x

Iklan

Hardlen

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Agustus 2019

Rabu, 7 Agustus 2019 19:51 WIB

Berbagai Manfaat yang Diperoleh dari Jus Seledri

Apakah jus seledri memang benar memiliki manfaat bagi tubuh manusia? Lantas, apa saja?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seledri mengandung vitamin K yang tinggi serta vitamin A, vitamin B-2 dan B-6, serta vitamin C dengan jumlah yang baik. Selain dari kandungan tersebut, jenis sayuran ini juga memiliki sumber nutrisi yang lain seperti folat, potasium, mangan, asam pantotenat, dan serat pangan.Seledri mengandung vitamin K yang tinggi serta vitamin A, vitamin B-2 dan B-6, serta vitamin C dengan jumlah yang baik. Selain dari kandungan tersebut, jenis sayuran ini juga memiliki sumber nutrisi yang lain seperti folat, potasium, mangan, asam pantotenat, dan serat pangan.


Dilansir dari penjelasan Medical News Today, daun seledri mengandung dua antioksidan yang sangat bermanfaat. Para peneliti menyebut senyawa tersebut dengan apigenin dan luteolin.


Dengan mengantongi sejumlah nutrisi dalam jumlah yang baik, dikutip dari Food Matters, berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat berguna bagi tubuh manusia dari jus daun seledri:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


1. Mengurangi Inflamasi


Studi menunjukkan bahwa kandungan apigenin yang terdapat di dalam seledri dapat membantu memodifikasi atau mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh inflamasi. Dengan mengonsumsi jus seledri, senyawa tersebut akan membantu mencegah inflamasi seperti pada penyakit diabetes, vertigo, migrain, reumatik, lupus, dan masih banyak yang lainnya.


2. Memperbaiki kesehatan usus


Jus seledri memiliki manfaat lain yang dapat memperkuat asam klorida (HCL) yang berada pada usus. Usus sendiri merupakan elemen penting bagi tubuh manusia dalam proses pencernaan makanan dan membantu menjaga alkali sistem pencernaan. Pada saat tingkat klorida berada di posisi yang tidak seimbang, maka makanan tidak akan tercerna dengan sempurna.


Dengan teratur meminum jus seledri setiap harinya, dapat berkhasiat dalam membangun ulang keseimbangan kompleks dari asam klorida yang terdapat dalam perut, memperkuat sistem pencernaan, serta juga dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus.


3. Mengurangi tekanan darah tinggi


Nutrisi yang terkandung di dalam jus seledri dapat mendukung kondisi kesehatan jantung yang lebih baik dalam cara yang beragam. Jus seledri juga dapat merendahkan kolesterol LDL, mengurangi efek dari hormon stres seperti kortisol, dan membantu menenangkan otot yang terdapat di pembuluh darah yang mana dapat menurunkan tekanan darah tinggi.


4. Meningkatkan fungsi otak


Garam mineral yang dikandung daun seledri bisa mendukung sistem saraf pusat tubuh, membantu mengurangi disfungsi kognitif kabut otak, raas cemas berlebihan, depresi, gangguan daya ingat, penyakit bipolar, penyakit Alzheimer, OCD, dan gangguan yang terdapat di dalam fungsi otak yang lain.


Seledri mengandung elektrolit yang dikabarkan mampu menghidrasi tubuh pada tingkat seluler yang mendalam, yang mana mampu untuk mengurangi kemungkinan menerita migrain, kecemasan, serangan panik, dan juga membantu mengelola stres.


5. Menjaga kesehatan hati


Jus seleri dikenal dapat membantu detoksifikasi hati dan memperbaiki sel-sel hati yang membuat hati dapat meningkatkan produksi empedu dan dapat berfungsi lebih baik lagi, yang juga dapat mendukung kesehatan pencernaan yang lebih baik.


Hati yang lamban dan berlemak dapat memperburuk gejala asam klorida rendah dalam sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi jus seledri, dapat memperbaiki hati dan sistem pencernaan.


6. Memperbaiki mood


Karena emosi pada tubuh terhubung dengan fungsi usus, maka dengan memperbaiki kesehatan usus, Anda juga dapat melihat perbaikan pada mood dan emosi anda, terutama dalam memperbaiki perasaan akan takut, panik, terkejut atau gugup.


Berikut ulasan tentang enam manfaat yang dapat diperoleh oleh tubuh manusia dengan mengonsumsi jus seledri, atau daun seledri secara keseluruhan. Jus seledri yang terkenal kaya akan manfaat sebaiknya dikonsumsi segera bagi mereka yang membutuhkan pengobatan dari berbagai macam penyakit yang telah diulas di atas. Serta lebih baik pula untuk mencegah penyakit dengan mengonsumsi jus seledri.


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180912173451-255-329712/5-manfaat-jus-seledri-untuk-tangkal-berbagai-penyakit, https://www.foodmatters.com/article/10-health-benefits-celery-juice

Ikuti tulisan menarik Hardlen lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler