x

Iklan

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Resep dan Cara Membuat Pancake Durian yang Istimewa

Selain disantap langsung, buah durian juga bisa diolah menjadi pancake. Pancake durian menjadi salah satu jajanan yang saat ini banyak diminati.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang yang suka buah durian dan ada juga yang tidak suka buah durian. Selain disantap langsung, buah durian juga bisa diolah menjadi pancake. Pancake durian menjadi salah satu jajanan yang saat ini banyak diminati. Selain populer di kota besar, jajanan yang satu ini ternyata mulai dikenal ke seluruh penjuru nusantara. Saat ini sudah banyak penjual pancake durian. Namun, untuk menikmatinya sebenarnya anda tidak perlu membelinya, karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep dan cara membuat pancake durian itu sendiri cukup praktis dan cara membuatnya mudah sehingga anda bisa mengikutinya tanpa kerepotan.

Nah, anda penasaran dan ingin tahu seperti apa resep dan cara membuat pancake durian yang istimewa? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung saja simak pada pembahasan berikut ini.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pancake Durian

  • 250 gram tepung
  • 550 ml santan kental
  • 25 ml krim kocok
  • 2 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • 500 gram durian
  • 1/4 teh pasta pandan

Cara Membuat Kulit Pancake Durian

  1. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah anda siapkan, anda bisa mulai untuk mengolahnya. Langkah yang pertama yaitu membuat kulit pancake.
  2. Silahkan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan tepung terigu ke dalam wadah tersebut. Tambahkan garam dan aduk-aduk sampai merata.
  3. Selanjutnya, silahkan masukan telur satu persatu ke dalam adonan. Lalu aduk-aduk perlahan dan merata dengan menggunakan pengocok. Aduk sampai semuanya tercampur rata.
  4. Apabila semua bahan-bahan sudah tercampur rata, silahkan tambahkan santan kental yang sudah anda siapkan. Lalu aduk kembali adonan dengan perlahan dan merata. Saat mengaduknya pastikan adonan merata dan tidak menggumpal.
  5. Langkah selanjutnya, masukan pasta pandan yang sudah anda siapkan ke dalam adonan. Aduk kembali hingga merata.
  6. Siapkan wajan anti lengket. Lalu olesi wajan tersebut dengan menggunakan mentega atau margarin yang sebelumnya sudah anda siapkan. Oleskan dengan merata ke semua permukaan wajan.
  7. Setelah itu, silahkan ambil adonan yang sudah anda buat tadi sebanyak kurang lebih 50 ml. Lalu tuangkan di atas wajan. Anda bisa meratakan adonan tersebut sampai membentuk dadar tipis.
  8. Tunggu selama beberapa saat hingga matang atau selama kurang lebih 2 menit.
  9. Anda bisa mengulangi cara ini hingga semua adonan habis. Jika semua kulit pancake sudah jadi, anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu sampai dingin sebelum diisi dengan durian.

Cara Membuat Pancake Durian

  1. Silahkan ambil selembar kulit pancake, lalu isi dengan krim kocok. Setelah itu, ratakan sampai tipis.
  2. Kemudian, silahkan tambahkan daging durian yang sebelumnya sudah anda haluskan. Lalu isian tersebut dibungkus dengan menggunakan kulit pancake. Anda bisa melipat kulit membentuk amplop. Setelah itu, anda bisa merapatkannya.
  3. Silahkan lakukan cara yang sama sampai semua adonan habis.
  4. Jika semua pancake selesai dibuat, anda tinggal memasukan pancake tersebut ke dalam lemari dingin supaya pancake mengeras dan rasanya semakin segar.
  5. Apabila sudah dingin, anda bisa langsung menyajikannya untuk keluarga di rumah.

Jika anda sudah berhasil membuat pancake durian, anda  bisa membuat pancake lainnya yang lebih lezat. Anda bisa membuat variasi isinya dan warna kulit pancake disesuaikan dengan selera.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Demikian resep dan cara membuat pancake durian yang lezat dan nikmat. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Kris Santi Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler