memimpin Indonesia untuk periode 2019 hingga 2024.

Kita semua tahu, Jokowi akan menyerahkan jabatannya tersebut kepada Presiden baru yang terpilih di tanggal 20 Oktober tersebut. Yang berarti, Jokowi benar-benar harus bisa meyakinkan masyarakat membawa perubahan ke yang lebih baik.

Jika tidak bisa, dipastikan serah terima tersebut bakal terjadi. Dan jabatan Presiden akan diambil oleh pasangan calon Presiden dan wakil Presiden nomor urut 02.

Kenangan suram di tahun lalu biarkan terkikis dengan sendirinya. Melalui pemerintah baru diharapkan bangsa ini bisa menjadi lebih baik untuk lima tahun ke depan.   

Tujuanya hanya satu, membawa negara ke yang lebih baik dibanding pemerintahan sekarang.  

Tak hanya rakyat jelata. Sekelas elit politik pun geram dengan pola kerja Joko Widodo Cs. Termasuk kebijakan-kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang dianggap merugikan masyarakat.

Oleh sebab itu, partai oposisi memutar otak untuk membuat kebijakan yang dianggap menguntungkan masyarakat.

Berbagai strategi diatur. Gerak cepat pun diambil, salah satunya berasal dari Partai Demokrat.

Oleh sang Ketua Umum, hal ini Susilo Bambang Yudhoyono dengan cepat membantu pasangan Prabowo-Sandi untuk menang di Pilrpres paska perusakan alat Peraga Kampanye milik Demokrat.

Berbagai manufer politik pun dikendalikan sang ketua umum. Awalnya hanya berfokus kepada elektabilitas PD di pemilihan legislatif, kini berubah untuk membantu pasangan capres nomor 02 menang di pilpres.   

Manufer politik Partai Demokrat patut diacungi jempol. Kenapa? Karena sebagai partai besar dan berpengalaman berkuasa selama sepuluh tahun, telah mengetahui kebutuhan masyarakat tanah air.

Terlebih dengan kebijakan penguasa yang sangat tidak membantu masyarakat empat tahun belakangan ini.

Oleh sebab itu, strategi politik partai Demokrat melalui 14 prioritas Demokrat untuk rakyat perlu kita apresiasi guna membantu pemerintah kabinet Prabowo-Sandi menjalankan roda organisasi pemerintahan lima tahun kedepan.

Dengan begitu, Demokrat akan langsung berusaha mewujudkan 14 prioritas itu bersama paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bila berhasil menang pada pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019.

Terlebih kebijakan-kebijakan yang diambil Jokowi terlalu liberal dan tak memerhatikan kepentingan rakyat.

Oleh itu, penulis kembali mengingatkan keunggulan 14 prioritas Demokrat untuk rakyat, adalah bentuk respons atas kebijakan Jokowi yang bertentangan dengan prioritas rumusan dari partai besutan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Penulis mengibaratkan sebagai kolaborasi partai. Antara partai pendukung dengan partai penguasa yakni Gerindra kedepannya.

Agar membawa perubahan bangsa ke yang lebih baik. Tak hanya ekonomi, tapi berbagai bidang diharapkan akan segera membaik.

Bahwa prioritas pertama partai berlambang bintang mercy itu adalah menciptakan lebih banyak lapangan kerja, termasuk untuk kaum milenial dan perempuan, serta batasi tenaga kerja asing. 

Prioritas Demokrat selanjutnya di antaranya mengelola keuangan dan tingkatkan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan mengutamakan golongan kurang mampu, memberikan subsidi listrik untuk golongan kurang mampu dan menyediakan secara cukup Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium.

Kemudian mempertahankan subsidi pupuk untuk petani dan setop impor pangan ketika musim panen, hingga melanjutkan dan meningkatkan program pro rakyat SBY, seperti Dana BOS, Bidik Misi, BPJS, bantuan lansia, disabilitas dan bencana, PKH, beras untuk keluarga miskin, BLT/BLSM, KUR, PNPM dan lainnya untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

 

Ikuti tulisan menarik yoyo tuna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB