x

Iklan

Thomas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Belajar yang Efektif dengan Mudah Agar Cepat Pintar

Melatih otak agar dapat belajar dengan efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya kami bahas di artikel kali ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat berada di bangku sekolah, mengalami suatu permasalahan dalam mencerna setiap materi pelajaran adalah hal yang lumrah dan kerap dialami oleh banyak orang. Menurut penelitian salah satu kendala yang menyebabkan seseorang kesulitan belajar adalah bertambahnya usia.

Pasalnya usia mempengaruhi penurunan konsentrasi seseorang untuk menyerap segala pemahaman di bangku sekolah. Oleh karenanya banyak orang yang justru bingung mencari cara belajar efektif sebagai stategi untuk memahai konsep baru.

Namun tak perlu bingung, pasalnya kali ini kami ingin berbagai informasi terkait tips belajar yang paling efektif. Kiat sukses belajar yang efektif dengan mudah dan menyenangkan ini akan berdampak bagus pada hasil belajar Anda. Nah, jadi bagi Anda yang penasaran apa saja tips belajar yang efektif dengan mudah tersebut? Inilah penjelasan selengkapnya untuk Anda.

 

Trik Jitu Belajar yang Efektif dengan Mudah dan Menyenangkan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

  

1. Luangkan waktu untuk sejenak berolahraga

Supaya nanti otak mampu bekerja secara maksimal dalam menyerap semua materi dan bahan pelajaran, alangkah lebih baiknya jikalau diawali dengan berolahraga. Tahukah Anda bahwa olahraga tak hanya membuat tubuh bugar sekaligus membantu otak untuk mempersiapkan kinerja dalam menangkap semua pelajaran semata. Namun, dengan berolahraga seperti jogging atau lari dipercaya mampu meningkatkan kemampuan otak seseorang untuk memahami konsep baru. Oleh karenanya sebelum belajar biasakan diri untuk berolahraga.

 

2. Setel Musik

Tips belajar efektif yang mudah dan menyenangkan selanjutnya adalah menyalahan musik. Setiap orang memiliki cara belajar serta kemampuan memahami suatu konsep baru yang berbeda-beda. Ada yang cenderung lebih senang belajar di tempat yang sepi dan sunyi, bahkan tak jarang banyak orang yang lebih memilih mendengarkan musik sembari ia belajar. Tetapi tak ada salahnya untuk mencoba hal baru menyalakan musik ketika sedang belajar. Sebab menurut penelitian beberapa jenis musik mampu menghilangkan stress serta tekanan yang terjadi saat belajar.

 

3. Belajar di Ruangan Terbuka

Ternyata situasi dan kondisi ruangan sangat mempengaruhi kinerja otak dalam menyerap segala materi. Umumnya orang lebih tidak fokus untuk belajar ketika ruangan belajar yang digunakan sangat kotor dan pengap. Tetapi lain halnya dengan belajar di tempat yang memiliki udara yang jernih, hal ini mampu meningkatkan rasa kerjasama pada otak dalam menerima suatu konsep baru. Oleh karenanya upayakan memilih tempat belajar yang bersih dan jernih, selain mampu menjaga kesehatan tentunya juga memberikan rasa tenang pada otak ketika menyerap materi baru.

 

4. Banyak Mengkonsumsi Minuman

Supaya kegiatan belajar yang Anda lakukan lebih efektif, maka pastikan cairan di dalam tubuh Anda sudah terpenuhi dengan baik. Pasalnya kekurangan cairan mampu menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Supaya konsentrasi mampu terjaga dengan optimal Anda bisa menambahkan minuman teh atau kopi. Hal ini disebabkan karena kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi yang dipercaya mampu menjaga dan meningkatkan kreativitas dalam belajar.

 

5. Belajarlah sampai mengantuk

Suatu penelitian mengatakan bahwa seseorang yang belajar sebelum tidur hingga dirinya merasa sangat nagntuk dipercaya akan menguatkan otak tentang hal-hal apa saja yang dipelajari pada saat itu. Meskipun sedikit aneh namun nyatanya tips belajar efektif ini terbukti sangat ampuh.

 

Demikianlah ulasan menarik mengenai tips belajar yang efektif dengan mudah dan menyenangkan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Ikuti tulisan menarik Thomas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler