Menanti Nahkoda Baru Ketua Umum PSSI - Olah Raga - www.indonesiana.id

Ahmad Syaiful Bahri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 1 April 2019 17:42 WIB

Menanti Nahkoda Baru Ketua Umum PSSI

Dibaca : 417 kali

Saat ini induk organisasi sepak bola seluruh Indonesia, PSSI, sedang tidak jelas arahnya mau dibawa kemana. Kisruh lembaga federasi yang mengurusi hajat hidup orang banyak di olahraga sepak bola ini bermula ketika Edy Rahmayadi mengundurkan diri sebagai orang nomor satu di PSSI. 

Ketika didesak media, jawabannya hanya singkat, karena mau fokus sebagai Gubernur Sumatera Utara. Begitu katanya. 

Setelah Edy Rahmayadi mundur, tampuk pimpinan langsung dipegang oleh Joko Driyono sebagai Plt. Ketua Umum PSSI. Jelas, banyak pihak menduga, Jokdri, panggilan akrabnya akan meneruskan estafet kepemimpinan Edy Rahmayadi.

Namun, bola panas tidak berhenti sampai disitu, hal ini terungkap setelah satgas anti mafia bola yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, menangkap Joko Driyono sebagai salah satu tersangka mafia bola. Semakin runyam bukan? ternyata runyamnya tidak berhenti sampai disini.

Setelah Jokdri ditangkap, berdasarkan berita yang dilansir dari sport.tempo.co, Rabu, (20/3/2019), Gusti Randa ditunjuk sebagai pelaksana tugas Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Plt Ketum PSSI), menggantikan Joko Driyono yang terlilit masalah hukum. Pria ini merupakan sosok yang penuh warna.

Publik kaget bukan kepayang, karena Gusti Randa menjadi Plt. Ketua Umum PSSI, mau dibawa kemana organisasi sepak bola ini? Apa tidak ada orang lagi? begitu sejumlah netizen mengutarakan kegeramannya. 

Kagetnya jangan berhenti sampai disini dulu ya, hehe. Setelah Gusti Randa ditunjuk menjadi Plt. Ketua Umum PSSI, ternyata selang dua hari berikutnya, Iwan Budianto mengklaim dirinya menjadi Plt. Ketua Umum PSSI yang sah. 

Hal ini seperti dikutip laman wartakota.tribunnews.com, bahwa Iwan Budianto dikabarkan menjadi Plt Ketum PSSI setelah Komite Eksekutif (Exco) PSSI menggelar rapat di Hotel Sultan, Kamis (28/3/2019).

Namun, ini dibantah oleh Gusti Randa, Kabar naiknya Wakil Ketum PSSI, Iwan Budianto, menjadi Plt Ketum PSSI disanggah oleh Gusti Randa yang menyebut bahwa penunjukkan itu sebagai hoaks, seperti dikutip laman wartakota.tribunnews.com, Senin, (1/4/2019). 

Ya Tuhan, cobaan apalagi ini terhadap persepakbolaan Indonesia.

Di tengah kabar tidak jelas tersebut, publik dikejutkan dengan rencana Hary Tanoesoedibjo yang akan mencalonkan diri menjadi ketua umum PSSI, seperti dikutip viva.co.id, Hary Tanoesoedibjo masuk dalam bursa calon Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Alasannya, dia berpengalaman memimpin Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Ramainya dukungan terhadap Hary Tanoesoedibjo menjadi ketua PSSI karena tidak lepas dari prestasi gemilangnya memimpin Federasi Futsal Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, Liga Futsal juga semakin kompetitif, tidak ada gangguan, dan organisasi futsal tersebut terus menunjukkan perkembangan yang positif.

Ditanya oleh awak media terkait kesiapannya menjadi ketua umum PSSI, Hary Tanoeoedibjo tak akan menampik seandainya dia diamanatkan memimpin federasi sepak bola Indonesia tersebut. “Wah saya serahkan kepada mereka (voters). Terus terang saja, intinya itu keinginan kita semua bagaimana PSSI bisa berkembang dan maju di dunia Internasional,” tutur Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) tersebut, seperti dilansir berita inews.id, Senin, (1/4/2019).

Sebagai penggemar sepak bola, kita hanya bersabar, menanti nahkoda baru PSSI yang dapat mewujudkan mimpi-mimpi suporter Indonesia agar sepak bola berprestasi menjadi kenyataan. Semoga.

  • PSSI
  • Hary Tanoesoedibjo

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.