x

Iklan

jurnal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Peringati Hari Air Sedunia Poltekad Kodiklatad Menggelar Penghijauan di Sumber Pandan Batu

Peringati Hari Air Sedunia Poltekad Kodiklatad Menggelar Penghijauan di Sumber Pandan Batu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang-Batu.  Dalam  rangka  menjaga kelestarian alam yang ada di Kota Batu khususnya sumber air dan memperingati  Hari Air Sedunia (word water day), Poltekad Kodiklatad dibawah  pimpinan Kolonel Czi Bagus Antonov, M.A bersama masyarakat Dusun Gangsiran Puthuk Desa Tlekung Kec. Junrejo Kota Batu menggelar kegiatan penghijauan di sekitar Sumber  Pandan yang terletak di Desa Tlekung Kec. Junrejo Kota Batu Jatim. Minggu (31/3).
 
Sumber Pandan merupakan salah satu sumber air di Kota Batu, dimana sumber air ini memenuhi kebutuhan air bagi 130 Kepala Keluarga yang ada di Dusun Gangsiran Puthuk Desa Tlekung Kec. Junrejo Kota Batu yang tidak hanya digunakan untuk kebutuhan air sehari-hari namun juga digunakan untuk pertanian dan peternakan.
 
Kegiatan konservasi hutan yang dilakukan Poltekad Kodiklatad bersama warga Dusun Gangsiran dan Komunitas Peduli Lingkungan yang ada di Kota Batu melalui penanaman pohon di sekitar Sumber Pandan ini  bertujuan agar sumber air yang memenuhi kebutuhan air masyarakat di Kota Batu khususnya warga Dusun Gangsiran Puthuk saat ini maupun masa yang akan datang dapat tetap terjaga, terpelihara dan terlindungi serta tidak berkurang baik kuantitas maupun kualitasnya. Selain itu harapannya dapat meningkatkan taraf hidup warga Kota Batu khususnya yang ada di  Dusun Gangsiran Puthuk Desa Tlekung Kec. Junrejo Kota Batu. Dalam kegiatan tersebut ada sekitar 200 batang pohon yang ditanam di sekitar Sumber Pandan antara lain manggis, trembesi dan asam jawa. 
 
Komandan Poltekad Kodiklatad Kolonel Czi Bagus Antonov, M.A ditemui ditempat terpisah dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan dan pemberdayaan wilayah serta wujud pengabdian TNI AD khususnya Poltekad Kodiklatad kepada masyarakat yang ada di Kota Batu. Selain itu kegiatan yang dilakukan TNI AD bersama masyarakat Dusun Gangsiran Puthuk dan Komunitas Peduli Lingkungan Kota Batu adalah wujud nyata rasa kebersamaan dan kesetiakawanan serta kepedulian TNI kepada masyarakat, karena kami yakin bahwa TNI akan kuat jika senantiasa manunggal dengan rakyat, karena ruh kekuatan TNI adalah rakyat, ungkap Kolonel Czi Bagus Antonov M.A.
 
Bapak Samian salah satu Tokoh Masyarakat Dusun Gangsiran Puthuk sangat berterima kasih kepada Poltekad  yang telah membantu  masyarakat Dusun Gangsiran Puthuk menjaga dan melestarikan Sumber Pandan melalui kegiatan penghijauan dan kami mewakili masyarakat Dusun Gangsiran Puthuk mengharapkan kerjasama yang terjalin antara masyarakat dengan TNI khususnya dengan Poltekad dapat terus betjalan dengan baik.
 
Turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut Danramil Junrejo, Komunitas Peduli Lingkungan dari Baskomas dan Alamku Hijau serta perwakilan dari Mahasiswa ITN Malang. (cj7)

Ikuti tulisan menarik jurnal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler