x

Iklan

Aditya Harlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 2 Mei 2019 14:27 WIB

Pencoblosan Telah Usai, Masih Gunakan Strategi Firehood

Deklarasi kemenangan maupun sujud syukur yang dilakukan oleh Prabowo dinilai berkaitan dengan strategi firehouse of falsehood.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Deklarasi kemenangan maupun sujud syukur yang dilakukan oleh Prabowo dinilai berkaitan dengan strategi firehouse of falsehood. Menurut Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf Amin, strategi tersebut membuat para pendukung Prabowo seperti tersihir untuk percaya pada satu sumber yaitu sumber internal survei.

Strategi ini mempunyai 2 karakteristik. Yaitu adanya tingkat pesan atau informasi dalam jumlah yang sangat tinggi dan persebaran informasi yang salah atau hanya sebagian benar, atau bahkan berupa fiksi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Modus pertama dalam menjalankan strategi tersebut adalah menanamkan keyakinan pada pengikutnya bahwa kubu 02 sudah menang. Dengan strategi deklarasi berulang – ulang itu, pendukung disajikan realitas semu bahwa kubu 02 sudah menang dan informasi diluar itu adalah sesat dan direkayasa. Termasuk dilarang nonton TV yang menayangkan hasil quick count,” tutur Ace Hasan Syadzily selaku Juru Bicara TKN.

Tujuan dari strategi yang pernah dilakukan oleh Donald Trump tersebut adalah menggalang sentimen pendukungnya agar dapat disiapkan untuk aksi berikutnya. Tentu tidak menutup kemungkinan bahwa rangkaian yang disusun oleh kubu 02 yang selama ini berbicara soal people power, hal ini tentu sebuah manuver politik yang berbahaya.

Klaim kemenangan Paslon nomor 02 tersebut juga merupakan upaya delegitimasi KPU dan hasil pemilu. Ace mengatakan, dengan menyebutkan angka kemenangan sebesar 62 persen, maka kubu Prabowo akan cepat membangun framing hasil penghitungan KPU berbeda dengan hasil real count internal. Dengan hasil tersebut, maka kubu Prabowo akan menyerang KPU dengan tuduhan Pemilu curang dan hasilnya dapat direkayasa.

“Modus semacam ini sudah diperkirakan sejak awal ketika kubu 02 membangun narasi kalah karena dicurangi. Narasi ini dirangkai dari soal hoax kontainer, pemilih siluman dalam DPT, mobilisasi aparat, sampai terakhir kertas suara dicoblos. Modus ini disiapkan jauh hari sebelum pemungutan suara dan sekarang mulai pelan – pelan terbukti. Dan tujuan akhirnya adalah delegitimasi KPU dan juga delegitimasi Pemilu,” ungkap Ace.

Sampai disini kita masih ingat akan hoax Ratna Sarumpaet, ketika wajah lebamnya tersebar di dunia maya, akhirnya masyarakat tahu bahwa wajah lebam itu bukanlah akibat dari pengeroyokan, namun karena Ratna baru saja menjalani operasi plastik.

Ace juga berpendapat bahwa kubu Prabowo – Sandiaga tengah melakukan rangkaian manuver politis yang berbahaya, karena ada upaya delegitimasi pemilu yang diikuti saran people power, dimana hal tersebut beresiko pada timbulnya perpecahan. Ace menuding bahwa kubu Paslon nomor urut 02 tersebut tidak memperdulikan kegembiraan rakyat dalam menyambut pesta demokrasi.

Dalam kesempatan berbeda, Mahfud MD pernah mengatakan bahwa pemilu itu merupakan people power yang sesungguhnya. Rakyat sudah bersuara. Kita sudah lihat hasilnya di Quick Count. Tapi kita tunggu hasil perhitungan suara dari KPU yang dilakukan secara berjenjang dan melibatkan secara terbuka saksi dari masing – masing kontestan dan juga pengamat.

“Jika ketidakpuasan juga sudah disediakan salurannya. Tiga puluh tahun proses pemilu di negara kita berlangsung dengan damai. Jangan karena ambisi segelintir elite politik untuk berkuasa, maka rumah keindonesiaan dibakar oleh syahwat politik  mereka,” pungkas Mahfud.

Pengamat Politik Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo, membenarkan akan adanya strategi politik ala Rusia tersebut, kini sedang berlangsung di Indonesia.

Karyono juga menambahkan, bahwasanya sangat terasa sekali propaganda itu hadir, parameter dan indikatornya sangat terlihat. Isu – isu yang merekayasa fakta makin marak untuk menciptakan ketakutan masyarakat. Sehingga sampai muncul tagar yang tak sedap dibaca. #INAElectionObserverSOS

Dirinya menilai, bahwa kubu penantanglah yang sedang memainkan propaganda tersebut. Sebab indikator dapat dilihat dari isu yang berkembang di masyarakat.

Firehouse of Falsehood ini sudah jelas menciptakan ketakutan, kebingungan dan kepercayaan awam yang terbiasa mengonsumsi informasi / isu yang tidak substansial. Akan terbangun sentimen irasional yang mudah disulut untuk diarahkan pada sebuah tujuan bernuansa politis.

Ikuti tulisan menarik Aditya Harlan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler