x

Iklan

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ketahui Sungai Terpanjang di Indonesia Berikut

Di Indonesia itu sendiri terdapat beberapa sungai terpanjang. Nah, berikut ini 5 sungai terpanjang yang ada di Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sungai merupakan aliran air yang mengalir mulai dari hulu hingga ke hilir. Indonesia memiliki banyak sungai, dari mulai sungai yang berukuran kecil hingga sungai yang berukuran besar. Sungai itu sendiri ada beberapa jenis yakni sungai permanen, sungai episodik, sungai periodik dan sungai ephemeral.

Sungai permanen biasanya memiliki debit air yang tetap sepanjang tahun, serta merupakan sungai besar. Aliran air dari sungai ini asalnya dari gunung sampai bermuara di laut. Sungai bisa menjadi jalur transportasi dan menjadi sumber kehidupan untuk masyarakat yang ada di sekitarnya. Di Indonesia itu sendiri terdapat beberapa sungai terpanjang. Nah, berikut ini 5 sungai terpanjang yang ada di Indonesia.

Sungai Terpanjang di Indonesia

5 sungai yang memiliki predikat sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Nah, untuk anda yang ingin tahu Sungai Terpanjang di Indonesia, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Sungai Kapuas

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sungai Kapuas terletak di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Panjang dari sungai Kapuas ini hingga 1.143 km. Air di sungai yang satu ini berasal dari mata air Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. Sungai ini melewati cukup banyak daerah sehingga tak heran jika sungai Kapuas dijadikan jalur transportasi untuk kendaraan air.

Memiliki predikat sebagai sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas ini dalam berbagai hal memiliki potensi yang besar. Salah satunya yaitu potensi perikanan. Di sungai ini diketahui terdapat sekitar 700 jenis ikan , 12 jenis ikan langka dan ikan yang terancam punah sekitar 40 jenis ikan.

2. Sungai Mahakam

Sungai ini bermuara di selat Makasar dan merupakan sungai terpanjang yang ada di Kalimantan Timur. Panjang dari Sungai Mahakam itu sendiri mencapai 920 km yang melintang dari Kab. Kutai Barat yang merupakan hulunya dan sebagai hilir bermuara di Samarinda. Di Sungai Mahakam ini ada spesies pesut Mahakam yang menjadi salah satu spesies ikan air tawar yang hampir punah. Sungai ini menjadi sumber kehidupan untuk masyarakat yang hidup di sekitarnya dari mulai transportasi hingga ekonomi.

3. Sungai Barito

Sungai Barito merupakan sungai yang mengalir dari Kalimantan Tengah hingga ke Kalimantan Selatan. Panjang dari sungai ini mencapai 830 km. Zaman dulu sungai ini dijuluki dengan Sungai China. Nama tersebut diambil karena aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh orang Tionghoa ketika era tersebut. Di sungai ini terdapat pasar apung, dimana masyarakat sekitar melakukan jual beli di sungai ini.

4. Sungai Batang Hari

Sungai Batang Hari memiliki panjang hingga mencapai 800 km. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Sumatera dan sungai terpanjang ke 4  di Indonesia. Mata air dari Sungai Batang Hari ini berasal dari Gunung Rasan. Berdasarkan sejarah, Sungai Batang Hari memiliki kaitan erat dengan perkembangan peradaban melayu.

5. Sungai Musi

Sungai Musi berada di Sumatera Selatan. Sungai Musi menjadi sungai terpanjang di Pulau Sumatera setelah Sungai Batang hari. Kota Palembang terbelah menjadi dua bagian oleh Sungai Musi. Seberang ilir berada di utara dan seberang ulu berada di selatan. Sungai Musi ini memiliki panjang sekitar 750 km. Sama seperti di Kalimantan, Sungai Musi ini dijadikan sebagai jalur transportasi oleh masyarakat di sekitar.

Itulah 5 sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

Ikuti tulisan menarik Kris Santi Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB