x

Iklan

anggit aisyah fajriyanti mahasiswi prodi S1 akuntansi unissula semarang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Seberapa Pentingkah CSR Bagi Sebuah Perusahaan

CSR kepanjangan dari corporate social responbility yang artinya tanggung jawab sosial sebuah perusahaan kepada lingkungan sekitar perusahaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seberapa Pentingkah CSR pada Sebuah Perusahaan?

CSR adalah kependekan dari Corporate Social Responsibility, suatu istilah yang cukup sering didengar terutama untuk seseorang yang bekerja dibawah naungan sebuah perusahaan. CSR dilakukan di hampir semua perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar. Namun sebenarnya apa itu CSR?

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, CSR atau Corporate Social Responsibility, artinya adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Sedangkan arti luasnya adalah sebuah konsep yang dilakukan oleh sebuah perusahan sebagai bentuk rasa tanggung jawabnya kepada lingkungan dan penduduk sekitar dimanapun perusahaan tersebut didirikan. Contohnya adalah melakukan kegiatan yang bertujuan mendukung kesejahteraan hingga memberikan beasiswa bagi anak – anak tidak mampumasyarakat sekitar misalnya.

Apapun kegiatan atau langkah yang dilakukan suatu perusahaan untuk masyarakat sekitar, itulah arti dari CSR itu sendiri. Hal ini dikarenakan, suatu perusahaan tidak hanya mengemban tanggung jawab terhadap pemegang saham dan karyawan dan target yang telah ditetapkan perusahaan itu sendiri, namun juga tanggung jawab kepada lingkungan sekitarnya termasuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagian besar perusahaan menganggap CSR adalah tugas pemerintah sekaligus tugas perusahaan namun ada juga, meski sedikit, yang menganggap CSR adalah tugas wajib pemerintah namun tidak wajib dilakukan oleh perusahaan. Namun sebaiknya perusahaan tetap membuat dan mengimplementasikan program CSR mereka untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Karena tidak sedikit dampak negative yang dihasilakn perusahaan untuk penduduk dan lingkungan sekitarnya. Jika suatu perusahaan tidak bertanggung jawab atas komunitas sekitarnya, maka masyarakat yang tinggal didaerah terkait tidak akan tinggal diam dan melakukan beberapa aksi yang merugikan perusahaan.

Keraf (1998) mengungkapkan bahwa perusahaan harus memiliki keterlibatan sosial ke komunitas sekitarnya, karena: (1) Kebutuhan dan harapan masyarakat sekitar terus berubah. Masyarakat semakin peka dan kritis melihat kondisi sekitar merekatermasuk produk yang akan dibeli. Untuk itu, suatu perusahaan tidak hanya bisa berorientasi pada besar kecilnya profit namun juga bagaimana mereka memenuhi kebutuhan masyarakat.(2) Karena semakin terbatasnya sumber daya alam, suatu perusahaan tidak bisa hanya mengambil sumber daya alam sekitar mereka untuk hal produksi, namun mereka harus ikut serta dalam pelestariannya. (3) Semakin baik lingkungan sosial terjaga, maka terjagalah juga bisnis yang ada. (4) Tanggung jawab dan kekuatan yang dimiliki perusahaan. Kekuasaan yang besar harus diimbangi dengan tanggung jawab kepada masyarakat yang besar juga. Karena jika tidak diimbangi, bisnis itu dapat merusak masyarakat sekitarnya. (5) Dengan rasa tanggung jawab sosial yang besar maka akan tercipta iklim sosial dan politik yang kondusif dan postif. Sehingga bedampak pada kelangsungan bisnis jangka panjang.

Melihat paparan Keraf seperti tersebut diatas, jelas sudah seberapa besar pentingnya sebuah perusahaan untuk melakukan CSR.

Ikuti tulisan menarik anggit aisyah fajriyanti mahasiswi prodi S1 akuntansi unissula semarang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu