HUT Pramuka ke 58, Ratusan Anggota Pramuka Adu Keterampilan Tali-temali - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ratusan anggota pramuka Kwartir Ranting Teras mengikuti Lomba membuat pionering, Selasa (13/8/2019) di Lapangan Desa Sudimoro.

Eksani Boyolali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Mei 2019

Sabtu, 17 Agustus 2019 11:42 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • HUT Pramuka ke 58, Ratusan Anggota Pramuka Adu Keterampilan Tali-temali

    Dibaca : 667 kali

    Meriahkan HUT Pramuka ke 58, ratusan anggota Pramuka beradu skil tali temali

     

    BOYOLALI (JAWA TENGAH) --- Sebanyak 555 anggota pramuka penggalang SD, SMP/ MTs se- Kecamatan Teras mengikuti Jambore Ranting (Jamran) yang digelar di Lapangan Desa Sudimoro, Senin-Rabu (12-14/8). Kegiatan Jamran yag baru pertama kali diadakan sejak sepuluh tahun terakhir di Kecamatan Teras ini mengambil tema mendidik, aktif, kreatif dan gembira. Di Kwartir Cabang 1109 Boyolali ada empat kecamatan yang menggelar Jambre Ranting diantaranya Kecamatan Teras, Kecamatan Sambi, Kecamatan Musuk dan Kecamatan Juwangi. Dari empat kecamatan tersebut hanya Kecamatan Teras yang melaksanakan kegiatan Jamran selama tiga hari, Hal ini menindaklanjuti hasil rapat Kwarran Teras untuk menggelar Jamran dalam rangka menyambut HUT Pramuka yang ke 58.

     

    Menurut Ketua Kwarran Teras, Sutarmin, M.Pd, Jamran adalah kegiatan bertemunya anggota pramuka penggalang SD, SMP/ MTs se-Kecamatan Teras. Ada 26 SD dan 4 SMP/ MTs yang megikuti Jamran ini, totalnya ada 30 sekolah dan setiap sekolah mengirimkan satu regu putra dan satu regu putri. Total ada 60 regu pa dan pi.

     

    Sejak 10 tahun terakhir, Jamran seperti ini baru kali pertama digelar. Tujuannya untuk membentuk karakter anak anak sekolah agar lebih baik. Kegiatan ini digelar selama tiga hari dan diisi berbagai kegiatan yang mendidik, aktif, kreatif dan yang menggembirakan, ada penilaian pertendaan, wide game, dan membuat pionering. "Juga ada pentas seni yang dibawakan peserta Jamran," ujar Sutarmin.

    Upacara pembukaan Jamran dihadiri Kamabiran atau Camat Teras, Mustakim, beserta para pengurus Kwarran, andalan, dan anggota Kwarran Teras. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kapolsek Teras, AKP.

     

    Bambang Kadarisman. Dalam amanatnya ia mengajak para generasi muda terutama anggota pramuka untuk selalu menjaga keutuhan NKRI serta mengamalkan Dasa Dharma yang menjadi moral atau janji para anggota pramuka. Selain itu tentunya bisa menamalkan nilai-niai Pancasila dengan sebaik baiknya.

    Sementara itu menjelang HUT Pramuka ke 58, Selasa (13/8/2019) malam, dilaksanakan ulang janji di masing-masing Kwartir Ranting atau masing masing Kecamatan. Ulang janji tingkat Kwartir Cabang 1109 Boyolali dilaksanakan di SMAN 1 Boyolali. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali Wiwis Trisiwi Handayani.

    Dalam amanatnya Wiwis mengajak para generasi muda untuk menjadi pandu-pandu sejati yang selalu menjaga nilai nilai positif pramuka. Dan tentunya Pramuka bisa menjadi tempat untuk membentuk karakter anak bangsa menjadi lebih baik. Harapannya pada HUT Pramuka ke 58 ini anggota Pramuka bisa menjadi salah satu garda terdepan dalam membangun bangsa. Selamat HUT Pramuka ke 58. Salam Pramuka. (Eksani)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.