Cara Meningkatkan Hemoglobin Rendah Secara Alami - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Kim Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Cara Meningkatkan Hemoglobin Rendah Secara Alami

    Dibaca : 451 kali

    Hemoglobin atau Hb adalah salah satu bentuk protein yang terdapat dalam sel-sel darah merah yang kaya akan zat besi. Fungsi dari hemoglobin sendiri adalah sebagai pengikat oksigen yang terhirup oleh saluran pernapasan yang nantinya akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Salah satu molekul yang terkandung dalam hemoglobin adalah oksihemoglobin yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh yang memiliki kadar oksigen yang rendah untuk menggantikan karbondioksida.

    Kadar hemoglobin dapat dihitung berdasarkan ukuran gram per desiliter (dL). Umumnya, kadar hemoglobin yang normal pada wanita berkisar antara 12- 15 gram/dL dan pada pria berkisar antara 13-17 gram/dL. Jika seseorang memiliki jumlah hemoglobin yang lebih rendah dari ukuran normal, hal tersebut dapat menandakan bahwa kadar oksigen dalam darahnya juga cukup rendah, yang pada akhirnya dapat berdampak pada gangguan kesehatan seperti anemia dan juga sesak napas.

    Dampak lain dari rendahnya tingkat hemoglobin seseorang adalah semakin memburuknya masalah jantung yang dialami seseorang yang mana gangguan ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada dada serta jantung berdebar-debar. Hal ini dikarenakan organ jantung bekerja ekstra keras untuk mengatasi kekurangan oksigen dalam darah.

    Mengenali Penyebab Hemoglobin Rendah

    Penyebab hemoglobin atau hb rendah umumnya berkaitan dengan riwayat menderita anemia. Namun, kadar hemoglobin yang rendah dapat juga merupakan pertanda tubuh menderita kondisi lain yang perlu segera penanganan medis.

    Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan hemoglobin rendah, di antaranya:

    1. Kekurangan gizi

    Penyebab Hb rendah bisa dikarenakan anda kekurangan asupan gizi seperti vitamin dan mineral. Adapun Hb rendah pada kasus kekurangan gizi dikarenakan asupan zat besi yang diperlukan oleh tubuh tidak mencukupi sehingga produksi Hb menjadi sedikit. Zat besi merupakan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga fungsi otot, energi, dan perkembangan otak.

    Kekurangan gizi lainnya yang menyebabkan Hb menjadi rendah adalah kekurangan asam folat. Hal ini dikarenakan, asam folat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel baru termasuk sel darah merah. Selain kekurangan zat besi dan asam folat, kekurangan vitamin B12 juga turut andil terhadap Hb rendah.

    2. Kehamilan

    Selama kehamilan, seorang wanita sangat rentan mengalami gangguan rendahnya tingkat hemoglobin dalam darah. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan makanan yang mengandung asam folat dalam tubuhnya. Selama 6 bulan pertama kehamilan, bagian cairan darah wanita (plasma) membutuhkan peningkatan jumlah sel darah merah dengan lebih cepat. Ini dapat mengencerkan darah dan dapat menjadi penyebab Hb rendah pada ibu hamil.

    3. Menderita penyakit kronis

    Hb yang rendah dapat ditemukan pada thalassemia, yang merupakan kelainan darah yang dapat diturunkan secara genetik. Pada kondisi ini, terjadinya mutasi genetik yang menghalangi produksi hemoglobin dalam tubuh.

    Selain itu, terjadinya perdarahan serius seperti yang terjadi pada kasus wasir berdarah, operasi, kecelakaan, proses persalinan, menstruasi, dan sebagainya dapat mengakibatkan kekurangan hemoglobin dalam darah. Ketidakseimbangan hormon juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan HB rendah.

    Cara Meningkatkan Hemoglobin Rendah Secara Alami

    Kadar hemoglobin yang rendah dapat menimbulkan berbagai gejala yang bisa mengganggu aktivitas harian anda. Karena itu, apabila Anda memiliki kadar HB yang rendah maka ada baiknya segera melakukan pemeriksaan diri dan juga melakukan beberapa metode berikut ini sebagai upaya untuk cara meningkatkan HB dalam darah.

    1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya akan Kandungan Zat Besi

    Zat besi merupakan komponen utama untuk membentuk hemoglobin. Maka tidak salah jika rendahnya tingkat HB sering dihubungkan dengan kurangnya asupan nutrisi yang mengandung zat besi. Karena itu, untuk meningkatkan jumlah HB dalam darah kita, salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi super tinggi.

    2. Tingkatkan Asupan Vitamin C

    Selama ini vitamin C selalu diidentikkan dengan tingkat imunitas di tubuh kita. Namun, manfaat vitamin C ternyata tidak hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja. Vitamin C merupakan salah satu komponen penting yang bertugas memfasilitasi penyerapan zat besi di dalam tubuh kita. Karena itu, imbangilah asupan makanan yang mengandung zat besi dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi pula agar penyerapan zat besi juga lebih optimal.

    3. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Asam Folat

    Asam folat memegang peranan yang cukup vital dalam proses peningkatan HB. HB akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Komponen yang berperan penting di dalam pembentukan sel darah merah adalah asam folat. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung asam folat super tinggi untuk meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh Anda.

    4. Melakukan Pengobatan secara Alami

    Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan hemoglobin atau hb melalui pengobatan secara alami, salah satunya dengan menggunakan suplemen penambah Hb herbal QnC Jelly Gamat.

    QnC Jelly Gamat merupakan salah satu ramuan herbal yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh karena mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E dan Asam folat, serta mineral seperti Potasium, Zat besi, Seng, Magnesium, dan Kalsium. 

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan anda klik disini !!!

    Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi hemoglobin rendah secara alami yang dapat anda coba. Semoga infomasi ini bermanfaat.

    Terimaksih atas kunjungannya, salam sehat


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.