Kodim 0815 Mojokerto Gelar Binsiap Apwil Puanter - Analisa - www.indonesiana.id
x

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Kodim 0815 Mojokerto Gelar Binsiap Apwil Puanter

    Dibaca : 152 kali

    Mojokerto, -  Untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat, Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan II TA. 2019, bertempat di Pendopo Griya Paramitra Jalan Gajah Mada Nomor 4 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (11/04/2019).

    Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H., dalam sambutannya yang dibacakan Kasdim 0815 Mayor Inf MJ Arifin, menegaskan, pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung oleh profesionalitas, kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia.

    Untuk mewujudkan profesionalisme, kesiapan dan kemampuan sumber daya prajurit maka diperlukan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya melalui Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial, yang dilaksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun anggaran.

    “Para Babinsa tidak hanya sebatas memahami dan menguasai ilmu teritorial, namun harus mampu menerapkannya  dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah,” tegasnya

    “Para Babinsa harus berintegrasi dan bersinergi dengan tiga pilar desa dan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah binaan. Babinsa harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran atau peran negara,” pintanya.

    Dihadapan 100 orang Babinsa selaku peserta, Dandim menegaskan kembali, jangan sekali-kali melukai dan menyakiti hati rakyat, berbuatlah yang terbaik, tulus dan ikhlas untuk masyarakat.  Ingat, TNI AD mengabdi dan membangun bersama rakyat.

    Selama kegiatan, para Babinsa menerima pembekalan materi teritorial selaku materi wajib dan materi tambahan, antara lain Pola sikap dan perilaku masyarakat, Adat istiadat dan budaya masyarakat, Tingkat ekonomi masyarakat, Perkembangan teknologi dan informasi, serta Kondisi alam.

    Tampak hadir dalam kegiatan antara lain Pasi Puanter Sterrem 082/CPYJ Kapten Czi Martono, Pasiterdim 0815 Kapten Arh Supriyono, para Danramil jajaran Kodim 0815, Para Gumil, Staf penyelenggara dan pendukung.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.