x

Iklan

nita rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Opsi Investasi Dengan Risiko Sangat Rendah

Opsi Investasi Dengan Risiko Sangat Rendah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seorang pekerja profesional berusia 30-an yang sudah cukup lama menekuni investasi baru-baru ini bertanya: “Adakah sebuah opsi investasi tanpa risiko yang menjamin pokok investasi saya? Oh, dan saya ingin imbal hasil yang cukup baik.”

Anda mungkin salah satu yang paling cepat menjawab: “mimpi kali ya.” Tapi Anda salah.

Risiko merupakan salah satu hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum berinvestasi, terutama kalau Anda adalah seorang investor pemula atau hanya memiliki sedikit modal dan tidak ingin atau tidak bisa kehilangan uang Anda. Namun, bahkan jika Anda seorang investor berpengalaman pun, Anda juga harus memikirkan tentang faktor risiko dari investasi Anda, apalagi jika Anda menginginkan sebuah investasi yang bisa membuat Anda merasa aman dan tanpa rasa khawatir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memang benar bahwa investasi rendah risiko biasanya berarti imbal hasilnya juga rendah, namun ada juga beberapa opsi investasi di Indonesia yang bisa Anda coba yang menghasilkan returns yang cukup baik dan tidak hanya menyia-nyiakan waktu Anda yang berharga.

1. Obligasi Pemerintah

Jenis investasi ini merupakan salah satu yang bisa dibilang paling aman karena pokok dan bunganya dijamin oleh pemerintah dan surat obligasi akan selalu menghasilkan keuntungan pada saat jatuh tempo. Potensi laba dari obligasi dengan tenor 10 tahun yaitu sebesar 6,8%. Tapi jangan lupa Anda harus membayar komisi sekitar 1% saat Anda membeli surat obligasi karena Anda harus membelinya dari bank atau perusahaan manajemen aset.

2. Saham Dividen

Cari tahu perusahaan-perusahaan mana saja yang biasanya membagikan imbal hasil dividen (dividend yield) yang cukup besar. Sebagai contoh, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB), yang sahamnya diperjualbelikan dengan kode “BJBR”, membagikan imbal hasil dividen sebesar 8% di tahun 2015. BJB juga terkenal sebagai salah satu perusahaan yang rajin bagi dividen. Investasi saham memang tidak bebas risiko, namun investor biasanya beranggapan bahwa saham dividen secara umum memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibanding saham lain.

3. Saham Preferen

Bila Anda tertarik berinvestasi di saham, Anda mungkin ingin mencoba membeli saham preferen. Jenis saham ini tidak diperjualbelikan di bursa efek, namun beberapa perusahaan menawarkan jenis saham ini, termasuk PT Unilever Indonesia Tbk. dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Jika perusahaan membagikan dividen, pemegang saham preferen akan mendapatkan bagiannya sebelum pemegang saham umum. Ini juga berlaku jika perusahaan dilikuidasi; pemegang saham preferen akan menerima pembayaran sebelum pemegang saham umum menerima bagiannya.

4. Pinjaman Peer-to-Peer

Pinjaman peer-to-peer kini semakin populer di kalangan investor pemula maupun investor berpengalaman di Indonesia, terutama beberapa tahun belakangan ini. Kelas aset yang terbilang baru ini menawarkan imbal hasil yang jauh lebih tinggi dibanding banyak alternatif investasi lainnya di luar sana.

Platform-platform pinjaman peer-to-peer merupakan sebuah marketplace berisi pinjaman-pinjaman. Mereka menghubungkan peminjam dengan orang-orang yang ingin menginvestasikan uang mereka pada pinjaman-pinjaman tersebut. Salah satu platform yang semakin populer di mata investor Indonesia yaitu Mekar (PT Sampoerna Wirausaha), sebuah platform pinjaman P2P di mana investor dapat berinvestasi pada pinjaman usaha kecil. Mekar menawarkan imbal hasil yang menarik sebesar rata-rata 10% per tahun, jauh lebih besar dibandingkan deposito bank yang biasanya menghasilkan sekitar 4,5% sampai dengan 6,5% per tahun.

Apakah jenis investasi ini sama sekali bebas resiko? Kebanyakan platform akan menjawab, tidak. Peminjam bisa saja gagal membayar kembali pinjaman yang telah Anda danai, dan bila itu terjadi, kemungkinan besar Anda akan kehilangan uang Anda. Tapi tidak jika Anda berinvestasi melalui Mekar.

Saat Anda berinvestasi pada satu atau lebih pinjaman usaha kecil di website Mekar, Mekar.id, pokok investasi Anda dijamin 100%. Ini berarti apabila pinjaman tersebut gagal bayar, yang mana jarang sekali terjadi di Mekar, Anda akan kehilangan keuntungan dari bunga pinjaman namun tetap akan mendapatkan kembali uang yang telah Anda investasikan.

Jaminan ini diberikan oleh para lending partner Mekar. Mitra Mekar ini adalah koperasi-koperasi simpan pinjam yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memberikan pinjaman kepada para pemilik usaha kecil di banyak daerah di Indonesia dan mereka memiliki angka non-performing loans (NPL) yang sangat rendah, di bawah 2%.

Kalau Anda mencari investasi rendah risiko yang bisa memberikan Anda rasa aman dan imbal hasil yang baik, cobalah investasi pinjaman peer-to-peer. Jangan lupa, pilih platform Anda dengan bijaksana dan pelajari semua risikonya sebelum berinvestasi.

Sumber: https://blog.mekar.id/opsi-investasi-dengan-risiko-sangat-rendah/

Ikuti tulisan menarik nita rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu