Surga Liburan Di Kaki Gunung Salak Bogor - Travel - www.indonesiana.id
x


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • Surga Liburan Di Kaki Gunung Salak Bogor

    Dibaca : 684 kali

    Tahukah Anda? Gunung Salak Bogor tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta, sekitar 70 km saja. Sayangnya, banyak petualang atau wisatawan yang belum tahu. Ada segudang “surga liburan” di kaki Gunung Salak Bogor. Berwisata ke Gunung Salak bukan hanya menawarkan sensasi kesejukan udara. Tapi juga keindahan alam yang menarik sehingga mampu mengusir stress dan kepenatan akibat aktivitas kerja.

     

    Apalagi di zaman now, wisata kulineran atau jalan-jalan. Tanpa diimbangi petualangan ke alam bebas yang menantang rasanya kurang keren. Sambil olah raga, tes fisik, bersepeda bahkan tracking rute pegunungan pun bisa dilakoni saat berwisata di Kaki Gunung Salak Bogor. Belum lagi buat Anda yang suka posting di medsos. Objek-objek alamiah yang instagramable bisa direguk saat menyusuri “surga liburan” di Kaki Gunung Salak.

     

    Buat Anda yang hobby gaya hidup alamiah, berbasis keindahan alam, melancong dan berpetualang ke kawasan Kaki Gunung Salak Bogor sepertinya harus jadi kewajiban. Karena Bogor bukan cuma dikenal sebagai kota hujan semata. Tapi di Kaki Gunung Salak Bogor tersimpan beragam destinasi wisata yang layak jadi incaran Anda bersama keluarga atau teman-teman. Kenapa enggak gitu lho? Apalagi lokasinya gak jauh dari Jakarta.

     

    Wisata ke Kaki Gunung Salak, topiknya gak bisa dilepaskan dari “Rekreasi Sambil Mereguk Alam Dengan Sensasi Humanisme”. Sekali jalan rekreasi, Anda bisa menikmatik keindahan alam sambil menoleh kehidupan sosial yang ada di sekitar obejk wisata.

     

    Dari Jakarta sambil menyusuri jalan tol hingga Kota Bogor lalu menuju kawasan Kaki Gunung Salak, yang sering dikenal kawasan Curug Nangka, ada beberapa “surga liburan” yang bisa jadi alternatif petualangan Anda dan keluarga di akhir pecan atau saat liburan panjang. Lalu, apa saja “surga liburan” di Kaki Gunung Salak yang bisa dikunjungi?

     

    1.   Curug Nangka, Sambil Hiking Menuju Air Terjun

    Curug Nangka itu air terjun yang untuk menggapainya harus menyusuri aliran sungai. Terletak di kawasan kehutanan yang sejuk lagi adem, Curug Nangka bisa jadi rute hiking atau tracking di medan pegunungan yang tidak terlalu berat. Tempat ini berada di ketinggian 750 mdpl dan mampu memberi sensasi bagi Anda yang punya jiwa petualang. Ada banyak curug-curug lainnya di kawasan ini, termasuk jajanan murah meriah yang bikin liburan Anda berkesan. Apalgi buat Anda yang stress atau penat, istirahat sambil memejamkan mata 10 menit maka “ketenangan” pasti menghampiri Anda.

     

    2.   Curug Luhur, Air Terjun Peredam Galau

    Sekitar 15 menit dari Curug Nangka, Anda bisa melanjutkan petualangan alam ke Vurug Luhur, sebuah sensasi air terjun yang bisa meredam rasa galau. Karena Curug Luhur cukup legendaris sejak dulu dan pilihan liburan yang tepat untuk mengusir penat dan rasa galau. Apalagi buat yang baru diputusin pacar. Selain pemandangan alam yang indah, air yang dingin, dan angin yang sejuk, Curug Luhur bisa jadi alternatif liburan di Kaki Gunung Salak yang menenangkan. Kapan lagi Anad bisa menikmati cipratan air terjun yang dihembus angi saat ada di bawahnya, sambil menikmati gorengan hangat. Itu hanya ada di Curug Luhur.

     

    3.   Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Hutan yang Sejuk

    Taman Nasional Gunung Halimun Salak boleh dibilang sebagai “surga liburan” di Kaki Gunung Salak yang paling lengkap. Selain kawasan hutan yang indah dan sejuk, Gunung Halimun Salak punya banyak spot yang menarik seperti hutan pinus yang instagramable, curug-curug yang lumayan untuk “membasahi tubuh”, di samping masih banyak lagi objek wisata di sini, seperti kawah ratu, curug cigamea, hotel dan penginapan, outbound, serta objek wisata alam yang sensasional. Pepohonan yang membentang luas di kawasan ini pasti mampu mengusi penat dan stress yang dialami, apalagi bisa berhenti sejenak di warung-warung untuk jajan sambil menghirup udara segar dan bersih yang menyehatkan.

          

    4.   Pura Parahiyangan Agung Jagatkarta, Potret Toleransi Sosial

    Pura Agung Jagatkarta, konon dianggap  pura terbesar di luar Pulau Bali yang kini menjadi objek wisata. Berlokasi di Desa TamanSari, Kaki Gunung Salak Bogor, Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu yang berada di lahan seluas 3,5 hektar di titik ketinggian yang lumayan curam. Wisatawan bisa berkunjung ke Pura Parahiyangan Agung Jagatkarta pada waktu tertentu. Namun bila tidak bisa masuk pun dapat menikmati keindahan alam di area parkirnya sambil meneguk secangkir kopi hitam.

     

    5. Kampung Salaka, Sensasi Berdiri di Ketinggian

    Kampung Salaka merupakan surga liburan yang paling nge-hits buat anak-anak muda. Tempatnya berada di ketinggian di Kaki Gunung Salak, setelah Pura Parahiyangan Agung Jagatkarta. Di sini, Anda bisa menikmati sensai “berdiri” di ketinggian sambil menatap kota Bogor dan panorama “puncak” yang indah. Apalagi di malam hari, kerlap-kerlip warna lampu di kejauhan memneri sensai malam Anda yang sangat indah namun tetap hening dan dingin. Tidak jarang kabut gunung menghampiri saat ada di sini. Kampung Salaka pun punya spot-spot foto yang jadi incaran petualang atau wisatawan biar bisa langsung “update status”. Salah satunya ada spot “bukit cinta” yang sering dijadikan ikon Kampung Salaka.

     

    6. TBM Lentera Pustaka, Tegaknya Tradisi Baca Anak-Anak Kampung

    Tidak jauh dari Pura Parahiyangan agung Jagatkarta dan Kampung Salaka, persisnya pas ada Masjid di pinggir jalan, terdapat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka, sebuah taman bacaan yang menjadi sentra tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah.  TBM Lentera Pustaka merupakan satu-satunya taman bacaan resmi di Kaki Gunung Salak Bogor yang dikenal kreatif dan inovatif dalam membangun tradisi baca anak-anak di zaman now yang kian luntur dari buku bacaan. Taman bacaan ini layak menjadi “surga liburan” bagi Anda yang memiliki kepedulian terhadap tegaknya busaya baca anak-anak sambil ber-interaksi dengan anak-anak untuk berbakti sosial, berdialog atau sharing informasi agar anak-anak di kampung ini getol membaca dan belajar sehingga “terbebas” dari putus sekolah. Tiap hari Minggu, TBM Lentera Pustaka yang terletak di Kampung Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari ini selalu menggelar “Laboratorium Baca” dan “Kelas Pemberantasan Buta Huruf” GEBER BURA bagi ibu-ibu dan bapak-bapak yang belum bisa baca dan tulis.

     

    Membaca dijadikan kegiatan yang menyenangkan di TBM Lentera Pustaka. Karena anak-anak dapat membaca di sungai, di kebun, atau di jalan sambil senam literasi. Saat ini pun, TBM Lentera Pustaka tengah mengembangkan “Kawasan Zona Baca Hijau-1.000 tamaman polybag”, di samping tengah studi penjajakan untuk “Wisata Literasi Lentera Pustaka” sebagai wisata alternatif yang edukatif berbasis membaca buku sambil melakukan perjalanan menyusuri sungai dengan spot-spot foto yang menarik. Di sini, Anda dapat melatih kepedulian dan interaksi sosial bersama anak-anak dan masyarakat sekitar. TBM Lentera Pustaka ini didirikan oleh Syarifudin Yunus, dosen Unindra yang tengah menempuh studi S3 di Pascasarjana Unpak dan alumni UNJ peraih “UNJ Award 2017”.

     

    Anda dan kita semua, tentu dapat menjadikan kawasan Kaki Gunung Salak Bogor sebagai alternatif “surga liburan”, baik sendiri, dengan pasangan, dengan keluarga atau dengan teman-teman. Di Kaki Gunung Salak, Anda bisa liburan sambil berpetualang, hiking, menikmati keindahan alam nan sejuk dan menenangkan. Bukan hanya menarik dan sensasional, Kaki Gunung Salak Bogor pun mampu “menghujani” Anda dengan udara yang sejuk hingg bisa membuat Anda betah dan ingin berlama-lama.

     

    Memang, pesona alamiah tidak bisa dan tidak mungkin didustakan. Alami dan apa adanya selalu ada di Kaki Gunung Salak Bogor.

     

    Ketahuilah, saat kita tersadar dan pergi berpetualang maka di situ ada cara terbaik untuk belajar. Yukk, liburan ke alam biar tetap alami… #TBMLenteraPustaka #KakiGunungSalakBogor #SurgaLiburanGunungSalak

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.