x

Iklan

Hamzah Zhafiri Dicky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Integrasi Wisata Joglosemar Harus Untungkan Warga

Pemerintah pusat berencana mengintegrasikan daerah-daerah wisata di Yogyakarta, Solo, dan Semarang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Yogyakarta, Solo, dan Semarang memang sudah tidak asing lagi sebagai daerah tujuan wisata. Tiap tahunnya, baik wisatawan lokal dan internasional, akan memenuhi ketiga kota ini atau daerah sekitarnya untuk berkunjung ke berbagai objek wisata.

Untuk mengakomodir peningkatan jumlah wisatawan, ada rencana dari pemerintah pusat untuk mengintegrasikan ketiga kota ini. Awalnya diawali dengan integrasi kawasan Borobudur, Yogyakarta, Prambanan.

Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Leonardo Teguh Sambodo mengatakan Pemerintah Pusat akan mempercepat pembangunan di 10 destinasi wisata prioritas yang ditetapkan. Salah satu kawasan destinasi yang prioritas poros Borobudur-Jogja-Prambanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Pengembangan ini ditujukan untuk destinasi wisata yang dinilai siap, tujuannya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,” jelas Teguh usai bertemu Gubernur DIY Sultan HB X di Kepatihan, Jumat (8/2).

Menurut Teguh, perumusan master plan destinasi wisata prioritas Borobudur-Jogja-Prambanan merupakan titik awal untuk cakupan yang lebih luas. Pasalnya ada rencana untuk mengintegrasikan wisata di kawasan Jogja-Solo-Semarang (Joglo Semar). "Pengembangan infrastruktur mana yang paling efisien dan efektif, baik yang menunjang pergerakan wisatawan maupun yang bisa memberikan manfaat seimbang bagi kedua provinsi,” katanya.

Tentu saja ini berita baik bagi pelaku usaha di ketiga kawasan ini, dan daerah sekitarnya yang memiliki objek wisata. Dengan dibangunnya infrastruktur penunjang untuk integrasi wisata ketiga kota ini, tentu akan mempermudah pergerakan wisatawan, dan seiring waktu menambah jumlah kunjungan wisatawan juga.

Namun begitu, rencana ini pun meninggalkan catatan yang penting juga. Menurut seorang tokoh lokal di Yogyakarta, Bambang Soepijanto, peningkatan pariwisata juga harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan warga sekitar. Masyarakat, terutama warga sekitar, harus turut merasakan manfaat atas peningkatan kunjungan wisatawan.

Untuk itu, tiap objek wisata yang menjadi tujuan, serta pelaku usaha yang terlibat, harus berpartisipasi membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Jika kemudian ada kendala dengan kapabilitas kerja, pelaku usaha juga bisa memberi ruang untuk memasarkan produk UMKM warga sekitar.

Dengan begitu, Bambang Soepijanto yang merupakan calon anggota DPD DIY ini berharap, meningkatnya wisatawan dapat berdampak koheren dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

Ikuti tulisan menarik Hamzah Zhafiri Dicky lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB