x

Iklan

gorilnakal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 13 Mei 2019 17:06 WIB

Rukun Islam Kedua: Shalat

Salah adalah doa ritual harian yang diperintahkan kepada semua Muslim sebagai salah satu dari lima Rukun Islam. Ini dilakukan lima kali sehari oleh semua Muslim. Shalat adalah ibadah yang tepat, berbeda dari berdoa atas inspirasi saat itu. Orang Muslim berdoa atau, mungkin lebih tepatnya, beribadah lima kali sepanjang hari:

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah adalah doa ritual harian yang diperintahkan kepada semua Muslim sebagai salah satu dari lima Rukun Islam. Ini dilakukan lima kali sehari oleh semua Muslim.  Shalat adalah ibadah yang tepat, berbeda dari berdoa atas inspirasi saat itu. Orang Muslim berdoa atau, mungkin lebih tepatnya, beribadah lima kali sepanjang hari:

  • Antara cahaya pertama dan matahari terbit.
  • Setelah matahari melewati tengah langit.
  • Antara pertengahan sore dan matahari terbenam.
  • Antara matahari terbenam dan cahaya terakhir hari itu.
  • Antara gelap dan tengah malam.

Setiap Shalat dapat memakan waktu setidaknya 5 menit, tetapi itu dapat diperpanjang sesuai keinginan seseorang. Umat ​​Islam dapat shalat di lingkungan yang bersih, sendirian atau bersama, di masjid atau di rumah, di tempat kerja atau di jalan, di dalam atau di luar. Dalam keadaan khusus, seperti sakit, perjalanan, atau perang, tunjangan tertentu dalam Shalat diberikan untuk mempermudah persembahan mereka.

Memiliki waktu tertentu setiap hari untuk dekat dengan Tuhan membantu umat Islam tetap sadar akan pentingnya iman mereka, dan peran yang dimainkannya dalam setiap bagian kehidupan. Orang-orang Muslim memulai hari mereka dengan membersihkan diri mereka dan kemudian berdiri di hadapan Tuhan mereka dalam Shalat. Doa terdiri dari bacaan dari Al-Quran dalam bahasa Arab dan urutan gerakan: berdiri, membungkuk, bersujud, dan duduk. Semua bacaan dan gerakan mengekspresikan ketundukan, kerendahan hati, dan penghormatan kepada Tuhan. Berbagai posisi yang diasumsikan oleh Muslim selama Shalat mereka menangkap semangat penyerahan diri; kata-kata itu mengingatkan mereka akan komitmen mereka kepada Allah.

Shalat itu juga mengingatkan orang akan kepercayaan pada Hari Penghakiman dan fakta bahwa seseorang harus muncul di hadapan Penciptanya dan memberikan pertanggungjawaban atas seluruh hidup mereka. Beginilah cara seorang Muslim memulai hari mereka. Sepanjang hari, Muslim memisahkan diri dari keterlibatan duniawi mereka untuk beberapa saat dan berdiri di hadapan Tuhan. Sekali lagi ini mengingatkan tujuan hidup yang sebenarnya.

Semua Shalat ini berfungsi sebagai pengingat terus menerus sepanjang hari untuk membantu menjaga orang-orang percaya tetap mengingat Allah dalam tekanan pekerjaan sehari-hari, keluarga, dan gangguan hidup.

Shalat memperkuat iman, ketergantungan pada Tuhan, dan menempatkan kehidupan sehari-hari dalam perspektif kehidupan yang akan datang setelah kematian dan penghakiman terakhir. Ketika mereka bersiap untuk berdoa, umat Islam menghadapi Mekah, kota suci yang menampung Ka'bah (tempat ibadah kuno yang dibangun oleh Abraham dan putranya Ismail).

Di akhir Shalat, shahada (kesaksian iman) dibacakan, dan salam damai, "Damai sejahtera bagi kalian semua dan rahmat dan rahmat Tuhan," diulang dua kali.

Meskipun kinerja individu dari shalat diperbolehkan, ibadah kolektif di masjid memiliki manfaat khusus dan Muslim didorong untuk melakukan tertentu shalat dengan orang lain. Dengan wajah mereka menghadap ke arah Ka'bah di Mekah, para jamaah menyejajarkan diri mereka dalam barisan paralel di belakang imam , atau pemimpin doa, yang mengarahkan mereka saat mereka melakukan postur fisik ditambah dengan pelafalan Al-Quran. Di banyak negara Muslim, "seruan untuk shalat," atau 'Adzan,' bergema di seluruh atap. Dibantu oleh megafon, muazin berseru:

Allahu Akbar (Tuhan adalah yang terbesar),

Allahu Akbar (Tuhan adalah yang terbesar),

Allahu Akbar (Tuhan adalah yang terbesar),

Allahu Akbar (Tuhan adalah yang terbesar),

Ash-hadu an-laa ilaaha il-lal-lah (saya saksikan bahwa tidak ada yang pantas disembah kecuali Tuhan).

Ash-hadu an-laa ilaaha il-lal-lah (saya saksikan bahwa tidak ada yang pantas disembah kecuali Tuhan).

Ash-hadu anna Muhammadar-Rasool-ullah (saya saksikan bahwa Muhammad adalah utusan Tuhan).

Ash-hadu anna Muhammadar-Rasool-ullah (saya saksikan bahwa Muhammad adalah utusan Tuhan).

Hayya 'alas-Salah (Datang ke sholat!)

Hayya 'alas-Salah (Datang ke sholat!)

Hayya 'alal-Falah (Datanglah ke kemakmuran!)

Hayya 'alal-Falah (Datanglah ke kemakmuran!)

Allahu Akbar (Tuhan adalah yang terbesar),

Allahu Akbar (Tuhan adalah yang terbesar),

La ilaaha il-lal-lah (Tidak ada yang pantas disembah kecuali Tuhan).

Jumat adalah hari mingguan ibadah komunal dalam Islam. Shalat Jum'at yang diadakan setiap minggu adalah layanan yang paling penting. Doa Jumat ditandai dengan fitur-fitur berikut:

·       Itu jatuh bersamaan dengan doa siang yang diganti.

·       Itu harus dilakukan di sebuah jemaat yang dipimpin oleh seorang pemimpin doa, seorang 'Imam.' Itu tidak dapat ditawarkan secara individual. Muslim di Barat mencoba mengatur jadwal mereka untuk memberi mereka waktu untuk menghadiri shalat.

·       Daripada hari istirahat seperti Sabat, hari Jumat adalah hari pengabdian dan ibadat ekstra. Seorang Muslim diizinkan bekerja normal pada hari Jumat seperti pada hari lainnya dalam seminggu. Mereka dapat melanjutkan dengan kegiatan yang biasa mereka lakukan, tetapi mereka harus istirahat untuk sholat Jum'at. Setelah ibadah selesai, mereka dapat melanjutkan kegiatan duniawi mereka.

·       Biasanya, salat Jumat dilakukan di masjid, jika tersedia. Kadang-kadang, karena tidak tersedianya masjid, mungkin ditawarkan di fasilitas sewaan, taman, dll.

·       Ketika waktu sholat tiba, adzan diucapkan. Imam kemudian berdiri menghadap hadirin dan menyampaikan khotbahnya (dikenal sebagai khutbah dalam bahasa Arab), bagian penting dari layanan yang diperlukan kehadirannya. Sementara Imam sedang berbicara, semua orang yang hadir mendengarkan khotbah dengan tenang sampai akhir. Kebanyakan imam di Barat akan menyampaikan khotbah dalam bahasa Inggris, tetapi beberapa menyampaikannya dalam bahasa Arab. Mereka yang menyampaikannya dalam bahasa Arab biasanya menyampaikan pidato singkat dalam bahasa lokal sebelum kebaktian.

·       Ada dua khotbah yang disampaikan, satu dibedakan dari yang lain dengan duduk singkat Imam. Khotbah ini dimulai dengan kata-kata pujian kepada Tuhan dan doa berkat untuk Nabi Muhammad, semoga rahmat dan rahmat Tuhan besertanya.

·       Setelah khotbah, salat dilakukan di bawah kepemimpinan Imam yang membacakan Fatiha dan ayat-ayat Alquran lainnya dengan suara yang terdengar.

Doa-doa jemaat khusus yang besar, yang meliputi khotbah, juga dipersembahkan pada pagi hari menjelang dua hari perayaan. Salah satunya segera setelah bulan puasa, Ramadhan, dan yang lainnya setelah naik haji, atau haji.

Meskipun tidak diamanatkan secara agama, doa-doa renungan individu, terutama pada malam hari, ditekankan dan merupakan praktik umum di kalangan Muslim yang saleh.

Itulah seluruh informasi mengenai Shalat yang merupakan bagian dari Rukun Islam yaitu tepatnya pada rukun Islam kedua. Jika rekan merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada dunia.

Ikuti tulisan menarik gorilnakal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler