x

Iklan

mila karmila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

8 Makanan Yang Meningkatkan Mood Anda Saat Dingin Di Luar

Bulan-bulan yang lebih dingin semakin dekat dan hari-hari kita semakin pendek dan semakin gelap. Semakin sedikit matahari yang kita dapatkan,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan-bulan yang lebih dingin semakin dekat dan hari-hari kita semakin pendek dan semakin gelap. Semakin sedikit matahari yang kita dapatkan, semakin buruk kecenderungan kita untuk merasakan. Banyak dari kita menderita gangguan afektif musiman dan menjadi sangat sedih, lesu, dan depresi karena kita tidak mendapatkan cukup sinar matahari dan tubuh kita berjuang untuk menghasilkan cukup serotonin, atau dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Selain itu, selama bulan musim dingin tubuh kita juga berjuang dengan produksi melatonin, hormon yang membantu kita mengatur tidur kita dan dapat mempengaruhi suasana hati kita juga. Secara keseluruhan, banyak orang akhirnya merasa lelah dan murung selama musim dingin. Namun ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkannya. Mari kita mulai dengan makan makanan yang tepat, yang dapat membantu meningkatkan mood Anda di hari yang dingin.

1.Kunyit

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut psikiater tanaman ini memiliki efek antidepresan. Dokter telah melakukan penelitian pada pasien di bangsal psikiatrik, memberi mereka 15 g safron atau plasebo setiap hari selama dua bulan. Tiga perempat orang yang menggunakan safron melaporkan peningkatan "kesejahteraan emosional" mereka dibandingkan dengan peserta dalam kelompok plasebo. Para peneliti percaya bahwa efek safron mirip dengan Prozac - meningkatkan konsentrasi serotonin di otak.

2.Biji Labu

 

Biji labu kaya akan triptofan, asam amino yang membantu tubuh Anda memproduksi serotonin. Ini pasti camilan yang baik karena harus meningkatkan mood Anda. Yang terbaik adalah memakannya mentah, dengan cara ini Anda akan mendapatkan semua nutrisi dan vitamin dari mereka. Namun, ketika mereka digoreng, atau dimasukkan sebagai bahan penyedap kacang dan campuran kacang - mereka akan lebih berbahaya daripada baik untuk tubuh Anda.

3.Dark Chocolate

 

Cokelat tidak hanya mengandung triptofan, yang telah kami buat baik untuk Anda, tetapi cokelat juga berkontribusi pada sintesis endorfin dalam tubuh Anda, yang pasti akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Cokelat hitam juga kaya akan vitamin B, magnesium, dan kafein - yang semuanya membantu Anda merasa lebih energik dan ceria. Yang penting adalah makan cokelat yang mengandung setidaknya 70% kakao mentah - sumber nutrisi, jika tidak, itu hanya makanan manis berkalori tinggi yang kemungkinan akan memiliki efek lebih besar pada pinggang Anda daripada suasana hati Anda.

4.Teh Chamomile

Di musim dingin, karena pengurangan jam siang hari, kita menderita fluktuasi dalam ritme sirkadian - jam internal tubuh kita. Karena itu, semakin sulit bagi kita untuk tertidur di malam hari dan tetap aktif di siang hari. Teh chamomile membantu mengatur tidur dan meningkatkan fungsi kognitif tubuh - memori dan persepsi - sepanjang hari. Perasaan lelah, biasa bagi banyak orang selama bulan-bulan musim dingin, akan surut, yang akan segera memengaruhi kesejahteraan Anda dan mengangkat semangat Anda.

5.Ikan

 

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, trout, dan kerang adalah salah satu sumber utama asam lemak esensial tak jenuh Omega-3. Tubuh kita tidak dapat menghasilkan zat-zat bermanfaat ini sendiri, dan mereka hanya dapat diperoleh dari luar. Omega-3 meningkatkan produksi dopamin dan serotonin dan membantu memperkuat sistem saraf. Konsumsi rutin produk yang mengandung Omega-3 akan membantu Anda merasa jauh lebih baik dan lebih bahagia.

6.Buah dan Sayuran

 

Orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran dan membatasi konsumsi lemak dan permen kurang rentan mengalami depresi daripada mereka yang memiliki gigi manis. Semua karena antioksidan ditemukan dalam makanan nabati segar. Makanan seperti kacang-kacangan, buah jeruk, bayam dan selada romaine kaya akan asam folat, yang merupakan bagian integral dari kesehatan dan kebahagiaan kita. Kurangnya zat ini menyebabkan pengurangan produksi serotonin dan bahkan dapat menyebabkan depresi. Karena itu, konsumsi produk secara teratur yang mengandung asam folat akan membantu meningkatkan kesejahteraan dan suasana hati Anda secara umum.

7.Karbohidrat

 

Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet rendah karbohidrat (hanya 20-40 gram karbohidrat per hari) lebih cemas dan depresi daripada mereka yang mengikuti diet rendah kalori dan tinggi karbohidrat yang terdiri dari biji-bijian, buah-buahan dan kacang-kacangan. Peneliti menghubungkan peningkatan produksi serotonin dengan jumlah karbohidrat yang dicerna.

8.Mustard Perancis

 

Produk lain yang mengandung asam Omega-3 adalah mustard Prancis. Karena itu, menggunakan mustard Prancis dan bukan mayones (yang mengandung Omega-6, yang dapat memiliki efek negatif pada kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah besar), akan menghasilkan peningkatan nyata dalam kesehatan dan suasana hati Anda, plus rasanya lezat.

Ikuti tulisan menarik mila karmila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB