Rasakan Sensasi Mengelilingi Surga di Halmahera Selatan - Travel - www.indonesiana.id
x

Aditya Harlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • Rasakan Sensasi Mengelilingi Surga di Halmahera Selatan

    Dibaca : 254 kali

     

    Bila surga boleh hadir di permukaan bumi,  boleh jadi Halmahera Selatan adalah salah satunya. Kabupaten yang berlokasi di Propinsi Maluku Utara ini adalah salah satu surga di belahan timur Indonesia. Sayangnya,  tidak banyak orang mengetahuinya.

     

    Lazimnya khalayak wisata Indonesia Timur akan menoleh ke Bunaken di Sulut, Wakatobi di Sultra, Taman Laut Banda di Maluku, ataupun Raja Ampat di Papua Barat. Lalu bagaimana dengan  Halmahera Selatan?

     

    Alih-alih mengetahui keindahan alam Halmahera Selatan,  sisi yang lebih populer dari kabupaten ini justru adalah 'Batu Bacan'.  

     

    Namun, sejatinya Halmahera Selatan bukan hanya Batu Bacan. Di dalamnya ada tebaran keindahan panorama alam, ada warisan sejarah masa silam,  ada variasi kuliner yang tak ditemukan di tempat lain,  hingga ragam kesenian khas yang  membuktikan bahwa daerah ini adalah juga ‘sesuatu.’

     

    Salah satu perusahaan tour dan wisata di Halmahera Selatan adalah Bacan Tours, dengan menawarkan dua jenis wisata kunjungan yakni city tour dan land tour.

     

    "Untuk city tour, seperti kunjungan ke pasar tradisional di Maluku, karena kami ingin menonjolkan nilai kearifan lokal daerah ke wisatawan" ujar Iksan Jasmier owner Bacan Tours.

     

    "Setelah itu mengunjungi petani rempah-rempah secara langsung, seperti rempah cengkeh, pala, kopra, kayu manis dan wisatawan dapat membeli secara langsung, karna disini sangat murah" tambah Iksan.

     

    Lain halnya dengan Land Tour, dengan menawarkan sensasi keliling pulau dengan nuansa alam Halmahera Selatan yang sangat Indah dengan macam hewan yang endemik.

     

    "Layaknya hutan tropis di Amazon, Halmahera juga punya di Pulau Bacan, lengkap dengan danau-danau dan air terjun-nya serta habitat khusus untuk monyet makaka dengan wujud monyet bokong merah dan tanpa ekor serta kupu-kupu khas Halmahera Selatan" kata Iksan.

     

    Di Pulau Bacan juga terserak peninggalan budaya kolonial maupun warisan Kesultanan Islam Bacan.  

     

    Untuk kuliner khas Pulau Bacan adalah kekhasan Halmahera Selatan yang lain.  Kearifan lokal penduduk dalam  memproduksi olahan ikan seperti ikan asap yang sangat disukai wisatawan dan 19 varian sambal yang berbeda jenis namun sedap rasa, adalah salah satu faktor yang mewajibkan para wisatawan untuk mencatat Halmahera Selatan dalam daftar rencana kunjungan apalagi dimakan saat tengah berada di tengah hutan.

    Wisatawan benua Eropa masih menjadi primadona wisatawan mancanegara yang berkunjung.

    "Wisatawan mancanegara paling sering adalah dari benua Eropa dengan negara Jerman dan Italia" ucap Iksan.

    Iksan mengatakan bahwa biaya untuk paket city tour maupun land tour sekitar 1,5 juta rupiah per orang dengan jumlah kuota minimal 1 orang dan maksimal 20 orang, lalu untuk Land tour maksimal 5 orang.

     

    Bacan Tours juga menawarkan promo di 2019 bagi para wisatawan yang berkunjung ke Halmahera Selatan.

     

    "Untuk promo 2019, kami dari Bacan tours menyediakan diskon seluruh jenis penginapan sebesar 20% periode oktober 2019- maret 2020" tutup Iksan.

     

    Bagi wisatawan yang ingin reservasi dapat menghubungi :

    0821-9007-1007 (Iksan, Owner Bacan Tours)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.