Wali Kota Baubau Ingatkan Keamanan Informasi - Urban - www.indonesiana.id
x

Tegas-co

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Mei 2019

Kamis, 16 Mei 2019 00:20 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Wali Kota Baubau Ingatkan Keamanan Informasi

    Dinas Komunikasi dan Informatika kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sosialisasi Keamanan Informasi lingkup pemerintah di Hotel Mira, Rabu (15/5/19).

    Dibaca : 1.776 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dinas Komunikasi dan Informatika kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sosialisasi Keamanan Informasi lingkup pemerintah di Hotel Mira, Rabu (15/5/19).

    Kegiatan yang dihadiri perwakilan 33 OPD itu menghadirkan dua narasumber sebagai pemateri dari Badan Siber dan Sandi Negara.

    Kedua yakni, Welly puji Ginanjar, S.St, S.Sos dan Sekretaris Dinas Kominfo Sultra Yusrianto, SH.

    Wali Kota Baubau Dr.H.AS Tamrin MH mengatakan, saat ini sangat penting untuk membangun persepsi dan pemahaman yang sama antar stakeholder di daerah untuk menjamin keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

    “Pengelolaan informasi menjadi sangat berarti ketika para stakeholder di daerah dapat memanfaatkan informasi sebagai media pengetahuan dan inspirasi,”kata AS Tamrin.

    Kata dia, dalam mengembangkan inovasi pembangunan dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang saat ini sesuai kebutuhan dan kearifan lokal.

    “Jangan lupa tata krama dan seakan lupa dengan cerdas memilih informasi seperti Hoax yang banyak beredar jangan Share informasi sebelum di sharing,”harap AS Tamrin.

    Wali Kota Baubau dua periode ini berharap, berhati-hati dengan modus penipuan yang banyak terjadi saat ini melalui transaksi elektronik.

    Di era digital sambungnya, saat ini daerah dituntut untuk lebih agresif dan responsif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi informasi termasuk peran SKPD dalam memaksimalkan potensi sumber daya lokal untuk diekspor menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

    Dikatakannya, dalam menjaga keamanan dan kerawanan penyelenggaraan pemerintah daerah diharapkan, sosialisasi ini bisa menciptakan harmonisasi dan sinergitas yang optimal, sehingga dapat mendukung terwujudnya Pemerintah Daerah yang efektif dalam upaya menciptakan kondisi yang menjamin keamanan informasi diera cyber ini dapat terwujud dengan menghasilkan kontribusi yang konstruktif dalam merumuskan kebijakan pengelolaan informasi Pemda Baubau.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.079 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.