x

Iklan

Herdian Armandhani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Wagub Bali Hadiri Perayaan Gerakan Earth Hour 2019,

Wagub Bali Hadiri Perayaan Gerakan Earth Hour 2019,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mangupura (Badung) -  Gerakan kampanye Global Hemat Energi Earth Hour dengan mematikan lampu selama satu jam kembali dirayakan di Indonesia khususnya di Pulau Bali sebagai destinasi pariwisata yang terkenal di dunia. Perayaan Earth Hour 2019 di Pulau Bali dipusatkan di Monumen Dwarapala Kawasan Indonesia Tourism Corporation (ITDC) pada Sabtu (30/3/2019) dari pukul 20.30  sampai dengan 21.30 wita (waktu setempat). Gerakan yang dimulai pertama kali di Sydney Australia tahun 2007 ini oleh organisasi WWF ini telah berhasil mengajak 1500 relawan yang tergabung dalam Komunitas Earth Hour untuk mengeedukasi masyarakat agar merubah gaya hidup menjadi hemat energi dan ramah lingkungan.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Ardana Sukawati (Cok Ace) turut berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour 2019. Saat lampu di ITDC menjelang detik-detik dipadamkan ia memgang  lilin dan menempatkannya disalah satu formasi lilin yang berbentuk 60 + bersama dengan ratusan masyrakat yang turut dalam kegiatan Earth Hour 2019. Sebelumnya,Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan surat edaran yang ditandatangi Gubernur Bali Wayan Koster untuk mengajak seluruh instansi, kawasan pariwisata, bandara, icon Kota, dan masyarakat untuk turut serta menyukseskan gerakan Earth Hour melalui  surat edaran No 276 Tahun 2019 tentang Earth hour 2019.

Koordinator Kota Komunitas Earth Hour Bali, Ratih Permitha Syury saat acara berlangsung mengtakan bahwa kegiatan Earth Hour  merupakan kampanye global yang serentak diikuti oleh seluruh negara di dunia. Simbol 60 psecara filosofi bermakna memadamkan lampu selama satu jam dan tanda plus bermakna aksi-aksi lain terhadap lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kami berharap acara Earth Hour tidak hanya selebrasi memadamkan listrik satu jam melainkan bisa diterapkan setelah satu jam berikutnya dengan kegiatan-kegiatan ramah lingkungan. Contoh kecilnya bisa mengurangi penggunaan sampah plastik dari diri sendiri” ujarnya.

Tahun 2019 merupakan momentum perayaan Earth Hour terbesar di Bali karena diikuti oleh 80 kawasan baik pemerintah dan swasta. Layanan Pariwisata seperti Hotel dan resort di Bali berlomba-lomba untuk merayakan Earth Hour bersama para tamu yang menginap. Bahkan pihak Hotel dan Resort memberikan voucher bagi tamu yang menginap apabila mengikuti kegiatan Earth Hour di lokasi yang mereka sediakan.

Ikuti tulisan menarik Herdian Armandhani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB