x

Iklan

Silivester Kiik

Penulis Indonesiana.id, Guru, Penulis, Founder Sahabat Pena Likurai, Komunitas Pensil, dan Pengurus FTBM Kabupaten Belu. Tinggal di Kota Perbatasan RI-Timor Leste (Atambua).
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 18 Agustus 2019 18:04 WIB

Membaca Kemerdekaan Dalam Bingkai Literasi Bersama Komunitas Pensil

“Dengan membaca, dunia ada dalam genggamanmu”. Bersama “Komunitas Pensil” mari membangun literasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perayaan HUT RI ke-74 dengan mengusung sebuah tema berdasarkan visi pemerintah yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini menjadi prioritas utama dalam mengembalikan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang berpedoman pada karakter dan budaya bangsa.


Kualitas sumber daya manusia yang dimaksud tidak hanya merujuk pada manusia yang unggul dalam berbagai aspek intelektual, namun juga memiliki kepribadian yang baik. Hal ini dapat menguatkan moralitas bangsa yang boleh dikatakan mengalami kemunduran, terutama dalam menyongsong era digital seperti saat ini.


Merefleksikan apa yang sedang terjadi akhir-akhir ini terkait dengan situasi sosial dan kultur masyarakat semakin mengkhawatirkan. Hancurnya nilai-nilai budi pekerti, merebaknya ketidakadilan, menjamurnya korupsi, dan semakin terkikisnya rasa solidaritas dalam kehidupan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu melalui pendidikan karakter yang tidak hanya dilakukan di sekolah namun melalui kegiatan literasi. Di mana anak-anak dapat mengembangkan proses pembelajaran dengan aktif mencari literatur, tidak hanya melalui media internet tetapi melalui buku-buku bacaan.


Melihat kondisi ini, maka “Komunitas Pensil” yang digagas oleh penggiat Relawan Literasi Belu hadir untuk memberikan solusi bagi anak-anak bangsa terkhususnya di wilayah perbatasan Kabupaten Belu-NTT.


Komunitas Pensil” merupakan sebuah wadah literasi yang peduli terhadap kreativitas anak-anak seperti membaca, menulis, menggambar, dan kegiatan lainnya. Komunitas ini memiliki kelompok belajar dan taman baca yang tersebar di beberapa kecamatan.


Salah satu agenda dalam menyongsong Perayaan HUT RI ke-74 adalah membuka lapak baca di Taman Kota Atambua. Lapak baca dibuka untuk umum dan terkhusus bagi anak-anak dari pukul 07.00 wita hingga selesai.


“Apresiasi dari banyaknya pengunjung merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami. Ini bukan tentang pencitraan, namun kebahagiaan tersebut muncul saat melihat minat dan antusias anak-anak yang semakin meningkat.”


“Kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua, bagaimana membaca yang dulu banyak diminati, kini kita terlahir kembali untuk masa depan anak-anak.”


Titik fokus pengunjung terpenting dari kegiatan lapak baca ini adalah anak-anak usia TK dan SD, yang merupakan pelopor harapan bangsa ke depan. Anak-anak tidak hanya membaca. Mereka juga menggambar dan menulis menggunakan sarana yang telah disediakan.


Semoga visi Perayaan HUT RI ke-74 menjadi pelita bagi komunitas ini untuk merdeka dalam mengembangkan nilai-nilai moralitas dan karakter, bagi anak-anak sehingga kemerdekaan tersebut dapat diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat. “Dengan membaca, dunia ada dalam genggamanmu”. Bersama “Komunitas Pensil” mari membangun literasi.

Salam literasi !!!

Galeri "Komunitas Pensil" dalam Bingkai Kemerdekaan RI ke-74

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komunitas Pensil

Ikuti tulisan menarik Silivester Kiik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

26 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB