Etimes Culture Festival 2019, Lomba Seni Tari dan Menyanyi untuk Siswa SMA/SMK se-derajat Jakarta – Tangerang - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Universitas

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 6 Agustus 2019 17:09 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Etimes Culture Festival 2019, Lomba Seni Tari dan Menyanyi untuk Siswa SMA/SMK se-derajat Jakarta – Tangerang

    Dibaca : 998 kali

    Masih belum hilang dari ingatan kita, bahwasanya seni budaya Bangsa Indonesia pernah diklaim oleh negara tetangga, sebut saja tarian Bali, Reog Ponorogo, kerajinan batik, lagu Rasa Sayang-e dan angklung. Tentu saja hal ini membuat rakyat Indonesia resah, geram dan marah. Namun demikian terdapat hikmah dibalik kejadian tersebut, yaitu Bangsa Indonesia mau mengintrospeksi diri untuk memberikan perhatian lebih pada seni budaya bangsa. Hal tersebut juga menyadarkan kita bahwa seni budaya Bangsa Indonesia adalah kekayaan yang tak ternilai harganya dan harus kita lestarikan.

     

    Dalam upaya untuk melestarikan seni budaya bangsa, beberapa langkah telah diambil oleh pemerintah Indonesia. Upaya tersebut misalnya mematenkan seni budaya asli Indonesia melalui pengakuan world heritage dari Unesco. Pemerintah juga mendorong agar penggunaan busana khas daerah terus ditingkatkan baik melalui program kebijakan maupun penetapan peraturan.

     

    Upaya Pemerintah yang tertuang dalam peraturan, yaitu mewajibkan penggunaan busana khas daerah bagi PNS. Pemerintah Daerah juga merespon upaya dari pemerintah pusat dengan menambah hari kerja untuk wajib menggunakan busana khas daerah. Kebijakan ini dapat meningkatkan taraf hidup para pengrajin busana khas daerah sehingga usaha dibidang ini menjadi tumbuh subur.

     

    Untuk melestarikan seni budaya Bangsa Indonesia, tidaklah cukup hanya dengan pengakuan dari Unesco ataupun adanya kebijakan Pemerintah. Hal terpenting adalah kesadaran masyarakat Indonesia itu sendiri untuk memberikan apresiasi terhadap seni budaya bangsa. Ruang gerak bagi para pelaku seni budaya pun harus diperluas untuk menjamin mereka terus berkarya.

     

    Seni budaya Bangsa Indonesia juga harus dikenalkan sedini mungkin kepada anak-anak muda sebagai pewaris bangsa, sehingga akan tumbuh karakter cinta terhadap seni budaya bangsanya sendiri. Karakter mencintai seni dan budayanya sendiri adalah faktor yang penting untuk menciptakan bangsa yang berbudi luhur dan memiliki budi pekerti dalam tindakan dan pikiran sebagai refleksi dari kepribadiannya. Dengan demikian ciri khas bangsa Indonesia akan terpelihara dan terjaga kelestariannya.

     

    Atas dasar tersebut E-times Pers mahasiswa kelas karyawan bergerak untuk ikut andil melestarikan kebudayaan nusantara dengan menghadirkan Etimes Culture Festival 2019 dalam tema “Bingkai Kebhinekaan Nusantara”. Suguhan menarik bagi anak anak muda yang ingin mengenal budanya nusantara, pasalnya Event ini akan menggiring anak muda Indonesia untuk mendengar dan melihat secara langsung pertunjukkan berbagai seni budaya bangsa. Aktivitas mendengar dan melihat akan membuat anak muda memiliki pengalaman yang menarik untuk menceritakannya kembali dan meniru apa yang mereka saksikan.

     

    Etimes Culture Festival 2019 juga menghadirkan perlombaan seni tari daerah dan menyanyi lagu daerah nusantara tingkat SMA/SMK sederajat Jakarta - Tangerang. Disisi lain kita juga menghadirkan festival kuliner nusantara dan lomba Fotografi tingkat mahasiswa se Jakarta. Tentu saja ini menjadi salah satu awal pergerakan pemuda untuk aktif terlibat dalam pelestarian budaya. Event ini akan diselenggarakan pada 12 Oktober 2019 di Lapangan basket Universitas Esa Unggul Kebon jeruk Jakarta barat.

     

    Jadi buat Adek-adek SMA/SMK sederajat jadikan ini sebagai momentum kalian ikut terlibat melestarikan budaya nusantara. Riko

    Note : Untuk pendaftaran lomba bisa isi Fomulir di http://bit.ly/ECFlomba .


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.