Kenali Gejala, Penyebab Dan Bahaya Leukosit Tinggi - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Solusi Sehat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Kenali Gejala, Penyebab Dan Bahaya Leukosit Tinggi

    Dibaca : 636 kali

    Leukosit adalah sel darah putih, yang keberadaannya sangat penting bagi tubuh manusia. Leukosit atau sel darah putih berasal dari sumsum tulang dan beredar di seluruh aliran darah. Mereka merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh kita.

     

    Bagian darah yang satu ini mampu menghasilkan antibodi untuk melawan organisme asing (virus, bakteri, dan parasit) sebagai pertahanan terhadap infeksi, merespons alergi, serta menunjang fungsi kekebalan tubuh. Tetapi, walaupun leukosit ini sangat penting bagi tubuh, namun jika kadar leukosit dalam tubuh meningkat atau di batas normal itu akan sangat berbahaya.

     

    Dalam dunia medis, leukosit tinggi dikenal juga dengan istilah leukositois, yaitu suatu kondisi ketika sel darah putih jumlahnya meningkat. Perlu diketahui bahwa pada umumnya nilai normal leukosit adalah 4.000-10.500 sel/mm³ pada dewasa dan 5.000-15.500 sel/mm³ pada anak-anak.

     

    Penyebab Leukosit Tinggi

     

    Banyak yang tahu bahwa leukosit tinggi biasanya disebabkan oleh infeksi, namun ternyata ada banyak penyebab lain yang bisa membuat leukosit tinggi. Adapun beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi naiknya kadar leukosit diantaranya :

    - Leukimia

    - Infeksi

    - Penyakit sumsum tulang

    - Demam berulang

    - Kanker

    - Penyakit campak

    - Peradangan pada usus

    - Infeksi kandung kemih

    - Anemia hemolitik

    - Akibat obat-obatan tertentu dll.

    Bahaya Leukosit Tinggi

     

    Jika anda mengalami leukosit tinggi, ada baiknya untuk segera melakukan penanganan dan pengobatan sebab leukosit tinggi berpotensi mendatangkan penyakit lain yang berbahaya, seperti :

    - Kanker Darah (Leukemia) – Sel darah putih atau leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap infeksi atau serangan penyakit lainnya. Naiknya produksi leukosit dalam tubuh karena terjadi infeksi. Tubuh memerlukannya untuk melawan infeksi yang terjadi. Infeksi bisa datang akibat virus, bakteri, atau penyebab lain. Leukosit yang meninggi menjadi jalan bagi pemeriksaan lanjutan. Di antaranya untuk mendeteksi kanker darah atau leukemia. Leukemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan produksi sel darah putih.

    - Kelainan Sumsum Tulang – Tubuh akan merangsang sumsum tulang agar memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Sumsum tulang akan bekerja ekstra keras memproduksi leukosit. Sumsum tulang akan terus dipaksa memproduksi leukosit sampai tercapai kondisi aman. Hanya saja, pada saat ada masalah pada sumsum tulang, kadar sel darah putih pun akan semakin meningkat.

    - Terjadi Peradangan – Setiap terjadi peradangan, alergi, infeksi akan menyebabkan kenaikan jumlah sel darah putih. Ini merupakan reaksi lanjutan terhadap obat yang dikonsumsi untuk meningkatkan produksi sel-sel darah putih.

    - Demam berulang – Seseorang dengan leukosit tinggi bisa mengeluhkan adanya demam yang berulang. Saat diperiksa di laboratorium, leukosit-nya cenderung tinggi. Kenaikan leukosit yang menyertai keadaan demam bisa menjadi petunjuk ke arah proses infeksi bakteri, serta penanda kelainan dari leukosit itu sendiri.

    - Kram dan Gangguan Limpa – Leukosit yang tinggi juga akan diiringi demam, disertai kram pada perut, mual, gangguan pada organ Lien (limpa) atau juga hati. Tubuh mudah merasa lelah dan wajah terlihat pucat.

    - Timbulnya penyakit infeksi – Penyakit-penyakit infeksi seperti tifoid, hepatitis, infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas, telinga bahkan infeksi kulit bisa menunjukkan hal yang sama.

     

    Meski leukosit menjadi alat pertahanan utama tubuh, namun efek dari penyerangan mikroorganisme, bakteri, atau virus terhadap leukosit pun juga bervariasi tergantung kondisi tubuh kita. Tanda-tanda dan gejala leukosit tinggi pada dasarnya akan sesuai dengan penyakit yang menyebabkan tingginya kadar leukosit. Pengobatan yang cepat dan tepat terhadap penyebabnya akan dapat mengatasi masalah ini.

    BACA JUGA : Cara Alami Menurunkan Leukosit Tinggi


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.