Tugas Akhir Bukan Dihindari Namun Digali Manfaatnya! - Viral - www.indonesiana.id
x

Indri Puji Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 16 Mei 2019 17:13 WIB

  • Viral
  • Berita Utama
  • Tugas Akhir Bukan Dihindari Namun Digali Manfaatnya!

    Mahasiswa diwajibkan untuk menyajikan Tugas Akhir ke dalam pameran.

    Dibaca : 1.289 kali

    Mungkin bagi mahasiswa lain Tugas Akhir (TA) menjadi sebuah tantangan yang sulit dan tidak jarang menjadi penghambat untuk lulus tepat waktu. Namun, hal ini merupakan pengecualian bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pelita Harapan (UPH) yang justru menjadikan tugas akhir sebagai peluang dan pembelajaran yang tidak di dapat di dalam kelas, dan pastinya bermanfaat.

    Fakultas School of Design (SoD) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan mata kuliah tugas akhir atau projek akhir sebagai salah satu syarat untuk mahasiswa lulus dari studi S1 DKV. Mahasiswa diwajibkan untuk menyajikan Tugas Akhir ke dalam pameran. Contohnya seperti yang baru saja berlangsung di kampus UPH Karawaci, pada 7-15 Mei 2019. Pameran bertema ‘Look Over’ merupakan pameran karya mahasiswa DKV UPH dari tiga peminatan berbeda (Animasi, Sinematografi, dan Design Grafis).

    Dari karya yang dipamerkan, mahasiswa harus memberikan penjelasan melalui sesi bedah karya dihadapan audience yang terbuka untuk dosen dan mahasiswa serta publik.

    Berikut ini beberapa testimoni mahasiswa tentang yang karyanya yang dipamerkan dalam pameran ini.

    Stephanie Alvionita, DKV konsentrasi Desain Grafis, 2015.

    Stephanie Alvionita, DKV konsentrasi Desain Grafis, 2015.

    “Dalam TA ini saya membuat Instalasi Booth dalam bentuk 3D. Desain Grafis pada umumnya itu mengenai branding, printing 2D seperti poster, leaflet, booklet, itukan hal yang sudah biasa. Jadi tantangan buat aku adalah menciptakan hal baru diluar itu. Maka dari itu, aku mengambil medium lain yaitu instalasi. Namun, karena instalasi itu 3D, jadi aku harus memikirkan ranah tata letak, tata ruang, pencahayaan, bahan material, dan lain sebagainya. Jadi mungkin secara keseluruhan kesulitan itu bukan menjadi masalah kalau kita tahu cara handle-nya. Tentunya untuk mengatasi kendala, selain dengan menggali berbagai sumber saya juga menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kelas dari semester awal sampai akhir.”

    Jessica Catherine Margono, mahasiswi DKV konsentrasi Sinematografi 2015.

    Jessica Catherine Margono, mahasiswi DKV konsentrasi Sinematografi 2015.

    “Pelajaran dari semester awal itu kita aplikasikan kembali dalam proses pembuatan film. Seperti scriptwriting, editing, shooting, jadi hampir semuanya. Mulai dari pre-production, production, dan post-production kita terapkan semua ilmu yang ada di kuliah. Hal itu ngebantu dan memudahkan banget sih untuk kita dalam mengerjakannya.” kata Jessica.

    Putu Widyayana Putra, mahasiswa DKV konsentrasi Animasi 2015

    Putu Widyayana Putra, mahasiswa DKV konsentrasi Animasi 2015

    “Harapan kita spesifiknya dalam konsentrasi animasi, sebagai mahasiswa itu harus aktif dalam mencari informasi, inspirasi, teknik yang baru di luar kampus karena industri itu engga cuma di kampus kita bahkan terkadang tidak reflect ke industrinya itu sendiri. Saya juga berharap semoga karya mahasiswa bisa masuk ke festival untuk di lombakan.” pungkas Putu.

    Dengan program tugas akhir seperti pameran ini harapannya DKV UPH mampu mendorong mahasiswa dapat semakin berpikiran kritis, disipilin, dan semakin mengembangkan dirinya dalam proses pembuatan karya. (pl)



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.



    Oleh: Gadis Desa

    Rabu, 30 September 2020 05:55 WIB

    Apakah Pemerintah Serius Tangani Wabah Covid-19?

    Dibaca : 1.057 kali