x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

8 Nama Surga yang Ada pada Al-Qur'an dan Patut Dikenali Umat Muslim

Manusia tetap harus usaha untuk lakukan semua tindakan baik dan perbanyak beribadah agar bisa rasakan enaknya surga. Berikut beberapa nama surga yang berada di dalam Alquran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tiap manusia pasti mengidamkan surga diakhir hayatnya. Tetapi, surga cuman ditujukan untuk hamba Allah SWT yang patuh kepada-Nya saja. Surga sendiri tidak cuman ada satu, tetapi terdiri jadi delapan.

Meskipun begitu, manusia tetap harus usaha untuk lakukan semua tindakan baik dan perbanyak beribadah agar bisa rasakan enaknya surga. Berikut beberapa nama surga yang berada di dalam Alquran.

Surga Firdaus

Surga Firdaus sebagai surga yang dibuat oleh Allah SWT dari emas. Dalam surat Al Mu'minun ayat 1-11, diterangkan berkenaan calon penghuninya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sebenarnya untunglah beberapa orang yang memiliki iman. (Yakni) beberapa orang yang khusyuk dalam salatnya. Dan beberapa orang yang menghindari diri dari (tindakan dan pengucapan) yang tidak ada bermanfaat. Dan beberapa orang yang menjalankan zakat. Dan beberapa orang yang jaga kemaluannya. Terkecuali pada istri-istri mereka atau budak yang mereka punyai, karena itu sebenarnya mereka dalam masalah ini tidak ada nista. Siapa saja cari yang dibalik itu karena itu mereka itu beberapa orang yang melebihi batasan. Dan beberapa orang yang memiara instruksi-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan beberapa orang yang memiara salatnya. Mereka itu beberapa orang yang hendak mewariskan. (Yaitu) yang hendak mewariskan surga Firdaus. Mereka abadi didalamnya." (QS. Surat Al Mu'minun:1-11)

Surga 'Adn

Seterusnya ada Surga 'Adn, yang dibuat oleh Allah SWT dari intan putih. Keterangan berkenaan surga ini ada dalam Surat Al Bayyinah ayat 7-8, yang mengeluarkan bunyi:

"Benar-benar, beberapa orang yang memiliki iman dan kerjakan kebijakan, mereka itu ialah sebagus-baik makhluk. Balasan mereka disebelah Tuhan mereka adalah surga 'Adn yang mengucur di bawahnya sungai-sungai; mereka abadi didalamnya selamanya. Allah rida pada mereka dan mereka juga rida kepada-Nya. Yang begitu ialah (balasan) untuk orang yang takut ke Tuhannya." (QS. Surat Al Bayyinah: 7-8).

Surga Na'im

Surga Na'im dibuat oleh Allah swt dari perak putih. Calon penghuni surga ini ialah beberapa orang yang betul-betul bertakwa dan beramal saleh, seperti firman Allah SWT yang mengeluarkan bunyi:

"Sebenarnya beberapa orang yang memiliki iman dan kerjakan amal-amal saleh, untuk mereka surga-surga yang penuh kepuasan." (QS. Surat Luqman :8)

Surga Ma'wa

Selanjutnya ada Surga Ma'wa yang dibuat oleh Allah SWT dari zamrud hijau. Berdasar firman Allah SWT, disebutkan jika calon penghuninya ialah orang yang betul-betul memiliki iman dan beramal saleh.

"Beberapa orang yang takut pada kebesaran Allah SWT dan mengendalikan diri dari nafsu jelek. Dan adapun beberapa orang yang takut ke kebesaran Tuhannya dan mengendalikan diri dari kemauan udara gairahnya. karena itu sebenarnya surgalah rumah (nya)." (QS. An-Nazi'at:40-41)

Surga Darussalam

Surga Darussalam dibuat oleh Allah SWT dari yakut merah. Calon penghuninya ialah beberapa orang yang kuat iman dan Islamnya, mempraktikkannya ayat-ayat Alquran di kehidupan setiap hari, dan kerjakan amal saleh yang lain karena Allah, seperti diterangkan oleh firman Allah SWT yang mengeluarkan bunyi:

"Untuk mereka (disiapkan) darussalam (surga) pada segi Tuhannya dan Dia Perlindungan mereka karena amal-amal saleh yang selalu mereka lakukan." (QS. Surat Al-An'am:127)

Surga Darul Muqamah

Selanjutnya ialah Surga Darul Muqamah. Surga ini dibuat dari permata warna putih dan ditujukan untuk hamba yang kerap melakukan perbuatan kebaikan dan tidak melakukan perbuatan maksiat, seperti yang diterangkan dalam Surat Fatir ayat 34.

"Dan mereka berbicara: "Semua puji untuk Allah yang sudah hilangkan duka cita dari kami. Sebenarnya Tuhan kami betul-betul Maha Pengampum kembali Maha Mensyukuri"."

Surga Al Maqaamul

Surga Muqammal Amin adalah dari beberapa nama surga yang dijanjikannya Allah SWT untuk orang yang mempunyai keimanan satu tingkat Muttaqin. Surga ini ialah surga yang diperlihatkan untuk beberapa orang yang bertakwa dan dibuat dari emas sepeti yang telah disebut dalam Ad-Dukhan ayat 51.

"Sebenarnya beberapa orang yang bertakwa ada dalam lokasi yang aman." (QS. Ad-Dukhan:51)

Surga Khuldi

Surga Khuldi ialah surga yang dibuat Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya ialah beberapa orang yang patuh jalankan perintah-Nya dan menjauhi dari semua larangan-Nya. Ini tercantum pada firman Allah SWT yang mengeluarkan bunyi:

"Ucapkanlah:" Apa (hukuman) yang begitu itu yang bagus, atau surga yang abadi yang sudah dijanjikannya ke beberapa orang yang bertakwa? Ia jadi balasan dan tempat kembali untuk mereka." (QS. Al-Furqan:15)

Itu ia deskripsi dari rumah-muslimin.com tentang 8 beberapa nama surga yang dijanjikannya oleh Allah SWT di akhirat sebagai tempat dambaan yang cantik untuk tiap manusia. Mudah-mudahan nanti kita dapat capai satu dari surga di atas, ya. Amin! 

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB