x

Iklan

Amran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kembali Beredar Video Hoaks Dukungan SBY Kepada Jokowi

Beredar video hoaks SBY dukung Jokowi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada rentang bulan September 2018 lalu, beredar video hoaks yang menampilkan cuplikan pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang seolah-olah mendukung paslon capres-cawapres no urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Padahal potongan video tersebut sebenarnya merupakan potongan video dukungan SBY untuk Pilkada tahun 2015. Video hoaks itu langsung dibantah Partai Demokrat dengan memperlihatkan cuplikan video aslinya.

Kali ini, video hoaks terkait dukungan SBY terhadap palon capres-cawapres nomor urut 01 kembali muncul. Disebar melalui media sosial dan pesan-pesan pribadi. Video berdurasi 38 detik itu dibuat seolah-olah benar adanya dengan menampilkan logo media berita CNN dipojok kirinya dan dituliskan berita terkini agar lebih meyakinkan.

Dalam video haoks tersebut, ditampilkan SBY yang mengenakan baju batik coklat berlengan panjang, seakan menginstruksikan dukungan kepada paslon nomor urut satu. Sepanjang cuplikan video tersebut juga dimunculkan sosok Joko Widodo selama SBY memberikan arahan. Video hoaks ini tentunya dapat menyesatkan publik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fakta sebenarnya adalah, cuplikan pernyataan SBY itu dipotong dari video dukungan Partai Demokrat kepada pasangan nomor urut 1 di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Jika kita ingin melihat bukti forensiknya, dapat kita cocokkan video hoaks tersebut dengan video yang di posting di youtube oleh SBY & Demokrat for Indonesia yang dipublikasikan tanggal 23 Juni 2018.

Pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan elektoral di atas tingginya tingkat kesukaan publik terhadap SBY tentunya tidak dapat dibenarkan. Apalagi dengan cara-cara yang menipu, menyesatkan, dan dapat merusak demokrasi.

Video hoaks tentang dukungan SBY ini sungguh sangat ‘biadab’. Di tengah kondisi SBY yang absen sementara dari panggung politik tanah air demi menemani sang istri yang terbaring sakit, masih saja ada pihak-pihak yang mempolitisasi SBY dengan isu hoaks. Ini tentu saja tidak dapat dibaiarkan.

Besar harapan pihak kepolisian bisa dengan cepat bertindak dan mengambil tindakan tegas atas penyebar video hoaks tersebut. Secepat kepolisian menangani kasus Ahmad Dhani, kasus Rocky Gerung, dan kasus-kasus pihak yang berseberangan dengan pemerintah hari ini.

Ikuti tulisan menarik Amran lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB